Langkah Awal Sebelum Mulai Belajar Membuat Blog, Simak Baik-Baik...

Menjadi blogger itu bagi saya sangat menyenangkan, karena selain kita bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada banyak orang, kalau kita mau lebih serius lagi, kita bahkan bisa menghasilkan uang dari kegiatan ngeblog kita.

Nah, mungkin anda juga tertarik mau belajar ngeblog?

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang beberapa langkah awal yang perlu anda lakukan kalau anda ingin mulai belajar menjadi seorang blogger. Silahkan anda simak ya ?


#1 Menentukan Tujuan Anda Belajar Ngeblog


Langkah pertama dan harus anda lakukan adalah menentukan tujuan anda ingin belajar ngeblog, apakah hanya untuk sekedar sharing atau ingin mendapatkan penghasilan dari blog anda.

Menentukan tujuan ini sangat penting karena nanti akan menjadi acuan anda untuk melangkah saat anda telah benar-benar terjun menjadi seorang blogger.

Jadi, apa tujuan anda ingin belajar ngeblog ? Untuk sekedar sharing atau mendapatkan penghasilan ?

#2 Menentukan Nice/Topik Blog


Langkah kedua adalah menentukan nice atau topik blog. Usahakan nice yang anda ambil sifatnya mengerucut dan sesuai dengan passion yang anda miliki.

Misal, anda punya passion di bidang kuliner, maka anda bisa membuat konten tentang tempat-tempat kuliner yang enak dan lain sebagainya.

Pun juga demikian, kalau anda punya passion dan minat di bidangan kecantikan, ya sharing aja tentang tips merawat kecantikan.

Nah, kalau tujuan anda ngeblog adalah ingin mendapatkan penghasilan maka nice yang anda ambil harus sesuai dengan jenis produk atau jasa yang ingin anda jual.


#3 Menentukan Platform Blog


Kalau anda adalah pemula saya sangat menyarankan anda menggunakan platform blogger.com terlebih dahulu untuk belajar membuat blog.

Alasannya adalah karena platform ini menurut saya sangat mudah di gunakan dan sangat murah.

Berbeda kalau anda menggunakan platform seperti wordpress.org yang berbayar karena anda harus membeli hosting dan domain.

Kalau anda menggunakan platform blogger.com, anda akan mendapatkan domain gratis seperti herusatria.blogspot.com. Namun, kalau anda ingin custom domain, anda juga bisa membuat alamat blog anda menjadi semisal www.herusatria.com dengan membeli terlebih dahulu di layanan penyedia domain.

#4 Menulis Artikel


Bagian ini bagi saya adalah bagian tersulit sebenarnya bila dibandingkan dengan sekedar setting penampilan blog kita. Mengapa ?

Tingkat kesulitan ini berbeda bagi setiap orang, bagi yang sudah terbiasa menulis tentu bukan hal yang berat untuk bisa update sesering mungkin. Namun, bila anda baru belajar menulis juga, maka ini akan menjadi bagian yang cukup sulit.

Belum lagi anda harus menjaga konsistensi anda dalam membuat konten untuk bisa terus update dengan intensitas yang sesering mungkin.

Itulah sebabnya saya menyarankan anda untuk memilih satu nice saya sesuai dengan passion anda untuk anda angkat sebagai topik utama blog anda.

Dengan demikian, pekerjaan anda dalam mengelola blog anda akan terasa lebih ringan.

Bila anda membuat blog untuk mendapat penghasilan tentu konten yang anda buat harus memiliki topik/ kaitan yang sama dengan produk atau jasa yang anda jual.

#5 Membangun Interaksi


Sering-sering lah membalas setiap komentar yang ditinggalkan oleh pengunjung blog anda di komentar blog anda. Mengapa ini penting ? Agar terbangun interaksi antara anda dengan pengunjung blog anda.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang harus anda lakukan bila anda ingin mulai belajar membuat blog. Untuk tutorial cara membuat blog di blogger.com akan saya bagian di artikel lainnya. Sukses selalu...

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA