Ads Top

Social Media sebagai Sarana Berbagi Informasi dan Berdiskusi

Di zaman seperti sekarang ini perkembangan internet berkembang dengan sangat pesat. Pengguna jasa layanan internet semakin menigkat dari tahun ke tahun.

Berbagai situs dalam maupun luar negeri dapat kita akses dimanapun dan kapan pun.

Sosial media merupakan salah satu situs yang banyak digandrungi oleh masyarakat masa kini, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Katakanlah situs sosial media facebook dan twitter. Dua situs ini banyak sekali di gunakan oleh orang diseluruh dunia dengan berbagai keperluan.

Mulai hanya sekedar sebagai hiburan, untuk kepentingan pemasaran produk dan jasa, bahkan bagi mereka yang tidak bertanggung jawab digunakan sebagai sarana untuk penipuan yang merugikan orang lain.

Situs-situs sosial media seperti facebook dan twitter yang banyak digunakan oleh kalangan muda khususnya pada masa kini setidaknya telah memberikan beberapa dampak, baik itu negatif maupun positif.

Social Media sebagai Sarana Berbagi Informasi dan Berdiskusi
Sumber gambar: FreeDigitalPhotos.net - Photo by patrisyu

Dampak negatifnya adalah banyak siswa-siswa setingak SMP dan SMA berkurang produktifitasnya dalam belajar. mereka cenderung berlama-lama berada di depan computer atau hp untuk mengakses situs-situs sosial media tersebut, sekedar untuk chatting dan lain sebagainya.

Tak hanya dikalangan pelajar, dikalangan mahasiswa pun juga sama.

Banyak diantara mahasiswa-mahasiswa di Indonesia yang berlama-lama berada di depan laptop untuk berkutat dengan sosial media dan itulah yang saya rasakan saat ini, yang lebih parahnya lagi adalah dikalangan para pegawai.

Sering kali penulis menemui dibeberapa tempat pegawai-pegawai menggunakan fasilitas computer berlayanan internet yang diberikan oleh kantornya untuk bermain-main dengan facebook selama jam kerja.

Hal-hal tersebut diatas bukan tidak boleh, tapi alangkah lebih baiknya jika digunakan secara lebih proporsional dan bermanfaat.

Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan situs-situs jejaring sosial tersebut, di antaranya adalah dengan menggunakannya sebagai media untuk berbagi informasi.

Setiap hari, setiap jam, setiap menit, bahkan mungkin setiap detik ada banyak sekali keadian-kejadian yang terjadi di seluruh belahan dunia dan dengan mudah berita tersebut dapat kita akses melalui situs-situs berita seperti okezone.com, kompas.com, detik.com dan situs-situs lainya.

Alangkah cantiknya dipandang jika setiap siswa yang memiliki laptop pribadi disela-sela jam kosong dan jam istirahat mengakses berbagai informasi di internet terkait dengan dunia luar, pelajaran, perekembangan teknologi dan lain-lain.

Pengetahuan mereka akan berkembang dengan sangat pesat dan luas, dari informasi yang diperolehnya kemudian dapat di share melalui sosial media kepada seluruh teman-temannya sehingga teman-temannya ikut membaca dan berdiskusi di sosial media tersebut.

Sehingga manfaat dari adanya sosial tersebut akan lebih terasa dan tidak hanya sekedar untuk up date status yang terkadang justru hal-hal yang tidak perlu ditulis yang ditulis, namun untuk berbagi berbagai macam informasi dan berdiskusi yang bermanfaat.

Demikian pula di dunia kampus, alangkah indahnya kampus yang dihiasi oleh mahasiswa-mahasiswa yang banyak mengakses informasi-informasi dari berbagai situs di internet untuk mengembangkan kemampuan intelektual mereka.

Berdiskusi dengan mahasiswa kampus lain melalui sosial media dan bertukar informasi dengan mahasiswa di seluruh belahan dunia melalui sosial media. Pasti akan sangat luar biasa sekali. Semoga bermanfaat…

No comments:

Powered by Blogger.