Ads Top

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Mixed Content di Blogger Setelah Setting HTTPS

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Mixed Content di Blogger Setelah Setting HTTPS
Pada postingan sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara mengubah HTTP menjadi HTTPS untuk pengguna custom domain pada blogger. Setelah melakukan perubahan HTTP ke HTTPS beberapa blog mengalami Mixed Content atau konten campuran. Sebelum membahas cara mengatasi mixed content di blog ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apakah itu Mixed Content.

Error mixed content atau eror konten campuran adalah eror yang terjadi ketika laman mengunduh konten awal HTML-nya dengan aman melalui HTTPS, namun kemudian memuat konten selanjutnya melalui HTTP yang tidak aman. Eror browser ini dapat menurunkan keamanan HTTPS dan pengalaman pengguna blog anda.

Apa tanda-tandanya telah terjadi mixed content di blog Anda? Tanda paling mudah dikenali adalah coba anda lihat di address bar web browser anda. Apabila tidak ada gambar gembok hijau di samping url blog anda atau warna HTTPS-nya abu-abu maka masih terjadi mixed content di blog anda. Perhatikan gambar berikut!

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Mixed Content di Blogger Setelah Setting HTTPS

Untuk memeriksa error mixed content di blog saya sarankan anda menggunakan browser Chrome, karena kebetulan saat saya mencoba memeriksa mixed content blog saya, saya menggunakan chrome dan pada tutorial ini saya jelaskan dengan menggunakan chrome pula. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa dan memperbaiki mixed content di blog Anda.

1. Buka blog anda di web browser Chrome. Jangan lupa gunakan HTTPS.
2. Klik Kanan kemudian pilih Inspect. Setelah itu pilih tab Console seperti pada gambar dibawah.

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Mixed Content di Blogger Setelah Setting HTTPS

Maksud dari eror diatas kurang lebih seperti ini:

Konten campuran: Laman di 'https://.com/' dimuat melalui HTTPS, namun telah meminta skrip tidak aman 'http:///script.js'. Permintaan ini telah diblokir; konten harus disajikan melalui HTTPS.

Pada kasus diatas laman meminta skrip tidak aman dari url feedburner tanpa menggunakan HTTPS. Langkah perbaikan yang saya lakukan adalah mengubah url feedburner menjadi menggunakan HTTPS di Edit HTML blogger. Periksa semua error yang terjadi kemudian perbaiki satu persatu hingga tidak ada lagi error.

Sangat mudah bukan? Bila masih kesulitan silahkan anda kirim pertanyaan melalui kolom komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.