Ads Top

Apa sih Keuntungan Menjadi Seorang Blogger?

Apa sih Keuntungan Menjadi Seorang Blogger?
Menjadi apapun kita, tentu harus mengetahui manfaat dari apa yang kita lakukan. Termasuk mengetahui manfaat atau keuntungan menjadi seorang blogger.

Sebagai seorang blogger pemula seperti saya, menemukan manfaat yang akan saya peroleh dengan menjadi seorang blogger adalah suatu keharusan. Mengapa demikian?

 “Agar apa yang saya lakukan tidak sia-sia dan bisa membawakan hasil, sekecil apapun itu, meskipun hanya sekadar menyalurkan hobi”

Menanyakan apakah manfaat yang akan kita peroleh dari apa yang akan kita lakukan dalam buku Quantum Business (terjemah) disebut sebagai AMBAK (Apa Manfaat Bagi Ku?)

Menurut Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Business, menemukan AMBAK Anda akan sangat membantu Anda untuk memperoleh hal-hal berikut:

 “Menjadi termotivasi, meningkatkan peluang Anda untuk tetap menajalankan proyek dan sukses. Ketika Anda termotivasi, proyek secara pribadi menjadi menguntungkan, menarik, dan menyenangkan”

Jadi jelas dari pernyataan diatas, bahwa dengan mengetahui AMBAK setidaknya kita akan dapat memperoleh hal-hal berikut, yaitu:

  1. Fokus dengan apa yang kita lakukan,
  2. Keuntungan materi maupun non materi dari apa yang kita lakukan, 
  3. Kepuasan pribadi dari perasaan termotivasi dan menyenangkan
  4. Meraih kesuksesan dari apa yang kita lakukan

Pertanyaan berikutnya adalah “Sudahkan para blogger pemula mengetahui manfaat yang akan diperoleh nya dengan menjadi seorang blogger?”

Artikel yang saya tulis ini hanyalah untuk melengkapi artikel-artikel yang sudah ada sebelumnya, dan semoga dapat memberikan referensi baru untuk Anda.

Secara pribadi saya juga belum merasakan manfaat menjadi seorang blogger secara penuh. Dalam hal ini saya hanya mencoba memetakan pikiran saya kira-kira keuntungan apa yang bisa saya peroleh dengan menjadi seorang blogger.

Pada artikel ini saya tidak akan membahasnya secara menyeluruh, karena menjadi seorang blogger memiliki banyak sekali manfaat dan mungkin tidak akan pernah ada habisnya bila di jelaskan.

Pada artikel ini saya hanya ingin menjelaskan beberapa hal yang menurut saya penting untuk diketahui oleh pada calon blogger maupun blogger pemula sebelum memulai blogging.

Berikut ini hasil pemetaan pikiran saya, maaf kalau mungkin agak sedikit berbeda cara berpikirnya dengan blogger lain dalam memberikan tips blogging:

1. Keuntungan dari hasil menulis konten


Dengan menulis artikel di blog setidaknya kita akan mmperoleh empat keuntungan. Pertama ilmu baru dan kedua amal ilmu. Dari dua keuntungan tersebut kemudian kita akan memperoleh keuntungan yang ketiga dan ke empat, yaitu kepercayaan dan keahlian.

Tentu, hal diatas tidak semudah yang kita bayangkan “hanya tinggal menulis”. Namun, memerlukan profesionalisme diri dan profesionalisme dalam mengelola blog yang kita bangun.

Silahkan Anda simak, bagaimana kegiatan blogging dapat menjadikan seseorang ahli di bidang tertentu.

Manfaat Pertama: Ilmu Baru


Jelas! Anda membutuhkan pengetahuan-pengetahuan baru untuk Anda ramu kembali mejadi tulisan yang lebih lengkap dan berkualitas. Disini Anda dituntut untuk belajar kembali.

Lalu, dari manakah Anda bisa memperoleh ilmu baru itu?

Anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber ilmu baik yang gratis maupun berbayar, seperti baca buku, dari internet, mengikuti seminar, pelatihan, worshop, lokakarya, berguru pada para master dan lain sebagainya.

Nah! yang tidak kalah penting dari kegiatan blogging agar dapat mengantarkan Anda pada keahlian tertentu adalah praktik. Anda juga tidak boleh melupakan passion dan minat Anda.

Dalam menulis konten carilah topik yang sesuai dengan minat dan passion Anda.

Misal, Anda adalah blogger yang berprofesi sebagai seorang guru, maka untuk membuat artikel-artikel tentang teknik mengajar yang baik dan benar akan lebih baik bila Anda praktik terlebih dahulu.

- Mengapa?

Dengan praktik terlebih dahulu, Anda akan sepenuhnya menguasai keseluruhan materi dari artikel yang hendak Anda tulis, sehingga Anda akan menghasilkan artikel yang berkualitas.

Keuntungan dari Anda praktik terlebih dahulu adalah Anda mengetahui tidak hanya kelebihannya saja, namun juga kekurangan dari materi yang hendak Anda tulis.

Kok jadi ribet ya harus praktik dulu?

Tenang, ini adalah pilihan. Nyatanya Anda tetap bisa menulis ide terlebih dahulu sambil Anda mewujudkan ide tersebut.

Misal, dalam menulis artikel ini, kalau saya menunda menulis artikel ini, artinya saya menunda Anda untuk belajar dan memahami peran blogger dalam menyediakan informasi bagi masyarakat.

Mengapa saya menulis seperti ini? Gak praktis dan sedikit berbeda dengan tulisan-tulisan blogger lain dalam memberikan tips blogging?

Blogger di era digital saat ini telah menjadi penyedia informasi paling banyak bagi masyarakat. Bila konten yang dihasilkan oleh para blogger ini semakin berkualitas, maka harapannya juga akan membentuk masyarakat yang semakin berkualitas.

Hanya seperti itu saja ya ternyata?

Nah, kenyataannya kita tidak tahu apakah saat ini penyedia infomasi di internet adalah mereka yang ahli di bidangnya. Maka, harapannya selain untuk meningkatkan kualitas user/pembaca, para blogger juga harus terus bergerak untuk meningkatkan kualitas dirinya.

Jadi kualitas para blogger juga tidak statis, biar terus berkembang seiring berjalannya waktu sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tidak statis pula serta dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

Lalu, keuntungan lainnya apa?

Begini, bila para blogger bisa menjadi ahli di bidangnya masing-masing, tentu akan banyak ahli di berbagai bidang di negeri ini.

Nah! Sumbangsih pemikiran para blogger tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai batu loncatan untuk kemajuan bangsa.

Jadi makin keren kan peran blogger kalau begitu?

Ah, hanya mimpi kali saya! Tidak, bila sungguh-sungguh saya yakin bisa terwujud.

Manfaat Kedua: Amal Ilmu


Bila Anda menebar kebaikan, maka kebaikan itu akan kembali kepada Anda. Bila Anda menebar ilmu yang bermanfaat, maka ilmu yang bermanfaat itu akan kembali lagi kemanfaatannya pada Anda.

Nah, tentu untuk bisa memberikan ilmu yang bermanfaat para blogger memerlukan ilmu yang bermanfaat dulu.

Tulisan-tulisan yang di buat oleh para blogger, entah itu berkaitan dengan hobi dan lain sebagainya bila sarat akan manfaat tentu akan menjadi amal ilmu yang luar biasa dan tak akan pernah ada habisnya.

Keren kan? Dari sini Anda udah dapat untung pahala yang akan terus mengalir.

Manfaat Ketiga: Kepercayaan


Kepercayaan akan timbul apabila tulisan yang kita buat sarat akan manfaat dan memiliki daya inovasi dan kreativitas yang tinggi. Bukan hanya sekadar menyampaikan informasi namun juga memberikan gagasan-gagasan baru untuk mengembangkan bidang tertentu.

Sebelum Anda mendapat manfaat dari manfaat pertama dan kedua, rasanya akan sulit mendapat manfaat yang satu ini.

Sekarang, coba Anda jawab pertanyaan berikut:

Apakah blogger yang Anda anggap terbaik saat ini adalah blogger yang tidak pernah mau belajar?

Apakah blogger yang menurut Anda baik saat ini adalah blogger yang pelit membagikan ilmu-ilmunya?

Saya rasa Anda akan menemukan blogger-blogger terbaik justru adalah mereka yang terus mau belajar dan memberi yang terbaik. Termasuk Anda...

Hehehe... Jadi serius...

Dunia blogging menurut saya pribadi sebenarnya tidak berbeda dengan dunia bisnis. Anda tidak perlu bergelar profesor terlebih dahulu untuk menjadi ahli di bidang tertentu. Belajarnya sambil berproses. Karena nyatanya ilmu itu tidak hanya diperoleh dari pendidikan formal karena terdapat dimana-dimana.

Kuncinya satu, Anda harus mau menjadi seorang pembelajar seumur hidup dan mau mengembangkan apa yang Anda pelajari dengan inovasi dan kreativitas yang Anda miliki.

Lalu apa lagi?

Akan lebih baik bila Anda barengi dengan menjadi seorang praktisi.

Apakah semudah itu?

Nyatanya memang tidak! Anda harus teruji terlebih dahulu oleh user/pembaca, bahwa Anda memang benar-benar ahli di bidang tertentu sebelum para user ini memberikan kepercayaan pada Anda.

Manfaat Keempat: Mendapat Predikat Keahlian


Nah! Setelah Anda mendapat kepercayaan, secara langsung maupun tidak langsung Anda akan mendapatkan predikat keahlian tertentu dari pembaca blog Anda.

Kok bisa?

Dari sekian banyak website yang ada, website mana saja yang paling banyak Anda kunjungi untuk Anda jadikan rujukan?

Artinya Anda telah menganggap si yang empunya website memiliki keahlian yang Anda butuhkan dari artikel-artikel yang dibuatnya. Meskipun ada kemungkinan si yang empunya website bukan ahlinya.

Disinilah mengapa diawal saya menuliskan yang kalimat sederhanya "Semua yang bisa di praktikkan dulu, praktik dulu! atau minimal ajarkan sambil praktikkan biar Anda nanti bisa jadi ahli dibidang yang Anda minati"

Apa untung nya?

Pintu rezeki Anda akan makin terbuka, relasi Anda akan semakian banyak, dan ilmu Anda akan semakin dibutuhkan oleh banyak orang.

Yang tidak kalah penting, kualitas pribadi Anda akan semakin meningkat.

Pernah saya mengikuti sebuah seminar di salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Seorang narasumber mengatakan bahwa diluar negeri seseorang yang tidak memiliki gelar profesor maupun doktor tapi memiliki keahlian di bidang tertentu dan telah teruji profesionalitasnya bahkan berhak menentukan lulus tidaknya seorang mahasiswa doktoral untuk mendapat gelar doktor.

Bila Anda memperhatikan penjelasan saya diatas, blogging dalam hal ini menjadi sebuah wadah aktualisasi dan promosi diri sehingga Anda dipercaya oleh orang lain dan memperoleh predikat keahlian dibidang tertentu secara alami.

Memang, beberapa keahlian tertentu tidak dapat dipelajari sendiri dan perlu menempuh pendidikan formal, namun selalu ada peluang untuk menjadi ahli dibidang yang paling Anda minati.

Yang jelas bukan hanya predikat yang kita perlukan, namun yang lebih penting adalah keahlian yang sesungguhnya ada dalam diri kita.

Berikut ini saya berikan gambarannya:
Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger

Baca juga: Tips Ampuh Memulai Blogging Agar Bisa Menjadi Seorang Blogger Sukses

2. Keuntungan dari Menjual Produk di Blog


Nah! Ini pasti yang di tunggu-tunggu. Tentu Anda sudah mengetahui jawabannya. Dengan menjual produk di website yang Anda miliki, Anda akan memperoleh keuntungan berupa materi (uang) dari produk Anda.

