Ads Top

Menukar Hobi dan Keahlian Menjadi Peluang Usaha yang Menguntungkan

Setiap manusia diciptakan unik, saya, Anda dan semua yang ada di dunia ini memiliki keunikannya masing-masing. Sangat jarang kita temukan satu orang yang begitu multitalent. Meskipun istilah multitalent sering digunakan namun pada kenyataannya tidak ada manusia di bumi ini yang benar-benar multitalent.

Hal yang saya sebutkan diatas tentunya harus kita sikapi dengan baik untuk melihat peluang menguntungkan bagi kita. Keadaan yang saya sebutkan diawal merupakan sebuah hukum alam hingga akhirnya antara satu orang dengan orang lain saling membutuhkan.

Seseorang yang tidak dapat menjahit akan membutuhkan tukang jahit. Seseorang yang tidak bisa membangun rumah akan membutuhkan seorang tukang yang ahli dalam membangun rumah, begitu dan seterusnya hingga akhirnya terjadi perputaran ekonomi. Bayangkan bila orang terlahir sama dan seragam. Tentu perokomian tidak akan berjalan.

Bagi sebagain orang berpikir dan menjadikan hobi hanya sebagai hobi. Tak jarang hal ini mengecilkan peluang “Hobi yang bisa ditukar dengan uang”.  Contoh, mereka yang hobi memancing. Bisakah hobi ini ditukar dengan uang? Bisa!

Anda bisa membuka tempat pemancingan, membuat agen tour perjalanan atau wisata pemancingan. Selain hobi Anda tersalurkan, Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari hobi yang Anda miliki.

Atau Anda memiliki hobi traveling? Bila Anda memiliki hobi traveling Anda dapat membuka usaha travel atau tour keluarga. Selain hobi Anda tersalurkan, uangpun akan mengalir ke kantong Anda.

Menukar Hobi dan Keahlian Menjadi Peluang Usaha yang MenguntungkanImage courtesy of Kromkrathog at FreeDigitalPhotos.net

Pertanyaan kita sebenarnya adalah bukan “Apakah hobi kita dapat ditukar dengan uang?” namun “Apakah kita bisa menukar hobi kita dengan uang?”

Tak sedikit kita temui mereka yang memiliki keahlian tertentu tidak dapat menukarnya dengan sesuatu yang menghasilkan secara materi. Benar bukan?

Disini kita dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengemas hobi dan keahlian kita menjadi sesuatu yang menguntungkan secara materi. Bila Anda memiliki kemampuan menjahit, apakah artinya Anda harus membuka usaha menjahit? Belum tentu.

Anda bisa saja membuat buku panduan menjahit, membuka kursus menjahit dan lain sebagainya. Bahkan, Anda dapat mengkombinasikan semua yang saya sebutkan tadi. Misal, Anda membuka usaha penjaitan, membuka kursus menjahit, dan membuat buku tentang menjahit kemudian menerbitkannya. Bukankah ini peluang dan hasilnya dapat berlipat-lipat?

Memang untuk mengawalinya tak seperti membalik telapak tangan. Perlu adanya tekad yang kuat dalam diri Anda untuk take action. Berikut ini saya berikan tips untuk Anda bagaimana menukar hobi dan keahlian menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.


Tumbuhkan Niat dan Tekad yang Kuat


Dalam hal apapun tanpa adanya niat dan tekad yang kuat Anda tidak akan terdorong untuk melakukan sesuatu secara totalitas. Untuk itu, mulailah dengan memiliki niat dan tekad yang kuat mengapa Anda harus menukar hobi dan keahlian Anda dengan uang? Dengan adanya niat dan tekad yang kuat ini Anda akan terjaga semangatnya ketika ada rintangan yang Anda temui. Mulailah membuat niat dengan menemukan alasan yang kuat “Mengapa saya harus…”.

Pilih Hobi dan Kemampuan yang Paling Anda Kuasai


Berikutnya, pilih hobi dan kemampuan yang paling Anda kuasai kemudian buat daftar hobi atau kemampuan lain yang juga Anda miliki. Tulis dalam secarik kertas kemudian pilah-pilah mana yang sekiranya bisa Anda rubah menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Pelajari Bisnisnya


Setelah Anda menentukan hobi atau kemampuan yang ingin Anda tukar dengan uang, berikutnya pelajari seluk beluk bisnisnya. Mau dibuat seperti apa bisnis Anda nanti? Siapa target marketnya? Sumberdaya saja apa yang harus Anda miliki? Berapa modal yang Anda butuhkan? Bagaimana Cara pemasarannya? Dan lain sebagainya.

Cari berbagai macam informasi dari berbagai media yang ada. Gunakan internet, belajarlah pada pelaku bisnis yang lain dan banyak-banyak sharing atau diskusi. Kuncinya belajar.

Take Action!


Setelah Anda memiliki tekad, menentukan bisnis yang Anda jalankan dari hobi dan keahlian Anda, mempelajari seluk beluknya, kemudian yang perlu Anda lakukan adalah take action! Lakukan! Bertindaklah! Biasanya bagian ini yang sangat sulit untuk dimulai. Ide sudah ada, kemampuan sudah ada tapi masih enggan untuk melakukannya. Cobalah untuk tidak meninggalkan peluang yang ada di depan mata.


Iringi Usaha dengan Do’a


Usaha saja tidak cukup, begitu pula sebaliknya do’a saja tanpa usaha juga tidak bisa. Jadi Anda harus terus berusaha dan berdo’a kepada Tuhan YME agar setiap keringat yang Anda keluarkan dapat menjadi risalah bagi Anda untuk mencapai kemuliaan hidup didunia dan diakhirat.

Demikian beberapa tips “mengubah hobi dan kemampuan menjadi peluang usaha yang menguntungkan” ini. Semoga bermanfaat untuk Anda…

1 comment:

  1. Saya juga ingin menukar hobijadi rezeki
    beraroma warna penghasilan
    Namun uang dari pantun dan puisi
    Belum bisa kutemukan...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.