Apa sih Keuntungan Menjadi Seorang Blogger?

Menjadi apapun kita, tentu harus mengetahui manfaat dari apa yang kita lakukan. Termasuk mengetahui manfaat atau keuntungan menjadi seorang blogger.

Sebagai seorang blogger pemula seperti saya, menemukan manfaat yang akan saya peroleh dengan menjadi seorang blogger adalah suatu keharusan. Mengapa demikian?

 “Agar apa yang saya lakukan tidak sia-sia dan bisa membawakan hasil, sekecil apapun itu, meskipun hanya sekadar menyalurkan hobi”

Menanyakan apakah manfaat yang akan kita peroleh dari apa yang akan kita lakukan dalam buku Quantum Business (terjemah) disebut sebagai AMBAK (Apa Manfaat Bagi Ku?)

Menurut Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Business, menemukan AMBAK Anda akan sangat membantu Anda untuk memperoleh hal-hal berikut:

 “Menjadi termotivasi, meningkatkan peluang Anda untuk tetap menajalankan proyek dan sukses. Ketika Anda termotivasi, proyek secara pribadi menjadi menguntungkan, menarik, dan menyenangkan”

Jadi jelas dari pernyataan diatas, bahwa dengan mengetahui AMBAK setidaknya kita akan dapat memperoleh hal-hal berikut, yaitu:

  1. Fokus dengan apa yang kita lakukan,
  2. Keuntungan materi maupun non materi dari apa yang kita lakukan, 
  3. Kepuasan pribadi dari perasaan termotivasi dan menyenangkan
  4. Meraih kesuksesan dari apa yang kita lakukan

Pertanyaan berikutnya adalah “Sudahkan para blogger pemula mengetahui manfaat yang akan diperoleh nya dengan menjadi seorang blogger?”

Artikel yang saya tulis ini hanyalah untuk melengkapi artikel-artikel yang sudah ada sebelumnya, dan semoga dapat memberikan referensi baru untuk Anda.

Secara pribadi saya juga belum merasakan manfaat menjadi seorang blogger secara penuh. Dalam hal ini saya hanya mencoba memetakan pikiran saya kira-kira keuntungan apa yang bisa saya peroleh dengan menjadi seorang blogger.

Pada artikel ini saya tidak akan membahasnya secara menyeluruh, karena menjadi seorang blogger memiliki banyak sekali manfaat dan mungkin tidak akan pernah ada habisnya bila di jelaskan.

Apa sih Keuntungan Menjadi Seorang Blogger?

Pada artikel ini saya hanya ingin menjelaskan beberapa hal yang menurut saya penting untuk diketahui oleh pada calon blogger maupun blogger pemula sebelum memulai blogging.

Berikut ini hasil pemetaan pikiran saya, maaf kalau mungkin agak sedikit berbeda cara berpikirnya dengan blogger lain dalam memberikan tips blogging:

1. Keuntungan dari hasil menulis konten


Dengan menulis artikel di blog setidaknya kita akan mmperoleh empat keuntungan. Pertama ilmu baru dan kedua amal ilmu. Dari dua keuntungan tersebut kemudian kita akan memperoleh keuntungan yang ketiga dan ke empat, yaitu kepercayaan dan keahlian.

Tentu, hal diatas tidak semudah yang kita bayangkan “hanya tinggal menulis”. Namun, memerlukan profesionalisme diri dan profesionalisme dalam mengelola blog yang kita bangun.

Silahkan Anda simak, bagaimana kegiatan blogging dapat menjadikan seseorang ahli di bidang tertentu.

Manfaat Pertama: Ilmu Baru


Jelas! Anda membutuhkan pengetahuan-pengetahuan baru untuk Anda ramu kembali mejadi tulisan yang lebih lengkap dan berkualitas. Disini Anda dituntut untuk belajar kembali.

Lalu, dari manakah Anda bisa memperoleh ilmu baru itu?

Anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber ilmu baik yang gratis maupun berbayar, seperti baca buku, dari internet, mengikuti seminar, pelatihan, worshop, lokakarya, berguru pada para master dan lain sebagainya.

Nah! yang tidak kalah penting dari kegiatan blogging agar dapat mengantarkan Anda pada keahlian tertentu adalah praktik. Anda juga tidak boleh melupakan passion dan minat Anda.

Dalam menulis konten carilah topik yang sesuai dengan minat dan passion Anda.

Misal, Anda adalah blogger yang berprofesi sebagai seorang guru, maka untuk membuat artikel-artikel tentang teknik mengajar yang baik dan benar akan lebih baik bila Anda praktik terlebih dahulu.

- Mengapa?

Dengan praktik terlebih dahulu, Anda akan sepenuhnya menguasai keseluruhan materi dari artikel yang hendak Anda tulis, sehingga Anda akan menghasilkan artikel yang berkualitas.

Keuntungan dari Anda praktik terlebih dahulu adalah Anda mengetahui tidak hanya kelebihannya saja, namun juga kekurangan dari materi yang hendak Anda tulis.

Kok jadi ribet ya harus praktik dulu?

Tenang, ini adalah pilihan. Nyatanya Anda tetap bisa menulis ide terlebih dahulu sambil Anda mewujudkan ide tersebut.

Misal, dalam menulis artikel ini, kalau saya menunda menulis artikel ini, artinya saya menunda Anda untuk belajar dan memahami peran blogger dalam menyediakan informasi bagi masyarakat.

Mengapa saya menulis seperti ini? Gak praktis dan sedikit berbeda dengan tulisan-tulisan blogger lain dalam memberikan tips blogging?

Blogger di era digital saat ini telah menjadi penyedia informasi paling banyak bagi masyarakat. Bila konten yang dihasilkan oleh para blogger ini semakin berkualitas, maka harapannya juga akan membentuk masyarakat yang semakin berkualitas.

Hanya seperti itu saja ya ternyata?

Nah, kenyataannya kita tidak tahu apakah saat ini penyedia infomasi di internet adalah mereka yang ahli di bidangnya. Maka, harapannya selain untuk meningkatkan kualitas user/pembaca, para blogger juga harus terus bergerak untuk meningkatkan kualitas dirinya.

Jadi kualitas para blogger juga tidak statis, biar terus berkembang seiring berjalannya waktu sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tidak statis pula serta dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

Lalu, keuntungan lainnya apa?

Begini, bila para blogger bisa menjadi ahli di bidangnya masing-masing, tentu akan banyak ahli di berbagai bidang di negeri ini.

Nah! Sumbangsih pemikiran para blogger tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai batu loncatan untuk kemajuan bangsa.

Jadi makin keren kan peran blogger kalau begitu?

Ah, hanya mimpi kali saya! Tidak, bila sungguh-sungguh saya yakin bisa terwujud.

Manfaat Kedua: Amal Ilmu


Bila Anda menebar kebaikan, maka kebaikan itu akan kembali kepada Anda. Bila Anda menebar ilmu yang bermanfaat, maka ilmu yang bermanfaat itu akan kembali lagi kemanfaatannya pada Anda.

Nah, tentu untuk bisa memberikan ilmu yang bermanfaat para blogger memerlukan ilmu yang bermanfaat dulu.

Tulisan-tulisan yang di buat oleh para blogger, entah itu berkaitan dengan hobi dan lain sebagainya bila sarat akan manfaat tentu akan menjadi amal ilmu yang luar biasa dan tak akan pernah ada habisnya.

Keren kan? Dari sini Anda udah dapat untung pahala yang akan terus mengalir.

Manfaat Ketiga: Kepercayaan


Kepercayaan akan timbul apabila tulisan yang kita buat sarat akan manfaat dan memiliki daya inovasi dan kreativitas yang tinggi. Bukan hanya sekadar menyampaikan informasi namun juga memberikan gagasan-gagasan baru untuk mengembangkan bidang tertentu.

Sebelum Anda mendapat manfaat dari manfaat pertama dan kedua, rasanya akan sulit mendapat manfaat yang satu ini.

Sekarang, coba Anda jawab pertanyaan berikut:

Apakah blogger yang Anda anggap terbaik saat ini adalah blogger yang tidak pernah mau belajar?

Apakah blogger yang menurut Anda baik saat ini adalah blogger yang pelit membagikan ilmu-ilmunya?

Saya rasa Anda akan menemukan blogger-blogger terbaik justru adalah mereka yang terus mau belajar dan memberi yang terbaik. Termasuk Anda...

Hehehe... Jadi serius...

Dunia blogging menurut saya pribadi sebenarnya tidak berbeda dengan dunia bisnis. Anda tidak perlu bergelar profesor terlebih dahulu untuk menjadi ahli di bidang tertentu. Belajarnya sambil berproses. Karena nyatanya ilmu itu tidak hanya diperoleh dari pendidikan formal karena terdapat dimana-dimana.

Kuncinya satu, Anda harus mau menjadi seorang pembelajar seumur hidup dan mau mengembangkan apa yang Anda pelajari dengan inovasi dan kreativitas yang Anda miliki.

Lalu apa lagi?

Akan lebih baik bila Anda barengi dengan menjadi seorang praktisi.

Apakah semudah itu?

Nyatanya memang tidak! Anda harus teruji terlebih dahulu oleh user/pembaca, bahwa Anda memang benar-benar ahli di bidang tertentu sebelum para user ini memberikan kepercayaan pada Anda.

Manfaat Keempat: Mendapat Predikat Keahlian


Nah! Setelah Anda mendapat kepercayaan, secara langsung maupun tidak langsung Anda akan mendapatkan predikat keahlian tertentu dari pembaca blog Anda.

Kok bisa?

Dari sekian banyak website yang ada, website mana saja yang paling banyak Anda kunjungi untuk Anda jadikan rujukan?

Artinya Anda telah menganggap si yang empunya website memiliki keahlian yang Anda butuhkan dari artikel-artikel yang dibuatnya. Meskipun ada kemungkinan si yang empunya website bukan ahlinya.

Disinilah mengapa diawal saya menuliskan yang kalimat sederhanya "Semua yang bisa di praktikkan dulu, praktik dulu! atau minimal ajarkan sambil praktikkan biar Anda nanti bisa jadi ahli dibidang yang Anda minati"

Apa untung nya?

Pintu rezeki Anda akan makin terbuka, relasi Anda akan semakian banyak, dan ilmu Anda akan semakin dibutuhkan oleh banyak orang.

Yang tidak kalah penting, kualitas pribadi Anda akan semakin meningkat.

Pernah saya mengikuti sebuah seminar di salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Seorang narasumber mengatakan bahwa diluar negeri seseorang yang tidak memiliki gelar profesor maupun doktor tapi memiliki keahlian di bidang tertentu dan telah teruji profesionalitasnya bahkan berhak menentukan lulus tidaknya seorang mahasiswa doktoral untuk mendapat gelar doktor.

Bila Anda memperhatikan penjelasan saya diatas, blogging dalam hal ini menjadi sebuah wadah aktualisasi dan promosi diri sehingga Anda dipercaya oleh orang lain dan memperoleh predikat keahlian dibidang tertentu secara alami.

Memang, beberapa keahlian tertentu tidak dapat dipelajari sendiri dan perlu menempuh pendidikan formal, namun selalu ada peluang untuk menjadi ahli dibidang yang paling Anda minati.

Yang jelas bukan hanya predikat yang kita perlukan, namun yang lebih penting adalah keahlian yang sesungguhnya ada dalam diri kita.

Berikut ini saya berikan gambarannya:
Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger

Baca juga: Tips Ampuh Memulai Blogging Agar Bisa Menjadi Seorang Blogger Sukses

2. Keuntungan dari Menjual Produk di Blog


Nah! Ini pasti yang di tunggu-tunggu. Tentu Anda sudah mengetahui jawabannya. Dengan menjual produk di website yang Anda miliki, Anda akan memperoleh keuntungan berupa materi (uang) dari produk Anda.

Produk yang bisa di jual di blog, dapat kita bagi mejadi 2 kategori, yaitu produk barang dan produk jasa. Bila Anda ingin menjual produk barang, anda bisa menjual buku, kaos, aneka kerajinan tangan, bisnis waralaba dan lain sebagainya dengan sistem online.

Sementara, untuk produk jasa Anda bisa menawarkan pembuatan artikel blog, pembuatan template blog, jasa pemasangan iklan di blog anda dan lain sebagainya bergantung pada keahlian dan kreativitas yang Anda miliki.

Dalam menjual produk, bila Anda tidak memiliki produk sendiri, Anda bisa menjualkan produk orang lain dengan sistem bagi hasil atau sesuai kesepakatan antara Anda dengan pemiliki produk.

Saya tidak akan menjelaskan secara detail untuk bagian ini, karena saya rasa juga sudah banyak yang membuat artikel tentang bagaimana mendapat uang dari blogging. Mungkin akan saya bahas di lain kesempatan.

Terakhir, perlu menjadi catatan bahwa antara manfaat pertama dan kedua sebenarnya saling berhubungan. Namun, karena dalam artikel ini saya hanya ingin membahas manfaat menjadi seorang blogger maka saya cukup kan penjelasan saya sampai disini.

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger itu banyak sekali

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger

Simpulan:


Dengan menjadi seorang blogger kita akan memperoleh banyak manfaat, apalagi bila kita mau mengelolanya secara sungguh-sungguh dan profesional.

Dengan kerja keras dan profesionalisme seorang blogger akan dapat mencapai keahlian tertentu.

Secara umum kita dapat memperoleh manfaat dari menjadi seorang blogger berupa manfaat dari hasil menulis dan manfaat dari hasil menjual produk. Selanjutnya Anda tinggal pilih salah satu dari kedua manfaat tersebut atau anda ingin mendapatkan kedua-dua nya secara bersamaan. Semoga bermanfaat…
Heru Satria
Heru Satria Menjadi Blogger sejak 2009. Saat ini sedang fokus mengembangkan minat dibidang bisnis dan digital marketing.