Aduh ! Followers Instagram Jualan Saya Masih Dikit Apa Bisa Laku ya ?

Apa sih sebenarnya tujuan seseorang membeli produk Anda itu ? Tentu karena mereka memerlukan atau menginginkan produk yang Anda jual.


Mau berapa pun jumlah followers yang Anda miliki, jualan anda akan tetap bisa laku asalkan produk anda memang dibutuhkan / diinginkan serta akun Anda terlihat meyakinkan dan profesional.


Tapi, biasanya orang kan lihat jumlah followers juga sebelum beli ? kalau followersnya banyak berarti akunya terpercaya. 


Ya, betul. Anda tidak salah. Beberapa orang memang beranggapan bahwa jumlah followers yang banyak menunjukkan bahwa akun jualan kita terpercaya.


Tapi yang harus Anda catat adalah "jumlah followers bukan satu-satunya yang bisa membuat jualan Anda laku atau tidak laku"


Cara Agar jualan tetap bisa laku meskipun jumlah followrs dikit. Begini caranya...


Banyak sekali faktor yang menentukan apakah jualan Anda akan laku atau belum laku. Salah satunya yang sudah saya sebutkan diawal tadi "Apakah mereka benar-benar butuh ?" Kalau mereka benar-benar merasa "butuh" atau "ingin" mereka pasti akan tergerak untuk setidaknya mengirim pesan kepada Anda menanyakan produk yang Anda jual.


Jualan di instagram itu kuncinya satu, bagaimana akun kita bisa terlihat meyakinkan dan profesional. Nah, itulah tugas Anda ! Mengemas akun anda agar terlihat meyakinkan dan profesional.


Follower itu sebenarnya hanya impact saja. Ketika akun jualan Anda sudah terlihat meyakinkan dan kemudian dipertemukan dengan orang yang relevan dengan produk Anda, pasti mereka akan kepo juga, kalau mereka semakin tertarik mereka pasti juga akan follow.


Cobalah mulai dengan menuliskan bio instagram yang secara jelas menggambarkan bisnis Anda. Setidaknya cantumkan beberapa informasi berikut :

  1. Apa yang Anda jual
  2. Dimana lokasi toko Anda
  3. Cantumkan kontak WA Anda
  4. Tag diri Anda selaku owner dari akun jualan Anda
  5. Call to Action. Sertakan link yang memudahkan calon kustomer anda untuk menemukan kontak wa, akun jualan marketplace Anda dan akun media sosial bisnis Anda yang lain. Semakin Anda mudah ditemukan di platform-pratform jualan yang lain, maka akun jualan Anda akan semakin terlihat meyakinkan.

Berikut contohnya :

Cara Agar Jualan di Instagram Laku meskipun followers baru sedikit

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan "sorotan" di akun jualan Anda untuk lebih meyakinkan calon customer Anda. 

Kalau Anda sudah pernah menjual sebelumnya jangan lupa upload testimoni, paket barang, chat-chat dengan customer Anda dan sebagainya. Syukur kalau Anda punya toko offline, upload juga penampakan toko offline Anda dan tampilkan di sorotan akun instagram Anda. Maka akun jualan Anda akan tampil lebih meyakinkan.

Kalau dropship bagaimana ? Bangun komunikasi yang baik dengan supplier Anda. Cobalah minta ijn untuk menggunakan testimoni dari suplier Anda di awal-awal jualan, kalau diperbolehkan minta ijin juga untuk upload foto gudang barang dan sebagainya. Intinya, gimana lah kreatifitas Anda untuk membuat tampilan akun jualan Anda meyakinkan.

Apakah itu sah ? Sah saja, bahkan beberapa supplier sengaja memberikan bukti-bukti testimoni untuk digunakan dropshipper agar mereka lebih meyakinkan dalam berjualan. Dalam hal ini Anda adalah perpanjangan tangan dari supplier anda.

Yang terpenting adalah, jangan sampai Anda berbohong seperti membuat testimoni palsu dan sebagainya. Sedikit tapi berkah jauh lebih baik, dari pada banyak tapi ndak berkah. Nikmatilah prosesnya.

Semua yang jualan dulu juga belum punya pelanggan, belum punya testimoni, belum punya foto gudang, belum punya foto paket barang dan sebagainya. Nyatanya mereka juga bisa menjual, kan ? Hal itu juga yang pernah saya lewati selama jualan di instagram, followers akun jualan saya belum banyak tapi juga bisa laku.

Followers penting, tapi bukanlah yang terpenting.


Anda tidak perlu membeli followers untuk akun jualan Anda. Toh followers yang Anda beli juga belum tentu merupakan target market impian Anda. Lebih baik Anda membangun audiens (followers) Anda sendiri, memang akan membutuhkan waktu dan kerja keras tapi akan lebih baik dari pada Anda beli followers.

Apa yang harus Anda lakukan untuk membangun audiens Anda ?

Mulailah membuat konten dan jalin interaksi dengan target market Anda. Konten itu seperti apa ? Yang Anda baca ini adalah konten, Kalau di instagram konten itu seperti apa ? Coba lihat saja di akun saya @herusatria.id disitu semua adalah konten.

Wah, jadi panjang ini nanti kalau dibahas semua, Mungkin akan lebih baik saya bahas di postingan berikutnya. Tetap ikuti blog ini ya ?

Sebagai penutup....

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi, jangan menyerah !!! Meskipun followers akun jualan Anda belum banyak, Anda akan tetap bisa menjual dengan catatan Anda bisa mengemas akun jualan Anda agar terlihat lebih meyakinkan. Coba cek instagram @mauzakubabyshop. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

HERU SATRIA