Ads Top

Cara Menambah Tanggal, Creddit (footer), dan Page Number (Halaman) pada Power Point

Dalam membuat slide power point kadang kita ingin menambahkan creddit sebagai pengakuan bahwa power point tersebut adalah kita yang membuat. Seringkali kita juga ingin menambahkan tanggal dan page number (halaman) dalam power kita.

Nah, pada kesempatan ini untuk menjawab pertanyaan Anda tentang “bagaimana cara menambahkan tanggal, creddit, dan page number (halaman) pada power point?” Maka saya akan berikan tutorial tersebut. Sebenarnya caranya mudah dan tidak rumit hanya dengan beberapa langkah saja Anda sudah dapat menambahkan tanggal, creddit, dan page number (halaman) dalam power Anda.

Oke, langsung saja ke tutorialnya…

Silahkan buka slide power point yang ingin Anda beri tanggal, creddit, dan page number (halaman) pada power point. Sebagai contoh saya beri pada slide power point saya berikut ini.


Setelah itu klik Insert – Slide Number.


Maka akan muncul jendela seperti berikut ini. Centang Date and time, pilih update aoutomatically apabila Anda ingin tanggalnya otomatis berubah sesuai saat Anda melakukan presentasi atau pilih Fixed apabila Anda ingin tanggalnya tidak berubah. Kemudian centang slide number dan selanjutnya centang Footer. Pada footer silahkan isi nama Anda, web, perusahaan dan lain sebagainya yang Anda inginkan. Bila sudah silahkan klik Apply to All untuk menerapkan ke semua slide atau Apply untuk menerapkan hanya di satu slide saja dimana Anda menambahkan tanggal, footer dan slide number tadi.


Hasilnya nampak seperti gambar dibawah ini.


Sampai disini sudah selesi. Mudah bukan? Anda dapat menggeser, merubah font, ataupun warnanya. Karena dalam contoh diatas kurang jelas saya akan mencoba untuk mengubah warnanya. Saya akan ubah warnanya menjadi putih dan belakangnya menjadi lebih gelap supada tanggal, footer dan halamannya kelihatan.

Blok tanggal, footer dan halaman yang telah kita buat, kemudian klik Home – Pilih warna putih seperti nampak pada gambar dibawah.


Dengan menggunakan shape buat kota persegi panjang seperti gambar dibawah. Kemudian ubah warnanya sesuai selera Anda dan letakkan menutupi tanggal, footer dan halaman.


Klik kanan kemudian pilih Send to back –send to back. Perhatikan gambar berikut!


Maka hasilnya akan nampak seperti gambar berikut!


Oke, sudah selesai. Sekarang saatnya Anda untuk mecoba. Silahkan Anda buat sekreatif Anda. Tutorial ini hanyalah contoh untuk menunjukkan langkah-langkah dasar menambahkan tanggal, footer dan halaman pada Anda. Bagaimana mudah bukan? Masih bingung?

Kalau Anda masih bingung dengan tutorial diatas dilahkan tanya melalui kolom komentar dibawah. Selain itu Anda juga bisa melihat video tutorialnya langsung di channel youtube Kelasnya Kak Dirman atau klik disini untuk langsung menuju ke video tutorialnya. Selamat mencoba dan selamat berkarya. Semoga bermanfaat…

No comments:

Powered by Blogger.