Produk yang bisa di jual di blog, dapat kita bagi mejadi 2 kategori, yaitu produk barang dan produk jasa. Bila Anda ingin menjual produk barang, anda bisa menjual buku, kaos, aneka kerajinan tangan, bisnis waralaba dan lain sebagainya dengan sistem online.

Sementara, untuk produk jasa Anda bisa menawarkan pembuatan artikel blog, pembuatan template blog, jasa pemasangan iklan di blog anda dan lain sebagainya bergantung pada keahlian dan kreativitas yang Anda miliki.

Dalam menjual produk, bila Anda tidak memiliki produk sendiri, Anda bisa menjualkan produk orang lain dengan sistem bagi hasil atau sesuai kesepakatan antara Anda dengan pemiliki produk.

Saya tidak akan menjelaskan secara detail untuk bagian ini, karena saya rasa juga sudah banyak yang membuat artikel tentang bagaimana mendapat uang dari blogging. Mungkin akan saya bahas di lain kesempatan.

Terakhir, perlu menjadi catatan bahwa antara manfaat pertama dan kedua sebenarnya saling berhubungan. Namun, karena dalam artikel ini saya hanya ingin membahas manfaat menjadi seorang blogger maka saya cukup kan penjelasan saya sampai disini.

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger itu banyak sekali

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger

Simpulan:


Dengan menjadi seorang blogger kita akan memperoleh banyak manfaat, apalagi bila kita mau mengelolanya secara sungguh-sungguh dan profesional.

Dengan kerja keras dan profesionalisme seorang blogger akan dapat mencapai keahlian tertentu.

Secara umum kita dapat memperoleh manfaat dari menjadi seorang blogger berupa manfaat dari hasil menulis dan manfaat dari hasil menjual produk. Selanjutnya Anda tinggal pilih salah satu dari kedua manfaat tersebut atau anda ingin mendapatkan kedua-dua nya secara bersamaan. Semoga bermanfaat…

72 comments:

  1. Kalo di tanya apa keuntungannya jd blogger,,? Pastinya banyak banget mas,,,klo dijelasin bisa 2 episode,,,hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... Iya bener sekali mas,...

      Delete
    2. Btw,,,blom ada posting baru nich?

      Delete
    3. Iya belum, masih proses buat postingan gan...

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih mas udah berkenan kunjungan balik ke blog ini. Salam kenal...

      Delete
  3. keuntungan jadi blogger itu punya wawasan luas gan. dan tahunya bisa paling awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sekali gan, keren dah pokoknya jadi blogger itu. Udah wawasannya luas dapet ilmu baru terus juga dapet amal ilmunya,... Keren Top!!! Saya sudah baca-baca di blog agan banyak bahas tentang dunia sastra, bisa buat belajar ni untuk saya gan.

      Delete
  4. Menjadi blogger juga bisa memperoleh pengetahuan yang banyak. Soalnya kita juga harus mencari bahan informasi untuk dijadikan sebuah artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, semakin banyak bahan informasi yang kita baca, semakin banyak pengetahuan kita dan semakin berkualitas informasi yang bisa kita berikan pada masyarakat,...

      Delete
  5. cuma ngisi waktu luang

    jangan lupa
    kunjungan balik dan komennya ke Blog Saya

    ReplyDelete
  6. jadi blogger kadang kadang nyerah di tengah jalan....
    kalo mau sukses harus terus maju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali gan, apalagi yang awal-wal seperti saya ini sering kudu nyerah aja... Kudu maju terus, pantang mundur...

      Delete
  7. menurut saya, ngeblog itu awalnya cuma iseng-iseng aja tapi lama2 jadi keterusan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... kalau saya awalnya penasaran cara buat website sendiri. Dari situ akhirnya dengan sendirinya terus mengalir dan ujung-unjugnya jadi seperti yang agan sebutkan "keterusan". Semangat gan! hehe...

