Ads Top

Bagaimana Seharusnya Kita Belajar?

Pada kesempatan ini saya masih akan membahas tentang belajar. Kenapa? Karena bagi saya belajar merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita untuk mencapai suatu keadaan hidup yang lebih baik.

Secara luas belajar akan memberikan manfaat untuk mencapai suatu bangsa yang lebih maju. Tentunya hal ini tidak lepas dari bagimana masyarakatnya belajar.

Saya yakin, Amerika, Jepang, Cina, Finlandia dan Negara-negara lainnya yang telah maju diawali dari menumbuhkan kesadaran masyarakatnya akan pentingnya ilmu pengetahun dan teknologi.

Perolehan ilmu pengetahuan dan teknologi itu pun tidak dapat diperoleh seperti mengayunkan tongkat sihir dalam film Harry Potter namun melalui suatu proses belajar yang panjang. Bila Anda pernah melihat film fiksi Harry Potter bahkan untuk menjadi penyihir pun harus belajar. Benar bukan?

Bagaimana Seharusnya Kita Belajar?

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita dapat kita jadikan sebagai objek pelajaran bagi kita.

Bila Anda pernah membaca tentang Issac Newton seorang ilmuwan terkemuka yang telah menemukan Hukum Newton I, II, dan III serta tentang Hukum gravitasi, ternyata si Newton ini melihat sesuatu yang tadinya tidak berarti dan tidak dapat di jadikan pelajaran oleh sebagian besar orang pada waktu itu menjadi sesuatu yang amat berarti dan sangat berguna dalam perkembangan IPTEK masa kini.

Apakah yang telah ia lakukan?

Newton memberikan arti pada sebuah kejadian buah apel yang jatuh dari pohon yang oleh sebagian besar orang pada waktu itu mungkin di anggap tidak berarti, kemudian dari kejadian itu Newton membuat sebuah konsep hukum gravitasi.

Contoh kasus diatas adalah salah satu contoh tentang bagaimana seseorang menjadi pembelajar. Ia mampu melihat suatu keadaan yang mungkin tidak berarti bagi orang lain menjadi sangat berarti bagi dirinya dan menjadikannya sebagai sebuah pelajaran.

Jika Anda adalah seorang pembelajar maka Anda akan terbuka dari setiap keadaan, setiap kejadian, setiap orang, setiap benda, dan setiap segala sesuatu yang ada di sekitar Anda serta menjadikannya sebagai pelajaran dimanapun dan kapanpun.

Belajar akan meningkatkan kualitas hidup Anda dan bila belajar ini dilakukan secara masal maka akan dapat meningkatkan kualitas bangsa kita, bangsa Indonesia. Belajarlah!!! Belajarlah!!! Belajarlah!!!

Terus kembangkan diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari dan mulailah menjadi pembelajar dari sekarang, dari diri Anda sendiri kemudian ajaklah orang lain untuk menjadi pembelajar.

Bila artikel ini bermanfaat silahkan ajak teman, saudara, dan semua orang yang Anda kenal untuk berkunjung di blog ini dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.