Ads Top

Cara Membuat Tulisan (Text) Berjalan pada Power Point

Pernahkah Anda melihat iklan berjalan yang biasanya terlihat di televisi Anda? Nah! Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat tulisan (text) berjalan pada power point. Anda penasaran bukan bagaimana cara membuatnya? Pasti, kalau tidak Anda tidak akan sampai di tutorial saya ini.

Caranya sebenarnya sangat mudah kita hanya akan menggunakan dua tulisan panjang yang di tumpuk dimana setiap tulisan tersebut kita beri animasi. Animasi nya pun juga tidak banyak, kita hanya memerlukan dua animasi yaitu fly in dan fly out kemudian diatur dengan sedemikian rupa hingga dapat menghasilkan sebuah animasi text berjalan pada power point Anda.

Oke, langsung saja kita mulai tutorialnya…

Pertama Anda buka slide power point Anda kemudian buatlah dua tulisan yang sama seperti gambar dibawah ini. Untuk membuat tulisan yang sama Anda cukup membuat satu tulisan kemudian copy dan paste tulisan tersebut.


Perhatikan! Tulisan harus memenuhi lembar slide, tidak boleh kurang. Perhatikan juga agar tidak terlalu panjang. Berikutnya, beri animasi pada tulisan yang atas: Klik Animations – Fly In – Effect Option, From right.


Sekarang beri animasi tulisan kedua (bawah): Klik Animations – Fly out –  Effect Options – To left.


Langkah selanjutnya, kita akan ubah pengaturan animasinya di animation pane. Bila pada lembar kerja power point Anda belum ada animation pane maka Anda dapat menampilkannya dengan cara klik Animation Pane pada tabs Animations.


Kalau sudah, blok semua tulisan kemudian klik arah bawah seperti ditunjukkan oleh kursor pada gambar berikut.


Setelah itu pilih timing.


Pada “Effect Options – Timing” ubah pengaturannya sebagai berikut:
  • Start : With Previous
  • Delay: 0 seconds
  • Duration: 15 seconds
  • Repeat: Until end of Slide
Setelah itu klik OK. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.


Oke, pengaturan animasinya sudah jadi. Sekarang kita akan menumpuk kedua tulisan menjadi satu. Anda bisa melakukan secara manual dengan menggeser salah satu tulisan kemudian menumpuknya atau menggunakan cara berikut: Klok kedua tulisan – Klik Format – Align – Pilih Align Center. Ulangi langkah yang sama kemudian pilih Align – Middle.


Hasilnya akan nampak seperti berikut ini.


Nah! Sudah jadi. Sekarang silahkan Anda slide show untuk mengetes hasilnya.

Demikian tadi tutorial cara membuat tulisan berjalan. Mudah bukan? Bila Anda masih bingung dan ada yang ingin Anda tanyakan silahkan tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Anda juga dapat melihat tutorial ini dalam seri video tutorial power point di channel youtube Kelasnya Kak Dirman atau klik disini untuk melihat langsung video tutorialnya. Sekarang saatnya Anda mencoba dan berkreasi semaksimal mungkin untuk menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Selamat, belajar, selamat mencoba, dan selamat berkreatifitas. Terimakasih telah mengunjungi blog ini dan semoga bermanfaat…



No comments:

Powered by Blogger.