Ads Top

Membuat Template Bawaan Blogger Menjadi Menarik

Sudah lama sekali saya tidak mengganti template blog ini. Sebelumnya saya menggunakan template dari Arlina Design yang kemudian saya custom agar lebih unik dan beda dari yang sudah ada.

Pada beberapa waktu yang lalu saya ingin mengubah tampilan template blog saya. Kemudian kemarin saya mencoba sendiri membuat tampilan blog sesuai yang saya inginkan.

Saya ingin mengubah tampilan blog saya hanya satu kolom tanpa sidebar dengan warna dominan hijau. Saya sudah mencoba cari-cari di situs-situs penyedia template blogger baik yang premium maupun gratis tapi tak kunjung ada yang sreg di hati.

Akhirnya, saya putuskan untuk membuat sendiri. Tapi saya sangat sadar bahwa kemampuan saya membuat template sendiri sangat nol besar. Namun, kalau di suruh otak-atik template insyaAllah saya bisa. Untuk itu akhirnya saya putuskan akan meng-custom sendiri template bawaan blogger sesuai dengan design yang saya inginkan.

Beberapa keperluan perang pun saya siapkan, berupa satu unit laptop, satu buas mouse, satu buah smartphone sebagai modem dan paket data internet 1,5 GB seharga Rp.10.000 (24 jam/7hari) dari Indosat ooredoo (bonus akhir tahun) Hehe...

Saya coba melihat-lihat template yang ada di blogger, akhirnya saya putuskan menggunakan template bawaan blogger yang tampilannya seperti ini.

Membuat Template Bawaan Blogger Menjadi Menarik

Kalau Anda lihat, sangat sederhana bukan? dan kurang menarik. Pada template itu juga masih ada sidebar nya, karena saya ingin template tanpa sidebar akhirnya saya ubah di pengaturan template menjadi hanya 1 kolom tanpa sidebar di samping.

Setelah itu saya ubah warnanya menjadi hijau, saya otak-atik judul blog nya dan saya otak-atik bagian footer nya.

Selain itu saya juga mengubahnya menjadi responsive. Bagi saya template yang saya gunakan ini adalah template terbaik yang saya custom sendiri. Saya termasuk orang yang suka mengcustom template sebelum saya gunakan agar lebih unik.

Tidak butuh waktu yang sangat lama untuk mengubah template ini. Saya mulai bekerja mengganti template ini sekitar jam 1 siang dan 95% sudah jadi pada jam 4 sore (kalau master mungkin bisa lebih cepat). Nah, untuk tampilannya jadi seperti ini akhirnya...

Membuat Template Bawaan Blogger Menjadi Menarik

Detail perubahan (garis besar) yang saya lakukan adalah:
  • Mengubah template menjadi 1 kolom
  • Mengubah warnanya menjadi dominan hijau
  • Menambah menu horisontal dibawah header (responsive)
  • Mengubah postingan blog menjadi readmore secara otomatis.
  • Mengganti bagian footer template.
  • Mengganti beberapa font template
  • Mengubah agar template menjadi lebih responsive
  • Menambah artikel terkait
  • dan lain-lain
Alasan saya mengapa mengubah template blog saya menjadi hanya satu kolom adalah agar lebih nyaman dibaca oleh pengunjung blog saya. Beberapa pengaturan menu juga saya buat dengan sedemikian rupa agar mudah digunakan untuk mengakses keseluruhan ini blog ini.

Setelah saya mencoba mengotak-atik dan melihat hasilnya ada kepuasan batin sendiri dalam diri saya. Memang sih tampilannya tidak megah dan sangat sederhana. Tapi ada sesuatu yang tidak bisa saya jelaskan terkait kepuasan batin saya dalam meng kustom template ini. Kalau dibilang apakah bagus, ya menurut saya ndak begitu juga. Silahkan nilai sendiri.

Setelah saya cek di chkme.com hasilnya lumayan juga untuk SEO nya.


Sementara untuk performa template di gtmatrik.com saya rasa masih sangat banyak kurangnya bisa sobat lihat sendiri. Tapi lumayan lah...
Teman-teman blogger yang pengen ganti template blog, mungkin juga bisa melakukan seperti yang saya lakukan. Itung-itung sambil belajar juga terkait segala sesuatu tentang blogger. Semoga bermanfaat...

No comments:

Powered by Blogger.