Benarkah Ngeblog Bisa Bikin Cepat Kaya?

Perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk mengakses berbagai macam hal melalui koneksi internet. Tak hanya mencari informasi, nyatanya dunia online bisa kita manfaatkan juga untuk mendulang rupiah bahkan dollar.

Saat ini telah banyak di antara masyarakat kita yang mulai berbondong-bondong belajar dan mempelajari tentang seluk-beluk bisnis online atau bisnis yang di online kan. Salah satu dari beberapa bisnis online yang cukup populer adalah dengan menjadi seorang blogger.

Lalu bagaimana seorang blogger bisa mendapatkan rupiah atau dollar dari aktifitas ngeblognya?

Jawabannya adalah sangat banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Namun, yang jelas ngeblog bukan cara cepat untuk menjadi orang kaya karena sama dengan bisnis offline lainnya, bisnis online juga membutuhkan perjuangan dan ketelatenan.

Benarkah Ngeblog Bisa Bikin Cepat Kaya?

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar dapat mendulang rupiah atau dollar dari aktifitas ngeblog Anda adalah sebagai berikut:

(1) Menjual Blog

Kalau di dunia nyata Anda bisa beternak bebek dan lain sebagainya, di dunia maya Anda bisa beternak blog atau website. Pilihan ini tepat untuk Anda yang memiliki keahlian dalam membuat blog/website, minimal Anda menguasai cara membuat blog melalui blogspot atau blogger.

Setelah Anda beternak blog, mengisi konten blog dan memasarkan blog Anda, kemudian Anda bisa menjualnya. Namun, ini tak semudah buat, isi, pasarkan dan jual. Untuk mendapat keuntungan yang berlipat ganda Anda perlu menarik traffik pengunjung yang sangat banyak ke blog Anda. Nah, bagian ini lah yang tidak bisa dikatakan sulit, namun juga tidak bisa dikatakan mudah.

(2) Menyediakan Space Iklan di Blog Anda

Anda bisa menyediakan space iklan dan menawarkan kepada pengiklan agar mau menjadi sponsor di blog Anda. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu memiliki traffik blog yang cukup tinggi karena logikanya "apa ada yang mau ngiklan kalau pengunjung blog nya saja dikit?"

(3) Dibayar untuk setiap Review

Anda bisa menawarkan kepada perusahaan, pemilik bisnis, pemilik aplikasi, maupun pemilik website/blog dan lain-lain untuk Anda buatkan review nya. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website Maxmanroe untuk setiap review kita bisa mendapatkan 300-500 ribu. Lumayan bukan?

(4) Menjual Produk Sendiri

Apabila Anda memiliki produk sendiri yang bisa Anda jual tidak ada salahnya Anda menawarkan produk Anda kepada pengunjung blog Anda. Selain menjual produk sendiri Anda juga dapat menjualkan produk orang lain di blog Anda dengan mengikuti program affiliasi.

(5) Menjadi Publisher Google Adsense

Cara ini adalah cara yang paling banyak di kejar dan paling banyak dilakukan oleh para blogger. Dengan menjadi penayang iklan google Anda akan memperoleh bayaran tiap kali klik dan tiap 1000 kali tayangan iklan. Banyak sekali blogger yang menerapkan cara ini untuk mendulang rupiah dari internet dan sudah banyak pula yang sukses dengan keuntungan yang mencapai jutaan bahkan puluhan dan ratusan juta.


Nah, intisari dari kegiatan ngeblog sendiri adalah membuat konten. Untuk itu Anda perlu belajar juga bagaimana cara membuat konten blog yang baik. Mengapa? dengan konten yang baik dan berkualitas di blog Anda maka akan banyak pengunjung yang suka dan anda tidak akan kehilangan pembaca yang loyal kepada anda.

Seni ngeblog juga perlu Anda miliki dan sekali lagi saya ingin menyampaikan bahwa ngeblog bukan cara cepat untuk menjadi kaya. Butuh kesabaran, ada yang dalam kurun waktu 4 bulan sudah mendapatkan hasil, ada pula yang setelah bertahun-tahun baru nampak hasilnya.

Sebagai contoh saya sendiri, saya sudah ngeblog selama hampir 10 tahun. Tapi kegiatan ngeblog saya setelah saya koreksi adalah kegiatan ngeblog yang kurang produktif sehingga saya tidak kunjung mendapatkan hasil.

Untuk itu apa yang saya alami bisa menjadi pelajaran berharga buat Anda. Anda bisa belajar dari banyak blogger yang sudah sukses maupun yang belum sukses bahkan gagal. Anda dapat mempelajari pola-pola kesuksesan blogger-blogger yang sudah sangat terkenal. Semoga kegiatan ngeblog kita segera nampak hasilnya...

Kesimpulannya adalah ngeblog bisa membuat kita kaya tapi bukan cara cepat untuk segera kaya. Butuh waktu dan perjuangan sebelum akhirnya kita dapat memetik hasil dari kegiatan ngeblog kita.

Heru Satria
Heru Satria Menjadi Blogger sejak 2009. Saat ini sedang fokus mengembangkan minat dibidang bisnis dan digital marketing.