Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengembalikan Menu Komentar di Dashboard Blog yang Hilang

Beberapa hari yang lalu saya sempat sedikit panik karena menu komentar di dashboard blog saya menghilang entah kemana. Akhirnya saya putuskan untuk cari-cari informasi di sana-sini. Apakah Anda juga sedang mengalami hal yang sama?

Saya pikir waktu itu blogger.com sedang mengubah struktur tampilannya menjadi baru. Saya juga sempat berpikir bahwa mungkin blogger.com sedang error. Tapi celakanya, hal itu saya alami sesaat setelah saya melakukan moderasi terhadap komentar di blog saya dari orang bule.



Eh, apa ini blog saya di hack ya?

Setelah mengumpulkan beberapa informasi ternyata sumber masalahnya sangat sepele sekali. Sebelumnya saya tunjukkan bilah komentar yang hilang di dashboard blog saya.


Setelah berselancar ke blog-blog lain ternyata sumber masalahnya adalah saya pernah melakukan perubahan di setelan pos, komentar dan berbagi blog saya. Saya sendiri baru sadar beberapa minggu ketika cek komentar masuk untuk di publish. Saya kaget ternyata menu komentar dan komentarnya hilang. Kok ndak ada? Selain itu komentar dibawah blog juga hilang "entah raib kemana?".

Ternyata bukan karena di hack atau blogger lagi error. Sumber masalahnya ternyata ada pada ini.


Saya sempat mengubah dan memilih "Ya" pada setelah Komentar Google+ blog saya. Lihat pada gambar diatas. Nah, sejurus kemudian saya ubah menjadi "Tidak" kemudian saya simpan setelannya dan ternyata. Alhamdulillah, menu komentar di blog saya muncul lagi. Komentar-komentar di blog saya juga muncul lagi di bawah posting.

Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir bila mengalami hal serupa dengan saya. Blog Anda juga sedang tidak di hack, di hapus oleh pihak google dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, silahkan lihat di setelan blog Anda seperti gambar diatas tadi. Bila Anda pernah mengubahnya menjadi "Ya" pada setelannya, ubah kembali menjadi "Tidak". Beres deh, menu komentar Anda akan muncul lagi...

Bagaimana? Sudah bisa? Oke, demikian dulu sharing pengalaman saya ini tentang cara memunculkan kembali menu komentar yang hilang di dashboard blog. Semoga bermanfaat...
Heru Satria
Heru Satria Menjadi Blogger sejak 2009. Saat ini sedang fokus mengembangkan minat dibidang bisnis dan digital marketing.