Inilah Daftar Blog Terbaik di Indonesia yang Bagus untuk Belajar Ngeblog

Menjadi seorang blogger yang terkenal dengan jumlah pengunjung blog yang banyak tentu menjadi impian bagi sebagian besar blogger. Kalau kita melihat para blogger terbaik di Indonesia ini dalam membangun blog nya ternyata sungguh tidak mudah dan butuh kerja keras serta keseriusan yang super hingga akhirnya mereka bisa menjadi blogger-blogger kelas kakap saat ini.

Nah, pertanyaannya bagaimana mereka akhirnya bisa menjadi blogger terkenal seperti sekarang?

Banyak diantara para blogger-blogger terkenal di Indonesia yang memberikan ilmu-ilmunya untuk anda melalui blog-blog mereka. Selain ilmu bagaimana membuat blog, membuat konten, beberapa blogger juga memberikan berbagai macam tips dan trik agar blog yang anda bangun nantinya dapat menghasilkan berupa materi.

Saya tidak tahu bagaimana akhirnya Anda bisa menemukan artikel ini. Namun, saya paham bahwa Anda yang menemukan artikel ini pasti sedang ingin belajar ngeblog. Untuk itu saya akan memberikan rekomendasi blog terbaik menurut versi saya yang bisa Anda gunakan untuk belajar ngeblog.

Blog-blog ini adalah blog yang juga saya gunakan untuk belajar ngeblog selama ini, khususnya untuk belajar otak-atik template blog, SEO, Adsense, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia blogging.

Jadi, Anda yang ingin belajar ngeblog agar semakin banyak referensi Anda untuk belajar tidak ada salahnya belajar dari para blogger-blogger terbaik di bawah ini yang telah memberikan banyak ilmunya seputar blog, SEO dan Adsense untuk kita. Sebagai cacatan, urutan blog dibawah ini bukan merupakan peringkat.Nah, langsung simak saja blog terbaik di Indonesia yang menurut saya bagus untuk anda jadikan referensi belajar ngeblog berikut ini:

blog terbaik di indonesia

Mas Sugeng Blog

sugeng.id - adalah blog milik Mas Sugeng. Mas Sugeng sendiri sudah mulai belajar ngeblog sejak tahun 2010. Melalui blog nya, Mas Sugeng banyak memberikan tutorial seputar blog dan juga panduan ngeblog. Di blog milik Mas Sugeng ini, Anda juga dapat belajar SEO dan cara menghasilkan uang dari blog. Blog mas sugeng ini juga banyak dinobatkan sebagai salah satu blogger dan blog terbaik oleh beberapa master blogger di Indonesia.

Selain itu, mas sugeng juga sering bagi-bagi template blog gratis untuk Anda. Bila Anda ingin template yang premium, Mas Sugeng juga menyediakan template premium untuk Anda.

Blog Terbaik di Indonesia

Juragan Cipir

juragancipir.com – The Largest Indonesian Blogger Community. Di blog milik Mbak Indri Lidiawati ini Anda dapat belajar tentang blog, SEO, Adsense, dan masih banyak lagi. Ada keunikan sendiri dari blog Juragan Cipir ini. Anda akan menemukan banyak blogger di sana, dan selain artikel dari mbak indri, Anda juga akan menemukan artikel-artikel yang ditulis oleh blogger lain yang menjadi penulis tamu blog Juragan Cipir.

Nah, selain itu Juragan Cipir juga menyediakan forum untuk diskusi blog dan Adsense, sehingga Anda bisa tanya-tanya bila mengalami kesulitan dalam blogging dan adsense. Bagi Anda yang ingin menanam link (mencari backlink) Anda dapat menjadi penulis tamu di blog Juragan Cipir ini.

blog terbaik di indonesia

Maxmanroe

maxmanroe.com – Belajar Internet Marketing. Blog milik Mas Marikxon Manurung ini banyak mengulas topik tentang blogging, internet marketing, social media, teknologi, entrepreneurship, inspirasi dan motivasi, dan beberapa topik lainnya.

Blog ini dikelola secara tim lo? Di blog ini Anda juga bisa belajar SEO, seperti bagaimana cara mendapatkan backlinks berkualitas untuk blogger pemula dan masih banyak lagi.

blog terbaik di indonesia

PanduanIM

panduanim.com – Panduan Online Marketing. Rasanya Anda yang berniat untuk belajar ngeblog perlu banget belajar dari blog milik Mas Darmawan ini. Disini Anda dapat menemukan panduan SEO, Social Media Marketing, Memulai Bisnis Online, Keyword Research, Conten Marketing, Copywriting, Lead Magnet dan Belajar Wordpress.