      Delete
  8. Pertama saya menulis blogger itu tentang cheat point blank gan, saya tertuju pada earning sih tadinya, setelah itu saya sempat baca-baca ternyata ngeblog itu harus setulus hati, kalo kita menulis konten sesuai kemampuan kita dan setulus hati, pasti earning juga pada nyamperin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... iya, bener gan jadi blogger emang harus setulus hati... saya juga sepakat dengan pendapat agan...

      Delete
  9. Replies
    1. Iya, dan ini cuman beberapa saja. Masih banyak yang lainnya...

      Delete
  10. keuntungan jadi blogger banyak banget gan...
    mantaplah infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih banyak dari yang saya tulis gan... hehehe...

      Delete
  11. betul sekali gan, untungya banyak sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... bener tak bisa di sebutin satu-satu

      Delete
  12. saya suka ngeblog karena ingin bermanfaat bagi orang lain, hehe

    ReplyDelete
  13. Saya juga merasakan apa yang ada di artikel ini..

    ReplyDelete
  14. Karena blogger lah ane menjadi sedikit mempunyai wawasan, artikel yang mendukung gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kalau sekarang sedikit pasti ntar semakin lama semakin banyak wawasan. Jadi berlipet-lipet untungnya.. Semngat berkarya...

      Delete
  15. blogger juga ane dapat menyalurkan hobby saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, memang salah satu nya bisa buat nyalurin hobi, semangat berkarya...

      Delete
  16. blogger emang mantap....
    Semoga kedepan blog makin rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap banget gan...
      Iya semoga makin rame dan makin manfaat...

      Delete
  17. Artikel yang sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  18. nice post nya.. salam kenal gan

    ReplyDelete
  19. Memang untuk menjadi blogger gampang-gampang susah
    tetapi setelah kita mendalaminya kita akan mengetahui manfaat apabila kita
    menjadi seorang blogger .:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sekali gan... Semangat berkarya gan!!!

      Delete
  20. Mantap nih gan, bisa memotivasi ane untuk rajin ngeblog..

    ReplyDelete
  21. Wah Jujur saja ane Newbie di dunia pembloggeran,tp Karena baca artikel dr mas heru satria ane jd tmbah smngat nge blog Hehe ,nice mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih newbie mas...
      Masih cari pengalaman blogging. Semangat berkarya terus mas...

      Delete
  22. Bagi saya: Bisa berbagi pengalaman dengan orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Berbagi ilmu dan pengalaman... Blogger adalah sumber kekuatan baru... hehe...

      Delete
  23. wah baru tau nih gan, dan memotivasi saya untuk semakin rajin ngeblog

    ReplyDelete
  24. saya sih menjadi blogger selain mengisi waktu luang , dan hobi baru hasilin $$ deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... keren daaah....
      Semangat berkarya dan semangat menghasilkan $$ :-)

      Delete
  25. Yang jelas keuntungannya lebih banyak dari pada kerugiannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. iya mas bener... semangat ngeblog...

      Delete
  26. Seneng banget saya membacanya.., meskipun saat ini masih menulis dengan terbata2..tp saya yakin bisa berproses. Keren, mas Heru..:)

    ReplyDelete
  27. Seru sekali pembawaan artikel diatas., gak bikin jenuh membacanya. Meski masih belajar ngeblog, setidaknya dapat pencerahan dari pembahasan soal keuntungan menjadi seorang blogger. Sukses selalu blognya gan Heru Satria.

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga masih belajar, semoga bermanfaat...

      Delete
  28. Kalo menurut saya sih, ngeblog itu hobi yg mencerdaskan. Secara otomatis blogger dituntut harus cerdas sebelum membagikannya lewat blog. Intinya, ngeblog itu keren bro. Thanks uda berbagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bro, benar sekali ngeblog itu mencerdaskan...

      Delete
  29. weehh... pak heru blogger bak'e.. suksees pak..muridmu selalu mendo'akan.. siip..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.