Ads Top

Blogger yang Suka Cari Masalah Cenderung Lebih Disukai, Mengapa?

Blogger yang Suka Cari Masalah Cenderung Lebih Disukai, Mengapa?
Seiring dengan berkembangnya teknologi, jagad online juga berkembang sangat pesat sekali memasuki tahun 2000 an hingga sekarang ini dan akan masih berlajut hingga masa yang akan datang.

Kemajuan dan perkembangan ini bagi saya bukan merupakan suatu kebetulan, tapi memang merupakan suatu yang dicari dan diupayakan untuk diwujudkan guna memudahkan urusan manusia.

Dulu, untuk menyampaikan sebuah informasi saja kepada orang lain yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal kita membutuhkan waktu yang lama, sekarang menjadi sebaliknya, informasi begitu cepat menyebar dan tersebar.

Blogger yang Suka Cari Masalah Cenderung Lebih Disukai, Mengapa?

Nah, lalu apa kaitannya dengan blogger?

Begini, sebelumnya kita perlu menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang judul yang saya tuliskan diatas mengenai "blogger yang suka cari masalah".

Saya sendiri sebenarnya juga sedang belajar menjadi blogger yang suka cari masalah dan bagi saya blogger itu memang harus suka cari masalah.

Dalam tulisan saya sebelumnya tentang cara membuat konten blog yang berkualitas saya sempat menuliskan bahwa banyak orang saat ini menggunakan internet sebagai sarana untuk memecahkan masalah mereka.

Bagi saya hal ini tidak bisa terbantahkan lagi. Mulai dari hal yang sangat sepele, misal kita butuh hiburan artinya kita punya masalah yaitu kurang hiburan, bagi sebagian besar orang mungkin mereka akan membeli film, membeli buku, membeli mainan, pergi kesuatu tempat dan lain sebagainya.

Kita lihat mereka yang ingin nonton film, biasanya akan cari-cari dulu film yang bagus, yang ingin mereka tonton atau bahkan mereka akan download gratis di internet.

Berikutnya, mereka yang hendak membeli buku. Kemungkinan nya juga cukup banyak, mungkin mereka akan broswing dulu cari buku yang bagus sebelum membeli, mencari informasi harganya, tempat belinya dan lain sebagainya atau bahkan mungkin mereka akan mencari informasi di internet situs download ebook gratisnya kalau ada.

Masih banyak contoh yang lain. Masalah kecil dan sepele saja sekarang banyak orang yang "tanya nya ke google". Saya tidak akan menunjukkan terlalu banyak bukti kepada Anda tentang pendapat saya ini. Tapi ini nyata.

Nah, menurut saya blogger adalah penyedia informasi dan salesnya solusi. Blogger benar-benar punya peran disini.

Saya tidak akan menjelaska panjang lebar tentang istilah penyedia informasi, tapi pada kesempatan ini saya hanya akan membahas tentang istilah yang saya sebut sebagai "salesnya solusi".

Blogger adalah salesnya solusi secara sederhana saya artikan sebagai blogger adalah orang yang menjual solusi. Definisi ini saya berikan untuk menegaskan pada Anda bahwa blogger itu tugasnya adalah menjual solusi. Artinya pasti ada masalah.

Tidak mungkin orang akan menjual solusi kalau tidak ada masalah yang ingin diselesaikan. Dalam kehidupan nyata hal ini juga berlaku. Anda punya masalah dengan laptop Anda, tukang service laptop punya solusinya, begitu dan seterusnya.

Kan tujuan saya ngeblog untuk berbagi informasi? Nah, itu berarti juga masalahnya adalah ada orang yang butuh informasi, ada orang yang pelu Anda cerahkan. Bagaimana? Sudah masuk dengan maksud saya sekarang?

Jadi, disinilah sebenarnya mengapa blogger yang suka cari masalah itu cenderung lebih disukai. Misal, ada masalah A, seorang blogger (sebut saja) namanya mawar punya solusi satu, tapi blogger yang lain (sebut saja) namanya Bunga untuk satu masalah yang sama dia punya lebih dari satu solusi.

Kalau disuruh milih saya yakin Anda pilih blogger yang kita sebut namanya Bunga tadi. Artinya apa? Artinya si Bunga ini dalam memberikan solusi lebih detail dan rinci.

Jadi ketika blogger Bunga ini melihat masalah A, ia juga cari masalah lain yang menyetai masalah itu. Bagaimana? Tulisan ini sambil mengajak Anda untuk berpikir.

Tapi, sebenarnya saya juga perlu melengkapi judul artikel ini bahwa yang sebenarnya lebih disukai itu adalah blogger yang suka cari masalah dan suka menawarkan lebih banyak solusi dari satu malasah yang sama.

Blogger yang Suka Cari Masalah Cenderung Lebih Disukai, Mengapa?

Contoh dalam dunia blogging. Anda pasti tidak akan asing dengan beberapa blog terkenal di Indonesia menurut beberapa versi. Nah lihat saja, mereka menulis dan menawarkan banyak solusi sehingga disukai.

Tapi kan ada juga yang tidak terkenal tapi disukai? Memang ada, banyak malahan! Tinggal pada konteks apa kita ingin disukai.

Misal ada yang ingin cari informasi harga smartphone terbaru merk satria, kan tindak mungkin juga kita menuliskan solusi yang panjang lebar, kecuali kalau yang dicari perbandingan dan spesifikasi smartphone terkait.

Misal, harga smartphone satria dan spesifikasinya. Maka disini kita perlu menjelaskan panjang kali lebar kali tinggi. Bagaimana sudah sedikit tercerahkan dengan maksud saya?

Apa yang sebenarnya menjadi titip poin dari tulisan saya ini?
  1. Blogger harus suka cari masalah, peka terhadap masalah, dan suka mencari solusi.
  2. Keuntungan yang didapat seorang blogger itu dalam menjual solusi tidak hanya dalam bentuk materi tapi juga bisa dalam bentuk reputasi dan lain sebagainya.
Artikel ini adalah artikel yang saya buat untuk mencerahkan, pertama mencerahkan diri saya sendiri dan apabila memang bermanfaat dan bisa diterima juga untuk mencerahkan Anda (pengunjung blog saya).

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar lagi, hal ini saya lakukan untuk memperluas ruang gerak Anda dalam menyimpulkan artikel yang baru saja Anda baca. Semoga bermanfaat...

2 comments:

Powered by Blogger.