Dalam artikel-artikel nya Mas Darmawan memaparkan setiap panduan dengan ulasan yang panjang dan jelas sehingga memudahkan Anda untuk belajar ngeblog.

blog terbaik di indonesia

Blogodolar

blogodolar.com – Blog sang full time Blogger. Blogodolar dibuat sejak 2009 oleh Kang Yudiono (Herman Yudiono), seorang blogger yang memutuskan keluar dari pekerjaannya sebagai Chemist di perusahaan tambang nikel terbesar di dunia yang berlokasi di Soroako dan berlaih menjadi full time blogger.

Di Blogodolar ini Anda dapat belajar tentang dunia blogging, SEO, cara menghasilkan uang dari blog dan masih banyak lagi. Selain itu, Kang Yudiono juga memberikan ebook gratis “Cara Saya Menghasilkan Rp. 620 juta dari Blog” melalui blog nya.

blog terbaik di indonesia

StrukturKode Blog

strukturkode.blogspot.co.id – Belajar Web, Blog, SEO, Bisnis Online, dan Teknologi Internet Lainnya. Blog ini adalah blog personal yang di kelola oleh Mas Didin Ajidin. Konon, awal pembuatan blog ini berawal dari keisengan.

Disini Anda dapat belajar banyak hal tentang blogging, SEO, Google Adsense (GA) dan beberapa topik yang telah saya sebutkan diawal. Saya sendiri juga belajar banyak hal tentang blog dari blog milik Mas Didin ini.

blog terbaik di indonesia

Kompi Ajaib

kompiajaib.com – Share about internet, blogging, and seo tips. Blog Milik Pak Adhy Suryadi ini banyak membahas tentang blogging, CSS3, HTML, Jquery, Grapichs, SEO, Widget blog dan lain-lain. Disini Anda juga dapat memperoleh template blog yang dibuat oleh Kompi Ajaib.

Bagi Anda yang ingin memperoleh kode warna untuk mempercantik tampilan blog Anda atau untuk keperluan desain Anda juga dapat memperolehnya di Kompi Ajaib. Selain itu, disini Anda juga dapat menggunakan fasilitas Photoshop Online yang disediakan di blog Kompi Ajaib.

blog terbaik di indonesia

Arlina Design

arlinadzgn.com - Tempatnya Berbagi Template dan Tutorial Blogger. Seringkali kita merasa bosan dengan tampilan blog kita. Nah, mungkin Arlina Design ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mengganti template hasil karya dari Arlina Design baik yang free maupun premium. Artinya, di blog Arlina Design ini Anda dapat belajar banyak hal seputar template dan widget serta cara utak-atik tampilan blog,

Selain itu, Anda juga dapat belajar tentang Tips Blogger, SEO, CSS, JavaScript dan beberapa topik lain yang menunjang Anda dalam blogging di blog Arlina Design ini.

blog terbaik di indonesia

Portal Uang

portal-uang.com - Blog Milik Mas Gee Jhon ini banyak membahas tentang segala hal tentang blogging dan segala yang menyertainya semisal cara memonetisasi blog, adsense, youtube, peluang bisnis dan lain-lain.

blog terbaik di indonesia

Klik Mania

klikmania.net - Will Inspire You, di blog ini anda dapat mempelajari tentang adsense, bisnis online, teknologi dan lain-lain. Selain membagi-bagikan tips dan trik seputar dunia blogging, blog klik mania membuka jasa review profesional.

blog terbaik di indonesia

Blog Bung Frangki

bungfangki.com - Di blog milik mas Alfrangki Ibrahim ini anda dapat memperoleh tips adsense, tips komputer, tips smartphone, tips youtube, tutorial blog dan lain-lain. Selain itu bung frangki juga menyediakan template blog gratis dan premium untuk anda.

blog terbaik di indonesia

Blog Mas Yadi

masyadi.com - di blog milik Mas Yadi ini anda bisa belajar tentang tutorial blogging, trik optimasi SEO, tutorial facebook, trik android dan lain-lain. Melalui blog nya Mas Yadi juga membuka JV adsense.

blog terbaik di indonesia

Blog Rekomendasi Anda

Berikutnya adalah blog terbaik yang Anda rekomendasikan untuk dijadikan sebagai panduan ngeblog, entah itu blog Anda sendiri maupun milik orang lain.

Tentu masih banyak lagi yang belum saya sebutkan dalam tulisan ini. Urutan dalam penyebutan nama blog bukan merupakan peringkat, saya hanya ingin menunjukkan dan sharing kepada Anda beberapa blog yang bisa Anda jadikan rujukan untuk belajar ngeblog.

Nah, kalau Anda punya rekomendasi lainnya, silahkan isi di kolom komentar.

Heru Satria
Heru Satria Menjadi Blogger sejak 2009. Saat ini sedang fokus mengembangkan minat dibidang bisnis dan digital marketing.