4 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Memulai Bisnis

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis sendiri dalam skala menengah maupun besar, memiliki banyak karyawan, bisa membantu perekonomian orang lain (karyawan kita), memiliki pelanggan yang loyal dengan produk kita dan mendapat keuntungan pribadi dari bisnis milik kita, hingga akhirnya kita bisa merasakan kebebasan finansial dari bisnis tersistem yang telah kita bangun?

Saya rasa anda pun juga menginginkan hal yang sama. Memulai bisnis memang bukan perkara yang mudah, namun juga bukan perkara yang sangat sulit. Asalkan anda bisa mengetahui celahnya, itu sudah cukup memberikan peluang kepada diri anda untuk bisa memulai bisnis sendiri.

Banyak pebisnis yang ketika pertama kali mereka membangun bisnisnya harus mengeluarkan banyak tenaga, waktu, pikiran bahkan uang. Ada yang sampai bangkrut ratusan juta bahkan miliaran.

Dunia bisnis memang penuh akan resiko. Saat untung, keuntungan anda bisa jauh lebih besar dari gaji PNS, namun saat rugi anda bisa hanya mendapat nol rupiah bahkan minus sekian rupiah. Ini adalah realita dalam dunia bisnis.

4 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Memulai Bisnis

Untuk itu sangat perlu bagi kita yang ingin terjun kedalam dunia bisnis mempersiapkan diri sebelum akhirnya kita benar-benar terjun ke dalam bisnis. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum memulai bisnis:

1. Keinginan yang Kuat

Percumah banyak ide, percumah banyak modal, selama anda tidak memiliki keinginan yang kuat untuk memulai bisnis, maka saya yakin anda tak akan kunjung memulai bisnis.

Banyak akhirnya pebisnis yang bisa membangun bisnisnya hingga besar lantaran mereka memiliki keingininan yang kuat dengan berbagai macam latar motivasi. Ada yang karena sedang butuh biaya banyak untuk misal anaknya, keluarganya. Ada yang karena sedang dihimpit hutang sehingga harus segera menyehatkan kondisi finansialnya dan lain sebagainya.

Nah, ini hal pertama yang harus anda lakukan, carilah motivasi terbesar anda mengapa anda harus segera memiliki bisnis sekarang juga.

2. Keyakinan

Nyatanya tak semua yang berkeingingan akhirnya bisa membangun bisnis mereka sendiri. Banyak yang berkeinginan namun tak yakin dengan keinginannya sehingga power-nya untuk take action kurang sekali.

Apalagi dunia bisnis itu penuh resiko, penuh tantangan dan penuh ketidakpastian. Nah, untuk itu setelah anda memiliki keinginan yang kuat, kemudian tanamkan pada diri anda suatu keyakinan bahwa anda akan bisa untuk memulai bisnis.

3. Perencanaan

Keyakinan tanpa perencanaan hampir bisa dikatakan sama saja bohong. Hanya yakin saja namun tidak memiliki perencanaan akan memberikan kendala pada diri anda dalam melangkah.

Perencanaan akan menjadi tolok ukur apakah bisnis anda bisa dijalankan sesuai harapan ataukah tidak. Anda perlu memiliki perencaan jangka pendek maupun jangka panjang terkait bisnis anda.

4. Modal

Ada yang mengatakan bisnis bisa tanpa modal. Memang bisnis bisa saja tanpa modal asalkan tau caranya dan harus sesuai dengan bidang bisnisnya. Untuk bisnis tertentu anda tetap memerlukan modal yang bisa jadi jumlahnya tidak sedikit.

Untuk itu, setelah anda mempersiapkan keinginan, keyakinan dan perencanaan, maka mulailah untuk mengumpulkan modal. Bisa dengan menawarkan pada investor dan lain sebagainya.

Oke, demikianlah tadi 4 hal penting yang harus anda persiapkan sebelum memulai bisnis. Menjalankan bisnis memerlukan usaha keras, entah bisnis anda bersifat offline maupun online.

Jangan mudah menyerah dalam menghadapi setiap kendala yang anda alami dalam berbisnis. Seorang pebisnis haruslah seorang yang tangguh, tahan banting dan pembelajar. Semoga bermanfaat...

2 komentar

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA