Ads Top

Inilah 3 Kunci Kebahagiaan yang Perlu Anda Ketahui

Siapakah yang tidak senang bila merasakan hidup dalam kebahagiaan. Pasti hidup dalam kebahagiaan adalah sesuatu yang begitu didambakan oleh seluruh manusia.

Namun, kenyataannya seringkali kita menemukan berbagai persoalan hidup hingga akhirnya kita menjadi tidak bahagia.

Bila hal ini telah terlampau parah, tekanan hidup yang berat yang Anda rasakan dapat membuat Anda benar-benar frustasi, depresi, stress bahkan bagi mereka yang tidak survive akan berdampak buruk bagi kondisi psikis dan fisik nya.

Sebenarnya bukan persoalan hidup Anda yang membuat Anda tidak bahagia. Ada beberapa faktor internal yang berperan dalam menentukan perasaan Anda apakah bahagia atau tidak bahagia.

Untuk itu, Anda harus berlatih mengelola diri dan mengetahui kunci kebahagiaan agar hidup Anda terasa lebih ringan, persoalan Anda tidak terasa begitu berat, dan hidup Anda terasa lebih baik.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa kunci kebahagiaan.

Kunci kebahagiaan yang saya maksudkan yaitu, pengelolaan pikiran, syukur dan kekuatan dari keyakinan.

Inilah 3 Kunci Kebahagiaan yang Perlu Anda Ketahui
Sumber gambar: FreeDigitalPhotos.net - Photo by stockimages

Pertama: Pengelolaan Pikiran

Saya rasa sudah banyak contoh kasus seperti berikut ini.

Banyak orang kaya namun hidupnya tidak bahagia. Demikian sebaliknya banyak orang yang kehidupannya biasa-biasa saja namun kebahagiaan meliputinya.

Jadi sebenarnya kebagiaan itu bukan masalah kaya atau tidak kaya, bukan masalah apakah kita banyak persoalan hidup atau sedikit persoalan hidup.

Namun, kebahagiaan itu lebih pada bagaimana kita mengelola pikiran kita.

Orang dengan banyak masalah asalkan pikirannya dikelola secara baik maka ia akan dengan tenang dapat menyelesaikan berbagai macam persolan.

Sebaliknya, bila pikiran kita tidak tenang, grusa-grusu dan semacamnya kemudian kita berpikir bahwa persolan hidup kita sulit, maka jangan harap kita akan merasa bahagia.

Mengapa? Itu karena Anda sudah tidak punya niat untuk berpikir bahwa Anda bisa dan mampu melawati cobaan yang sedang Anda hadapi saat ini.

Untuk itu, mulai dari sekarang berlatihlah untuk berpikir positif dalam setiap menjalani dan menghadapi berbagai persoalan hidup yang Anda temukan dalam hidup Anda.

Visualisasikan hal-hal baik dari permasalahan Anda.

Pikirkan bahwa permasalahan tersebut adalah pendidikan yang sedang diberikan Tuhan pada Anda supaya Anda dapat belajar dan menjadi manusia yang lebih matang dan lebih baik.

Sekali lagi, buatlah pikiran yang positif, kelola pikiran yang positif, dan rasakan bahwa hidup Anda bisa dan harus bahagia meskipun berbagai persoalan harus Anda hadapi.

Kedua: Syukur

Bersyukurlah bila Anda masih diberikan cobaan hidup. Itu artinya Tuhan sedang menginginkan Anda untuk belajar, berbenah dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Bersyukurlah atas hidup yang Anda miliki saat ini. Syukurilah setiap hal-hal kecil yang Anda miliki dan setiap yang terjadi dalam hidup Anda.

Bersyukur akan membuat hidup Anda lebih damai dan kebahagiaan akan lebih mudah Anda dapatkan.

Bukankah Tuhan akan menambah nikmatnya bila kita mau bersyukur kepada-Nya?

Ketiga: Kekuatan dari Keyakinan

Keyakinan apa yang saya maksudkan?

Tentu keyakinan Anda pada Tuhan. Serahkan segala persoalan Anda pada Tuhan, rajinlah beribadah, rajinlah bersedekah, rajinlah berdo’a kepada-Nya dan jangan tanamkan keyakinan Anda pada yang lain kecuali hanya pada-Nya.

Mengapa hal ini penting?

Siapa yang memberi Anda hidup? Siapa yang menguasai hati Anda? Siapa yang bisa meringankan beban Anda? Siapa yang kekuasaanya tidak terbatas?

Dialah Tuhan, dialah Allah Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Maka tanamkan keyakinan yang kuat kepada-Nya bahwa ketika berbagai persoalah hidup yang terjadi dalam hidup Anda tak kunjung menemukan titik terang, hanya atas kekuasaan-Nya lah masalah Anda akan dapat terselesaikan.

Dengan demikian akan tumbuh sikap pasrah Anda kepada Sang Maha Pencipta, Sang Maha Pemilik Hati Manusia.

Mohonlah kepada-Nya supaya diberikan kekuatan dalam menjalani setiap persoalan dan mohonlah kepadanya agar diberikan kelapangan hati.

Dengan demikian, InsyaAllah kunci kebahagiaan telah Anda dapatkan.

Tentu, terdapat banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa merasa bahagia. Yang terpenting adalah kelola pikiran Anda, bersyukurlah dan gunakan kekuatan keyakinan Anda pada Tuhan.

Semoga tulisan sederhana tentang kunci kebahagiaan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Semoga Anda senantiasa diberikan kekuatan dalam menjalani dan menghadapi setiap persoalan hidup dan senantiasa diliputi kebahagiaan.

Silahkan share bila tulisan ini bermanfaat…

6 comments:

Powered by Blogger.