Bagaimana Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas?

Bagaimana Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas? Ini adalah pertanyaan yang muncul saat saya membaca kembali tulisan saya sebelumnya tetang filosofi baru blog ini.

Untuk mencari jawabannya, saya terus berusaha mengulang-ulang pertanyaan diatas. Siang hingga malam saya terus berpikir dan akhirnya sampailan saya menulis artikel ini pada malam hari.

Saya rasa kalangan blogger telah bersepakat bahwa kualitas blog ditentukan oleh kualitas konten. Saya juga yakin Anda berpikir sama dengan yang saya pikirkan saat ini.

Bagaimana Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas?

Lalu, muncul pertanyaan "seperti apa sih konten yang berkualitas itu?" Banyak sekali yang telah mendefinisikan tentang konten berkualitas, dan saya pada kesempatan ini juga akan membuat definisi sendiri.

Bagi saya konten berkualitas adalah konten yang apabila pengunjung blog kita datang di blog kita mereka akan menemukan solusi dari konten yang kita miliki.

Sudah, jadi bagi saya konten berkualitas itu hanya itu saja, intinya "menawarkan solusi" entah itu dalam hal kebutuhan user dalam mencari informasi, mencari pemecahan masalah dan lain sebagainya.

Sekali lagi ini hanyalah definisi saya tentang konten berkualitas. Sekarang bagaimana cara membuat konten blog yang berkualitas itu?

Dalam pencarian saya akhirnya saya temukan sebuah kunci yang menjadi inti dari cara membuat konten yang berkualitas, yaitu "buatlah konten yang mampu membantu memecahkan masalah orang lain".

Mengapa? Kebanyakan kita berselancar di jagad maya adalah untuk menyelesaikan masalah baik itu besar maupun kecil, benar bukan?

Kita ingin pergi kesuatu tempat yang belum pernah kita kunjungi biasanya kita akan cari-cari informasinya dulu di internet. Kita perlu sumber atau bahan untuk pekerjaan kita, maka kita akan cari ke internet.

Internet saat ini telah dijadikan sebagai "sarana" pemecah masalah bagi banyak orang. Oleh sebab itu, agar kita mampu membuat konten yang berkualitas kita sekali lagi harus mampu menawarkan solusi bagi pengunjung blog kita.

Bagaimana cara kita menawarkan solusi?

Beberapa mind set harus Anda miliki terlebih dahulu dan yang utama adalah "sebenarnya bukan kitalah pemecah masalah, namun kita hanya menawarkan solusi"

Jadi, meskipun diawal saya mengatakan bahwa konten berkualitas adalah konten yang mampu memecahkan masalah, namun kita tidak boleh berpikir bahwa kita akan mampu menyelesaikan masalah orang itu melalui konten kita, sekali lagi kita hanya menawarkan solusi.

Dalam menawarkan solusi, sebelum Anda godok menjadi konten blog Anda, cobalah untuk mengenali masalah-masalah apa saja yang banyak dihadapi oleh orang-orang yang berada di sekitar Anda.

Setelah itu cobalah renungkan "kira-kira" solusi apa yang bisa Anda tawarkan. Buatlah konten seperti ketika ada teman Anda yang curhat kepada Anda kemudian Anda menawarkan solusi kepadanya".

Pelajari masalahnya secara mendalam, bila mungkin Anda perlu bahan-bahan pendukung siapakan juga sebagai pelengkap untuk meyakinkan bahwa Anda benar-benar ingin memberikan solusi pada mitra Anda.

Menurut saya, konten tutorial adalah salah satu konten yang benar-benar menawarkan solusi nyata terhadap banyak permasalah orang. Bagaimana tidak?

Misal, seperti yang sudah saya lakukan. Saya mencoba memberikan solusi kepada pengguna internet yang membutuhkan tutorial membuat tulisan berjalan di power point dan cara membuat backgound sendiri pada power point melalui channel youtube saya Kelasnya Kak Dirman.

Hasilnya, dua video ini memperoleh penayangan yang cukup banyak menurut saya. Karena saya memberikan solusi yang nyata "begini lo caranya" kalau mau gunakan silahkan, kalau mau dikembangkan silahkan dan lebih baik.

Selain itu juga muncul interaksi, beberapa pengunjung channel saya mengirim pertanyaan kepada saya melalui facebook Soedirman Class untuk menanyakan beberapa permasalah yang mereka hadapi. Inilah maksud saya tentang konten berkualitas itu.

Sementara, untuk konten-konten seperti ini, seperti yang Anda baca ini akan lebih subjektif, artinya banyak kemungkinan berbeda berdasarkan pada pandangan masing-masing orang.

Tulisan ini benar menurut saya, namun belum tentu benar menurut yang lain. Kuncinya adalah buatlah konten yang menawarkan sebanyak mungkin solusi dan mampu merubah mind set orang lain sehingga menjadi lebih maju.

Kita adalah penawar solusi dan biarkan mereka (user) untuk mencari solusi dari orang lain. Biarkan mereka mencari pemecahan sendiri atas kesulitannya yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing user

Saya rasa itu saja yang perlu kita lakukan untuk membuat sebuah koten yang berkulitas. Point utamanya adalah:
  1. Posisikan diri kita sebagai penawar solusi namun bukan penyelesai masalah
  2. Dalami permasalah yang hendak kita cari solusinya
  3. Kumpulkan bahan-bahan bila diperlukan
  4. Buatlah konten terbaik yang menawarkan banyak alternatif solusi
Berikut ini contoh beberapa konten dari beberapa blog yang memberikan konten dengan penjelasan yang cukup detail menurut saya.
  1. Konten dari kerjalebah.com tentang 6 Tips Mudah Cara Membuat Blog Lengkap (Dengan Gambar)
  2. Konten milik sugeng.id tentang Cara Menghasilkan Uang dari Blog
  3. Konten-konten milik panduanim.com tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan internet marketing
Tentu, masih banyak blog-blog lain yang menyediakan konten berkualitas, yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Ini hanyalah gambaran buat Anda saja.

Nah, demikian tadi sekilas artikel ini tentang "Bagaimana Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas?" ini. Semoga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman untuk saya pribadi dan Anda pada umumnya. Semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

2 comments:

  1. Ketika saya menulis artikel blog maka yang pertama terbayang adalah bagaimana menarik pengunjung sebagai acuan tulisan berkualitas. Meskipun begitu bukan juga jaminan bahwa artikel yang banyak dikunjungi orang menjadi berkualitas di mesin pencari Google. Ini mungkin pengaruh backlink juga.

    Pada artikel ini anda menghadirkan cara menulis yang berbeda yaitu memposisikan penulis sebagai orang yang menawarkan solusi. Ini bisa menjadi titik awal tulisan saya selanjutnya dalam mengembangkan gaya bahasa dalam berkomunikasi dengan pembaca. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sip semoga bermanfaat... Selamat berkarya terus mas Hartarto...

      Delete