Ads Top

Sukseskan UBK/ UNBK 2017

Sukseskan UBK/ UNBK 2017Hari ini (21/03/2017) adalah hari terakhir simulasi ketiga UNBK untuk SMP/MTs dan sederajat. Sementara untuk jenjang SMA/MA/sederajat simulasi UNBK telah berakhir pada hari selasa minggu yang lalu (14/03/2017).

Beberapa sekolah telah melakukan simulasi sebanyak tiga kali selama persiapan menjelang UNBK tahun ini, sementara yang lain hanya dua kali, termasuk di sekolah tempat saya mengajar simulasi hanya berlangsung dua kali.

Hal ini dikarena sebelumnya belum ada rencana melaksanakan UNBK untuk tahun ini, namun kebijakan di Jawa Timur mengharuskan untuk MA (Madrasah Aliyah) melaksanakan UBK pada tahun ini.

Beberapa hal yang menjadi kendala yang perlu di perhatikan adalah koneksi internet, listrik, server dan komputer client.

Untuk mengatasi koneksi internet yang terputus/mati selama pelaksanaan ujian kita menggunakan modem atau koneksi lewat wifi portable smartphone. Selama pelaksanaan ujian koneksi internet dipelukan untuk login, ambil token dan upload data hasil pekerjaan siswa.

Untuk masalah listrik yang mati selama pelaksanaan ujian kita bisa antisipasi dengan menyediakan diesel atau jenset sebagai sumber tegangan listrik.

Sukseskan UBK/ UNBK 2017
Picture by tjevans - Pixabay

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah terkait dengan troubleshoting aplikasi UNBK. Untuk masalah ini dibeberapa propinsi, kabupaten dan kota saya rasa telah dilakukan sosialisasi terkait troubleshoting aplikasi UNBK. Di kabupaten Madiun sendiri hal ini sudah dilakukan dengan menghadirkan salah satu Proteknas UNBK yang menangani daerah Jawa Timur dan NTT.

UBK adalah hajat besar yang juga harus kita sukseskan. Semoga pelaksanaan UBK tahun ini dapat berjalan dengan lancar.

SUKSESKAN UNBK 2017


No comments:

Powered by Blogger.