Cara Mendapatkan Customer di Internet dengan Cepat, Mudah dan Efektif di Tahun 2018 ini

Bagaimana cara meningkatkan omset bisnis kita? Berbicara tentang omset, tentu kita juga harus berbicara tentang customer karena keberadaan customer sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya omset yang akan kita dapatkan.

Suatu produk, sebagus apapun itu, namun bila kita tidak memiliki customer tentu akan sia-sia saja.

Nah, yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan customer tersebut? Langkah-langkah seperti apa saja yang harus kita lakukan?

Saat ini, kita sedang berada di era teknologi yang sedang berkembang dengan sangat pesat sekali. Di bidang teknologi informasi khususnya, internet tidak hanya sekadar sebagai media hiburan, media bersosialisasi, dan media sumber informasi. Namun, dunia internet kini sudah menjadi salah satu pasar bisnis yang memiliki prospek sangat besar sekali.

Di internet, anda akan bisa menemukan berbagai orang dengan berbagai kepentingan, mulai mencari hiburan, mencari informasi, belajar, dan mempromosikan bisnisnya. Semuanya kini telah ada di internet.


Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia

Sekarang mari kita lihat, berapa banyak jumlah pengguna internet di Indonesia? Populasi penduduk kita saat ini mencapai 262 juta orang. Berdasarkan laporan teranyar dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), lebih dari 50% atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet di sepanjang tahun 2017 (lihat sumber). APJII juga menyebut bahwa pengguna internet di Indonesia juga bertumbuh 15% dari tahun-ketahun.

Mengerti perilaku para pangguna internet juga merupakan hal yang penting sebagai acuan untuk melakukan pemasaran secara online, sehingga kita bisa mendapatkan customer secara tertarget, cepat dan efektif.

Data Perilaku Pengguna Internet di Indonesia

Sekarang mari kita lihat juga, apa saja yang dilakukan oleh orang-orang Indonesia di internet?

Masih mengambil data dari APJII, diperingkat pertama, sebanyak 89,35% pengguna internet Indonesia saling berkomukasi dan berinformasi via layanan instan seperti WhatsApp, Line, dan telegram.

Diperingkat kedua, sebanyak 87,13% berjejaring sosial seperti menggunakan instagram, twitter, path, facebook dan lain sebagainya.

Kemudian sebanyak 74,84% pengguna internet Indonesia mengakses mesin pencari atau biasa di sebut search engine, seperti Google, Bing, dan lain sebagainya. Namun, yang lebih dominan dipakai adalah Google. (lihat sumber)

Cara Mendapatkan Customer di Internet dengan Cepat, Mudah dan Efektif di Tahun 2018 ini

Lihatlah data-data diatas, itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa para pelaku bisnis, khususnya pelaku bisnis online memaksimalkan ketiga kategori diatas sebagai salah satu alat promosi yang efektif, yaitu:
  1. Aplikasi komunikasi, seperti whatsapp, telegram, dan lain sebagainya.
  2. Jejaring Sosial, seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya.
  3. Search Engine, seperti google, bing, yahoo dan lain sebagainya.

Sekarang setelah mengetahui 3 hal yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia saat ini, anda tentu sudah bisa menyimpulkan seberapa besar peluang bisnis atau produk anda bisa di temukan / dipromosikan / di cari melalui aplikasi komunikasi, jejaring sosial dan search engine bukan?

Kesimpulannya, bila anda ingin mendapat customer secara cepat, mudah dan efektif di tahun 2018 ini sebagai salah satu harapan dan resolusi pemasaran bisnis anda, maka anda harus memaksimalkan penggunaan aplikasi komunikasi, situs jejaring sosial dan search engine sebagai sarana promosi bisnis anda. Mari kita bahas satu persatu...

1. Promosi Via Aplikasi Komunikasi

Aplikasi komunikasi yang banyak digunakan untuk promosi bisnis saat ini adalah whatsapp, telegram dan BBM. Namun, whatsapp menurut saya menjadi alat promosi yang paling efektif diantara beberapa aplikasi komunikasi lainnya.

Anda bisa menggunakan status whatsapp untuk promosi, maupun berkirim pesan kepada calon custemer anda.

Hal penting yang harus anda lakukan untuk melakukan pemasaran via alat komunikasi adalah database calon custumer anda. Untuk itu mulai mengumpulkan sebanyak mungkin database berupa nomor whatsapp, pin BB maupun telegram calon custemer anda.

2. Promosi Via Jejaring Sosial

Facebook dan telegram nampaknya menjadi jejaring sosial paling efektif yang bisa anda gunakan untuk promosi secara digital. Dengan menggunakan instagram, bahkan anda bisa seperti memiliki toko online sendiri secara gratis.

Tentu untuk menerapkan cara ini anda harus memiliki banyak teman facebook maupun banyak follower instagram. Semakin banyak anda terhubung dengan orang lain melalui situs jejaring sosial ini dan semakin anda memahami bagaimana perilaku dan strategi dalam melakukan pemasaran melalui jejaring sosial, maka akan semakin besar peluang anda mendapat custemer dari internet.


3. Promosi Via Search Engine

Dengan search engine anda bisa promosi bahkan secara gratis. Namun, anda perlu mengerti tentang website dan SEO apabila anda ingin mempromosikan bisnis anda dengan cara ini.

Telah banyak yang terbukti berhasil sukses mengembangkan bisnis mereka dan mendapatkan kenaikan omset yang berlipat-lipat melalui internet marketing atau digital marketing.

Bila anda benar-benar ingi belajar tentang bagaimana Mendapatkan Customer di Internet dengan Cepat, Mudah dan Efektif, saya merekomendasikan DUMETschool kepada anda sebagai salah satu tempat belajar Digital Marketing anda, karena telah terbukti banyak alumninya yang berhasil menjadi profesional. Apakah anda menginginkan harapan bisnis anda meningkat di tahun ini benar-benar terwujud? Take Action Sekarang Juga!


Semoga bermanfaat...

3 komentar

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA