Ads Top

9 Tips Mengatasi Perasaan Galau

Siapapun bisa saja mengalami perasaan galau. Lalu bagaimana sih mengatasi rasa galau dan menghilangkan perasaan galau dalam diri kita?

Kata galau nampaknya menjadi sesuatu yang sedikit rumit untuk dijelaskan dengan kata-kata, bahkan bagi yang mengalami perasaan galau tersebut mungkin tidak dapat menjelaskan apa yang dirasakan.

Bagi sebagian remaja biasanya perasaan galau timbul berkisar masalah asmara dan perencanaan masa depan.

Nah!!! Pada artikel ini saya ingin mengajak Anda untuk belajar bersama-sama mengatasi rasa galau yang Anda alami. Berikut ini tips-tips nya, semoga bermanfaat…

Mengatasi galau
Sumber gambar: FreeDigitalPhotos.net - Photo by Sira Anamwong

Pertama – Introspeksi dan Ingat Dosa Kita pada Tuhan!

Perasaan galau yang Anda alami bisa saja merupakan cobaan/ujian atau hukuman. Maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengingat Tuhan.

Cobalah introspeksi diri dan ingat-ingat kembali dosa apa yang telah Anda lakukan selama ini. Sikap ini akan mengajarkan pada diri Anda untuk tidak menyalahkan orang lain terlebih dahulu, namun mencoba untuk merenungkan kesalahan diri kita hingga kita merasa galau.

Kedua – Minta Ampun Sama Tuhan!

Setelah kita introspeksi diri selanjutnya minta ampunlah sama Tuhan. Berdo’alah bahwa Anda ingin keluar dari permasalah yang sedang Anda hadapi hingga Anda merasa galau.

Berdo’alah pula agar memohon petunjuk-Nya atas segala permasalahan yang Anda hadapi.

Niatkan diri Anda untuk berubah dan menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari, pribadi yang lebih dekat kepada-Nya.

Ketiga – Perbanyaklah Ibadah!

Dengan memperbanyak ibadah, Anda akan semakin dengan Sang Pemilik Hati. Hati Anda akan merasa lebih nyaman karena Anda senantiasa mengingat Tuhan.

Disinilah Anda akan lebih dengan Tuhan dan Anda akan merasakan cahaya “nur” nya dalam hari Anda sehingga hati Anda akan merasa lebih tenang.

Keempat – Bersedekah/berbagilah!

Pernah suatu ketika seorang remaja merasa sangat galau, karena ia bingung harus melakukan apa, pergilah ia ke sebuah pemukiman yang mayoritas peduduknya dari kalangan bawah.

Di tempat itu sang pemuda berbagi kepada anak-anak yang tinggal di pemukan tersebut, ternyata ketika pemuda tersebut berbagi membuat hatinya merasa lebih bahagia, lebih senang, lebih bermakna dan lebih beruntung dari orang lain.

Berbagi dapat Anda lakukan dengan berbagaimacam cara, Anda bisa berbagi dalam bentuk materi ataupun uang, bergantung pada kemampuan Anda.

Kelima – Stop Berpikir Tentang Masa Lalu yang Menggalaukan dan Pikirkan Sesuatu yang Positif yang Harus Anda Raih Dimasa Depan!

Dengan bersikap fokus menjangkau masa depan dan menjadikan masa lalu sebagai pelajaran, Anda akan terlatih untuk mengabaikan masalah-masalah kecil yang kadang tanpa Anda sadari Anda buat berlebih-lebihan.

Padalah ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk masa depan Anda yang lebih cemerlang. Maka fokuslah pada masa depan Anda yang ingin Anda capai.

Baca juga: Jangan Abaikan! Inilah Pentingnya Memiliki Kemampuan Menulis

Keenam – Ceritakan Secukupnya Kegalauan Anda, Jangan Berlebihan!

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengungkapkan kegalauan hati. Biasanya remaja yang galau akan mengungkapkan kegalauannya kepada pacar ataupun teman dekat. Ceritakan secukupnya dan jangan Anda lebih-lebih kan kegalauan Anda.

Karena, ketika Anda sedang bercerita kepada teman/pacar Anda, Anda secara tidak sadar sedang berpikir bagaimana meyakinkan dan memberitahukan perasaan Anda pada teman Anda bahwa Anda sedang punya masalah dan Anda galau.

Cobalah untuk bersikap tidak berlebihan, timbang permasalahn Anda. Jangan sampai masalah kecil Anda sampaikan seperti sebuah masalah besar.


Ketujuh – Hindari Musik!

Maksud saya, jangan mendengarkan musik-musik yang menurut Anda sesuai dengan suasana hati Anda. Kecenderungan kita adalah mendengarkan musik yang sesuai dengan isi hati kita.

Maka, ketika Anda merasakan kegalauan, dengarkan musik yang semangat, jangan justru yang membuat Anda tenggelam dalam kegalauan.


Kedelapan – Belajarlah!

Belajarlah dari perasaan galau yang Anda rasakan. Ambillah hikmah dari setiap permasalahan. Sugesti diri Anda bahwa Anda sedang di didik Tuhan untuk dipersiapkan menjadi pribadi yang lebih baik! Positif Thinking selalu!

Kesembilan – Bersyukur!

Syukurilah apa yang Anda miliki dan yang terjadi dalam hidup Anda karena dengan bersyukur Tuhan akan menambahkan nikmatnya kepada Anda.

Demikianlah tadi 9 Tips Mengatasi Rasa Galau yang saya rumuskan! Tidak ada hasil sebelum mencoba, lakukan dan rasakan perubahannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

6 comments:

  1. first, i so sorry if my english language if not good and so bad...
    nice article 9 tips mengatasi galau..
    recently i visit my website, and i see your comment in my guess box.. yeaah i remember.. i think you don't remember my website..hahahha..
    wow,,your website very nice..
    i always remember you... do you remember this is https://drive.google.com/open?id=0B-VEsT-QuHrnUjJsLTJwQnF0akU .. hahahahaha.....wkwkwkwkw... poto yang memiliki kesenjangan sosialll.. hahahahaha... terlalu tinggi buat fto sama kamu pak..wkwkkw... how are you today ? i hope you fine..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey!!! Wilujeng!! Long time not to see you...
      I'm not remember....

      I'm fine, what about you....??? :-)

      Delete
  2. yo can open link above pak, and you will see.. hahaha
    i'm fine too... what your activitiy now ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aktivitas saya sibuk mencari kesibukan. Hehehe... Masih di surabaya kah?

      Delete
    2. hehehehe,,, iya pak masih di surabaya ini, lagi pusing2 ria sama tugas akhir ..hehe

      Delete
    3. Loh? Masih tugas akhir to? Bukane udah lulus?

      Delete

Powered by Blogger.