Mulai Hari ini Topik Pendidikan akan Saya Masukkan dalam Bahasan di Blog ini

Seperti yang sudah anda ketahui, dalam blog ini sebelumnya saya banyak membahas tentang blogging, motivasi, komputer, dan bisnis. Pada saat ini saya memutuskan untuk juga memasukkan topik pendidikan ke dalam salah satu bahasan yang akan banyak saya tulis di blog ini nantinya.

Mengapa hal ini saya lakukan? Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya saya paling bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan. Sebagai seorang guru di salah satu sekolah menengah atas tentu membuat saya begitu dekat dengan dunia pendidikan ini, namun pada beberapa waktu, hal-hal yang terkait dengan pendidikan sangat jarang saya bahas dalam artikel-artikel saya di blog ini.

Alasan lain adalah karena sudah saatnya saya untuk upgrade ilmu. Saat saya menulis artikel ini istri saya sedang mengandung anak saya yang pertama dengan usia kehamilah yang sudah masuk 8 bulan. Jadi, sebentar lagi saya akan menjadi seorang ayah, orang tua dari anak-anak saya.

Disinilah saya harus mulai kembali belajar dalam memegang peran sebagai orang tua dan pendidik, mengingat menjadi orang tua tidak ada sekolahnya, sehingga kita yang harus secara aktif mencari dan upgrade ilmu kita secara berkala untuk memberikan dasar-dasar pendidikan yang baik kepada anak.

Beberapa hari terakhir kita juga sempat dihebohkan dengan seorang guru di Madura yang meninggal setelah dipukul oleh siswanya sendiri. Dalam beberapa post di media sosial juga sempat viral sekelompok siswa berpakain abu-abu putih yang berjoget secara tidak patut. Tentu hal-hal semacam ini tidak boleh luput dari perhatian kita sebagai orang tua dan tenaga pendidik di instansi-instansi pendidikan.

Hal ini pula yang kemudian mendorong saya untuk turut berkontribusi dengan semampu yang saya lakukan untuk perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui, blog ini saya nantinya akan menuliskan opini-opini saya seputar pendidikan, mempelajari serta sharing tentang bagaimana sebuah gambaran pendidikan yang ideal untuk diterapkan dalam sebuah bahasan yang akan saya usahan sangat sederhana dan mudah dipahami sehingga siapapun dapat membaca dengan tanpa terbelenggu oleh formalitas keilmuan.

artikel pendidikan heru satria

Kunci Kemajuan Suatu Bangsa ada pada Sumber Daya Manusianya

Sebuah negara yang ingin maju di segala bidang tentu harus bisa memanagement sumber daya manusia nya. Artinya, manusianya harus benar-benar di siapkan dan dibangun sesuai dengan tingkat potensi masing-masing individu.

Tidak bisa suatu negara menjadi maju apabila manusianya memiliki kemampuan yang seragam, karena untuk membangun sebuah negara yang maju di segala bidang kita memerlukan sumber daya manusia yang menguasai berbagai bidang pula.

Sering kali dalam kehidupan sehari-hari, alam bawah sadar kita secara tidak disadari digiring untuk menuju kepada keseragaman. Misal, sering kita mendengar beberapa orang tua menyuruh kita untuk belajar secara tekun dan serius di pendidikan formal agar nanti dapat memiliki pekerjaan yang bagus. Namun, nyatanya keberhasilan dalam menempuh pendidikan formal tidak serta merta akan membuat seseorang benar-benar menjadi sukses. Hanya beberapa saja yang akan benar-benar sukses.

Hal yang saya sebutkan diatas terjadi karena motivasi belajar dari setiap individu berbeda. Kita tidak bisa memaksa kelinci untuk terbang seperti burung, demikian pula memaksa burung untuk menggali tanah.

Yang harus kita lakukan adalah menjadikan kelinci menjadi semakin mahir untuk menggali dan berlari, serta membuat burung semakin mahir untuk terbang. Paradigma pendidikan seperti inilah yang kemudian harus mulai kita bangun dari dalam keluarga kita masing-masing, karena kesadaran pendidikan itu harus muncul dari dalam keluarga.

Semoga kedepan saya bisa konsisten dan lebih mendalam lagi dapat membahas segala sesuatu yang terkait dengan perbaikan paradigma pendidikan kita. Nantikan artikel-artikel saya berikutnya...

4 komentar

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA