Kumpulan Bank Soal Fisika SMA pdf (Free Download)

Pada kesempatan ini saya akan membagikan kumpulan bank soal fisika SMA lengkap yang bisa kalian download secara gratis dalam format pdf. Dengan mendownload kumpulan bank soal fisika pdf ini semoga dapat membantu kalian dalam berlatih soal-soal fisika sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar kalian.

Dalam belajar fisika, berlatih sebanyak mungkin soal merupakan cara terbaik dalam melatih keterampilan kalian dalam menyelesaikan soal-soal fisika baik untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) maupun dalam menghadapi kompetisi olimpiade sains.

Untuk bapak/ibu guru yang ingin mendownload bank soal fisika ini, semoga dapat membantu anda dalam memberikan latihan soal fisika kepada peserta didik bapak /ibu guru di sekolah.

Soal-soal yang terdapat dalam bank soal ini saya ambil dari berbagai sumber, termasuk dari soal-soal ujian nasional dan soal-soal olimpiade. Untuk mendownload bank soal fisika SMA ini dalam format pdf silahkan anda ikuti link berikut:
  1. Download Bank Soal Fisika Materi Gejala Gelombang - Download
  2. Download Bank Soal Fisika Materi Gelombang Bunyi - Donwload
Bank soal lain akan segera saya update...

Bank Soal Fisika SMA pdf

Selain memberikan kumpulan bank soal fisika, pada kesempatan ini saya juga akan memberikan beberapa tips dalam berlatih soal fisika.

1. Mulailah dari Membaca Materi/ BAB yang ingin Kalian Kuasai

Dalam belajar apapun "membaca" adalah bagian penting dalam setiap upaya belajar. Jangan malas untuk banyak membaca. Carilah buku-buku yang relevan dengan materi yang ingin kalian pelajari. Semakin lengkap referensi buku kalian akan semakin bagus dan semakin banyak pengetahuan yang akan kalian peroleh.

Carilah kunci atau pokok utama dari apa yang kalian baca. Cobalah juga untuk menurunkan persamaan-persamaan fisika. Cobalah secara aktif memunculkan rasa ingin tahu kalian "asal suatu persamaan" kemudian silahkan kalian coba cari dari referensi-referensi buku kalian atau dengan berdiskusi bersama orang yang menurut kalian mampu.

2. Carilah Contoh Soal dari Tiap Materi

Setelah membaca materi yang ingin kalian pelajari, carilah contoh-contoh soal dan penyelesaiannya. Lihatlah pola pengerjaannya. Setelah itu, cobalah untuk mengerjakan ulang tanpa melihat pembahasa soal tersebut. Bila lupa, kalian bisa melihat kembali, kemudian menutup pembahasannya dan meneruskan untuk mengerjakan sendiri.

3. Cobalah Mengerjakan Soal secara Bertingkat dari Tipe Soal yang Mudah hingga Soal yang Sulit

Carilah soal-soal fisika baik dari buku maupun dari internet. Cobalah mengerjakan dari tipe soal yang mudah hingga tipe soal yang sulit. Untuk satu tipe soal, carilah beberapa soal soal serupa (misal 10 soal) kemudian silahkan kalian kerjakan dan amati pola pengerjaanya.

4. Berlatihlah secara Berulang-Ulang

Bagian ini merupakan bagian yang biasanya cukup sulit di terapkan oleh sebagian siswa yaitu "berlatih secara berulang-ulang". Saya ingin menyampaikan bahwa ada dua perbedaan mendasar antara kalian dengan guru kalian, yaitu (1) Kalian seringkali tidak mempelajari terlebih dahulu sehingga tidak tahu, sementara guru kalian sudah mempelajari dan tahu lebih dahulu, (2) Kalian tidak mengulang-ulang, sementara guru kalian mengulang-ulang.

5. Diskusikan Soal-Soal yang Menurut Kalian Sulit Bersama Teman Kalian

Adakalanya kalian akan menemukan kendala saat mengerjakan soal fisika. Jangan langsung bertanya kepada guru, cobalah kalian diskusikan dengan teman kalian terlebih dahulu.

6. Tanyakan Kepada Guru Kalian Bila Ada Soal yang tidak bisa Kalian Selesaikan

Bila setelah berdiskusi dengan teman kalian ternyata kalian masih belum dapat menyelesaikan soal tersebut, cobalah kalian tanyakan kepada guru kalian disekolah atau guru les kalian.

7. Belajar Sambil Mengajar

Bagaimana maksudanya? Cobalah sekali waktu kalian mencoba mempelajari suatu materi dan soal. Kemudian ajarkan kepada teman kalian. Dengan mengajarkan kalian akan lebih mengerti dan memahami apa yang sudah kalian pelajari.

Nah, demikian tadi kumpulan bank soal fisika pdf lengkap dan beberapa tips berlatih soal fisika yang bisa kalian coba untuk kalian terapkan. Kunci dari belajar adalah rasa ingin tahu yang dibarengi dengan semangat belajar yang tinggi. Bila Kalian tidak memiliki semangat belajar yang tinggi akan sulit bagi kalian untuk mempelajari sesuatu. Semoga bermanfaat...

Heru Satria
Heru Satria Menjadi Blogger sejak 2009. Saat ini sedang fokus mengembangkan minat dibidang bisnis dan digital marketing.