Inilah 7 Ciri Konten yang Berpotensi Viral, No. 4 dan 5 Paling Powerfull !!!

Salah satu strategi yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan traffik blog anda adalah membuat konten viral. Konten viral juga merupakan elemen penting yang harus anda persiapkan bila ingin menjalankan strategi viral marketing.

Membuat konten viral nyatanya tak semudah membalikkan telapak tangan, namun dengan ketelatenan dan keuletan serta latihan yang terus menerus, saya yakin anda pasti bisa membuatnya.

Bila anda memiliki dana lebih, tentu menyediakan konten viral ini untuk strategi marketing anda bukan perkara sulit, karena anda bisa menyewa seorang penulis atau membeli artikel dari jasa penulis. Bila anda belum memiliki dana yang cukup, anda harus belajar terlebih dahulu bagaimana cara membuat konten viral.

ciri konten viral

Sebelum anda membuat konten viral, lebih baik anda ketahui terlebih dahulu beberapa ciri konten yang berpotensi viral sebagai berikut:

1. Membahas Topik yang Baru dan Segar

Orang cenderung menyukai sesuatu yang baru, cobalah buat konten yang masih baru dan segar. Bila anda ingin memviralkan konten anda melalui facebook, cobalah anda amati, apa yang paling banyak dibicarakan oleh teman-teman facebook anda dan topik baru apa yang sekiranya akan menarik mereka untuk melihat konten anda.


2. Konten yang Melawan Arus

Ciri konten yang berpotensi viral lainnya adalah konten yang melawan arus. Coba anda lihat tentang konten video viral tentang "bumi datar". Konsep ini tentu berlawanan dengan kebanyakan konsep yang dipahami dan diajarkan kepada manusia pada abad ini.

Ini hanya contoh, terlepas apakah bumi berbentuk datar atau bulat, cobalah anda amati para penganut bumi datar akan membela mati-matian teori yang mengunggulkan kebenaran tentang bumi datar, begitu pun sebaliknya, para penganut bumi bulat akan membela mati-matian teori bumi bulat.

Contoh konten yang melawan arus lainnya adalah bila anda biasanya membaca tentang manfaat konsumsi buah apel, maka anda bisa membuat artikel tentang bahaya mengkonsumsi buah apel.

Ingat, setiap koten yang anda buat harus disertai data yang valid dan benar. Jangan hanya karena konten anda ingin viral, anda membuat konten hoax.

3. Membahas dengan Mendalam Disertai Data yang Kuat

Ciri konten yang berpotensi viral berikutnya adalah konten yang membahas sesuatu yang mendalam dan disertai data yang valid, terbaru, serta data yang kuat.

Dengan pembahasan yang lengkap dan mendalam, konten anda akan mudah direkomendasikan kepada orang lain untuk dipelajari.

4. Memiliki Judul yang Mampu Memainkan Emosi Pembaca

Judul sangat berpengaruh pada tingkat rasa ingin tahu pembaca, untuk itu menentukan judul yang tepat dan mampu membuat penasaran seseorang sangat penting bila anda ingin membuat konten viral.

Coba anda perhatikan dua contoh judul berikut:
  1. 10 Tempat Paling Horor di Indonesia
  2. Inilah 10 Tempat Paling Horor di Indonesia, Lebih Horor dari Tempat Paling Horor di Dunia
Judul manakah yang lebih membuat penasaran? tentu judul yang kedua bukan?

Contoh lain judul yang mampu memainkan emosi pembaca adalah sebagai berikut:
  1. 10 Fakta tentang Kondisi Kalaparan di Asmat, Nomor 5 Bikin Wartawan Indonesia Menangis
  2. 5 Hal Buruk yang Bisa saja Terjadi Saat Anda Tidur, yang Terakhir Sering Tidak Anda Waspadai
Beberapa judul diatas hanyalah contoh, anda bisa mempelajari cara membuat judul konten yang menarik agar konten anda mampu mengundang rasa penasaran orang lain.

5. Memiliki Isi yang Mampu Memainkan Emosi Pembaca

Judul yang mampu memainkan emosi pembaca saja tidaklah cukup. Inti dari apa yang ingin anda capai dalam membuat konten viral adalah isi kontennya, apalagi bila anda bertujuan ingin menjual sesuatu dalam konten anda.

Misal, anda membuat judul konten tentang "Pengalam Buruk 10 Wanita ini dapat Menjadi Pelajaran Bagi Anda untuk Memilih Merek Kosmetik yang Aman Digunakan", maka dalam artikel tersebut anda dapat menjelaskan betapa 10 wanita itu harus bejuang keras untuk kembali normal setelah salah memilih merek kosmetik yang salah hingga akhirnya mereka memilih kosmetik merek tertentu yang lebih aman dipakai.

Beberapa emosi pembaca yang bisa anda gunakan agar konten anda semakin viral adalah:
  1. Rasa Senang/Bahagia
  2. Rasa Takut
  3. Perasaan Sedih
  4. Perasaan Ingin Membela
  5. dan lain sebagainya
Untuk bisa membuat konten yang baik tentu anda harus belajar tentang cara membuat konten yang baik terlebih dahulu dan semua itu bisa anda latih dengan konsistensi.

6. Mampu Memberikan Solusi atas Permasalahan Banyak Orang

Ciri konten yang berpotensi viral berikutnya adalah konten yang mampu memberikan solusi atas permasalahan orang. Misal, video tentang cara reparasi HP sendiri, video tutorial memasak, video tutorial makeup dan lain sebagainya.

7. Konten Kreativitas

Konten kreativitas juga merupakan salah satu konten yang berpotensi viral, misal video DIY, video cara mengukir buah, video melukis, video membuat mainan untuk anak, dan lain sebagainya.

Nah, demikian tadi beberapa ciri konten yang berpotensi viral. Ingat bahwa jangan sekali-kali membuat konten hoax hanya karena konten anda ingin viral. Buatlah konten yang berkualitas, bermanfaat dan mampu memecahkan permasalahan orang lain. Bila menurut anda masih ada ciri konten viral yang lain silahkan anda tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat...

2 komentar

  1. bagus juga sebenarnya gan konten viral ini, tetapi terkadang yg viral setau saya kesannya aneh gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, saat ini memang masyarakat kita cenderung memviralkan sesuatu yg "gimana-gimana gitu". Haha... Tapi banyak juga kok konten-konten kreatifitas dan mendidik yang viral...

      Hapus

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA