Inilah 8 Cara Agar Semangat Ngeblog Anda Tetap Stabil

Seringkali para blogger pemula (seperti saya) mengalami kendala dalam melakukan kegiatan blogging, salah satunya menjaga semangat ngeblog. Bahkan para blogger master pun seringkali juga mengalami masalah ini, terutama apabila blog yang kita miliki kita kelola seorang sendiri.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada perkembangan blog kita. Berpengaruh pada pelanggan blog kita, berpengaruh pada traffik blog kita, dan berpengaruh pada jumlah pendapatan kita (blog yang di monetisasi)

Untuk itu, mengidentifikasi penyebab yang membuat kita malas ngeblog adalah hal pertama yang harus kita lakukan. Banyak sekali sumber masalah yang membuat kegiatan ngeblog kita terbengkalai, khususnya bagi kita-kita yang seorang part time blogger.

Kesibukan kita sehari-hari sesuai profesi kita masing-masing sering kali menurunkan semangat ngeblog. Bisa karena kita sudah terlalu capek, pekerjaan yang menumpuk dan lain-sebagainya.

Nah, untuk itu kita perlu strategi untuk mengelola semangat ngeblog kita.


Berikut ini, saya ingin bagikan tips “8 langkah menjaga semangat ngeblog kita agar tetap stabil”.

Langkah Pertama: Temukan Kembali Tujuan Ngeblog Anda


“Tujuan yang kuat akan memberikan kekuatan pada kita untuk bertindak”, kurang lebih seperti itu.

Oleh sebab itu, temukan kembali tujuan ngeblog Anda. Apakah cuma untuk iseng, cuma untuk menyalurkan hobi, untuk bisnis, atau yang lainnya.

Bagi yang ngeblog dengan latar belakang cuma ingin iseng atau menyalurkan hobi, malas ngeblog tentu bukan masalah.

Tapi, bagi Anda yang ngeblog untuk bisnis, mencari sumber penghasilan lewat internet, malas ngeblog yang menyerang tiba-tiba kemudian mengendap dalam diri kita akan membuat kita semakin jauh dari tujuan.

Untuk itu, temukan kembali tujuan Anda “Mengapa saya ngeblog? Untuk apa saya ngeblog?”

Kalau Anda blogger pemula (seperti saya) yang ingin memperoleh sumber penghasilan dari blog Anda, Anda juga perlu menetapkan kapan ingin mencapai tujuan tersebut.

Sebulan sejak Anda ngeblog, 6 bulan sejak Anda ngeblog, atau sesuai target Anda. Penting juga untuk menentukan “apakah Anda ingin menjadi seorang full time blogger atau seorang part time blogger”

Setelah merenung untuk menemukan kembali tujuan ngeblog Anda, kemudian tuliskan dalam selembar kertas dan tempel di tempat yang sering Anda lihat. Kalau tujuanannya banyak mungkin boleh juga di buat buku ya? Hehe…

Langkah Kedua: Temukan Penyebab Anda Tidak Semangat Ngeblog


Nah, setelah Anda menemukan kembali tujuan ngeblog Anda, kemudian temukan sumber masalah yang menyebabkan Anda tidak semangat ngeblog.

Sekali lagi coret-coret di kertas, tulis, buat daftar “penyebab saya tidak semangat ngeblog” kemudian cocok kan dengan tujuan Anda. Apakah sudah sejalan atau belum?

Misal….

Anda menemukan bahwa Anda tidak semangat ngeblog karena jumlah pengunjung blog Anda tidak bertambah-tambah, bahkan nyaris tidak ada pengunjungnya.

Padahal, tujuan ngeblog Anda adalah untuk mencari sumber penghasilan tambahan di luar aktifitas Anda sehari-hari.

Hal tersebut tentu tidak selaras, dan harus Anda perbaiki.

Banyak sekali sumber masalah yang membuat kita malas ngeblog bergantung pada kondisi Anda masing-masing.

Langkah Ketiga: Buat Daftar Solusi


Nah, ini adalah kelanjutan dari langkah kedua “buat daftar solusi”. Lagi-lagi pada langkah ini Anda harus nyoret-nyoret di selembar kertas. Agar lebih mudah…

Berikut ini saya beri contoh tabel “masalah dan solusi” untuk mengetahui penyebab Anda tidak semangat ngeblog dan mencari solusinya.
Inilah 8 Cara Agar Semangat Ngeblog Anda Tetap Stabil

Langkah Keempat: Rencanakan Target


Selain membuat daftar tujuan, kemudian daftar masalah dan solusinya, Anda juga perlu membuat target bulanan, tahunan, dan lain sebagainya.

Misal, dari contoh diatas tentang pengunjung yang tidak bertambah.

Anda bisa membuat target berapa lama Anda akan belajar dan mencari info ”tips meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda” termasuk cara paling efektif untuk mempelajarinya.

Nah, tidak kalah penting tentukan juga bagaimana Anda ingin belajar. Secara autodidak ataukah mencari tutor.

Setelah itu, Anda juga harus membuat target, kapan Anda akan mengeksekusi ilmu yang sudah Anda dapatkan.

Langkah Kelima: Bekerja Secara Team


Dalam hal blogging, apabila Anda ingin monestisasi blog Anda cobalah untuk bekerja dalam team. Hal ini, cukup efektif untuk menjaga semangat ngeblog Anda agar tetap stabil. Bila satu loyo yang satu bisa mengingatkan.

Keuntungan lain ketika Anda ngeblog secara team, Anda akan lebih mudah mengelola blog Anda dan blog Anda akan lebih terperhatikan.

Langkah Keenam: Ngeblog Seperti Mandi (Evaluasi)


Nah, apa hubungannya ngeblog sama mandi?

Justru inilah yang membuat semangat ngeblog Anda tetap terjaga.

Maksud saya, “mandi” disini adalah membangun semangat dalam diri seperti orang mandi yang dilakukan secara rutin dan berulang-ulang.

Belum paham juga saya…

Oke saya ulangi….

Maksudnya, dengan mandi kita bisa membersihkan kotoran yang melekat dalam tubuh kita dan menyegarkan kembali tubuh kita.

Nah itu, maksud saya ! Silahkan Anda tafsirkan sendiri. Hehe…

Mungkin ini sebenarnya intinya!

Langkah Ketujuh: Istirahat Sejenak


Bila semangat ngeblog Anda berkurang karena jenuh, bosan, lelah, maka berhentilah sejenak.

Karena itu adalah hal yang wajar!

Bosan, semangat berkurang, jenuh adalah sifat kejadian manusia. Artinya bisa terjadi dan pasti terjadi pada siapa saja.

Untuk itu, cobalah berhenti sejenak dan refresh kembali diri Anda.

Bisa dengan jalankan rutinitas lain untuk beberapa waktu atau melakukan berbagai cara Anda sendiri untuk menghilangkan kejenuhan, kebosanan dan kehilangan semangat Anda.

Langkah Kedelapan: Tanyakan pada diri Anda “Apakah ini yang saya inginkan?”


Melakukan sesuatu yang kita setengah-setengah atau tidak ingin kita lakukan adalah hal utama yang membuat kita tidak semangat melakukan sesuatu.

Termasuk blogging.

Kalau enam langkah diatas telah Anda coba dan Anda tetap tidak semangat atau semangat Anda lebih sering down, tanyakan pada diri Anda:

“Apakah ini yang saya inginkan?”

Kalau ternyata Anda menemukan bahwa yang Anda lakukan ternyata sesuatu yang bukan Anda inginkan atau berat Anda lakukan…

Ya sudah “Tinggalkan saja” atau “tetap lakukan dengan tujuan dan target yang harus Anda turunkan”

Kalau Anda menemukan jawaban “Inilah yang saya inginkan” pasti Anda akan menemukan semangat Anda kembali dan Anda akan lebih mudah untuk mengelola semangat Anda agar tetap stabil.

Nah, demikian tadi 8 cara agar semangat ngeblog Anda tetap stabil.

Perlu menjadi catatan!

Stabil yang saya maksud bukan berarti terus berada di atas, memiliki semangat yang menggebu-nggebu dan tinggi.

Stabil yang saya maksud dalam hal ini adalah semangat yang fluktuasinya wajar dan dapat segera diatasi dengan pengelolaan yang tepat dan baik.

Kehilangan semangat biasa dan bisa terjadi pada siapa saja, tapi menjaga diri dan mengelola semangat kita ketika sedang down disinilah yang penting untuk kita lakukan.

Dan inilah sebenarnya maksud utama saya paparkan diatas, yaitu:

“Cara mengatasi ketika semangat ngeblog kita menurun agar kembali naik dan bisa stabil dengan flustuasi semangat yang wajar dan bisa segera teratasi apabila terjadi penurunan”

Ini hanyalah cara saya, tentu banyak sekali cara lain yang bisa Anda lakukan.

Yang jelas sesuaikan dengan kondisi dan sumber masalah Anda.


Simpulan:


Seringkali kita mengalai kejenuhan dalam melakukan kegiatan ngeblog.

Hal tersebut wajar, yang penting kita harus segara tanggap dan cepat mengatasi penurunan semangat itu.

Bukan hanya dalam hal ngeblog, dalam hal lain dari kehidupan kita, kita juga harus cepat dan tanggap untuk segeran mengatasi penurunan semangat kita dalam menggapai mimpi.

Semangat berkarya sobat blogger Indonesia….

Heru Satria
Heru Satria Menjadi Blogger sejak 2009. Saat ini sedang fokus mengembangkan minat dibidang bisnis dan digital marketing.