Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Tujuan, Tugas dan Prospek Kerja Content Creator

Hai, selamat datang kembali di blog saya, Heru Satria. Terimakasih telah mengunjungi blog ini, saya harap tulisan saya kali ini dapat memberikan pencerahan kepada kalian tentang pengertian, tujuan, tugas dan prospek kerja seorang content creator. Saya harap kalian bisa membacanya sampai selesai. Selamat belajar...

Akhir-akhir ini jagad dunia maya banyak diramaikan oleh para content creator. Mungkin, kamu juga merupakan salah satunya, atau mungkin kamu bukan seorang content cerator namun kamu merupakan salah satu diantara jutaan orang yang bercita-cita ingin menjadi seorang content creator.

Tentu saya tidak tahu bagaimana akhirnya kamu bisa menemukan artikel yang saya tulis ini. Tapi, saya tahu, kamu pasti punya minta dibidang ini. Ya !!! Kamu pasti tertarik dengan dunia content creator bukan ?

Untuk itu, saya rasa tulisan saya kali ini akan sangat bermanfaat untuk kamu, setidaknya untuk memberikan sedikit pemahaman kepada kamu mengenai content creator ini.

pengertian tujuan tugas dan prospek kerja content creator

Saya juga bukan merupakan orang yang ahli-ahli amat dibidang ini. Terus kok berani-beraninya nulis seperti ini ? Yang saya pahami, berbagai bidang di dunia ini, kini berkembang sangat cepat sekali. Saya tidak boleh merasa sudah berada di puncak pengetahuan, karena kalau saya sudah merasa di puncak, mindset saya akan stuck dan sulit berkembang lagi. Jadi, saya lebih memilih merasa masih bodoh dari pada merasa sudah pintar, tapi saya tahu punya minat dan skill dibidang apa. Urusan dibilang ahli atau bukan ahli biarlah alam yang me-label-i sendiri.

Saya harap, kamu juga bisa memahami, begitulah seorang content creator harus berpikir. Seorang content creator tidak boleh memiliki mindset tetap, tapi harus memiliki mindset tumbuh. Karena, seorang content creator di tuntut untuk terus belajar, menjawab kebutuhan audiens, mengikuti perkembangan dan meningkatkan skill dibidangnya.

Oke, kembali ke pembahasan. Sebelum mulai ngonten ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu pengertian, tujuan, tugas dan prospek kerja seorang content creator. Bahasan kali ini saya rangkum dari berbagai sumber dipadukan dengan pengalaman saya pribadi menjadi seorang content creator.

Pengertian Content Creator

Bang, content creator itu apa sih ? Mudahnya gini, content creator adalah orang yang membuat konten secara kontinyu dengan tujuan tertentu. Biasanya konten yang dibuat bisa berupa konten edukasi, hiburan, inspirasi, dan sebagainya.

Bentuk kontennya pun bisa bermacam-macam, bisa berupa foto, text, audio, video, infografis, karya seni digital dan sebagainya.

Nah, konten yang sudah dibuat oleh kreator tadi kemudian akan disebar melalui media sosial atau platform lain agar bisa dinikmati oleh audiens. Seperti melalui instagram, tiktok, youtube, blog, twitter dan sebagainya.

Terus, yang dimaksud dengan audiens itu apa, bang ? Audiens itu adalah aku, kamu dan kita semua ini yang tertarik dan melihat konten yang dibuat oleh sang kreator. Jadi, audiens itu adalah orang-orang yang tertarik dan melihat konten kamu.

Itulah sebabnya seseorang yang ingin menjadi content creator harus menentukan target audiensnya terlebih dahulu sebelum mulai membuat konten, agar sang kreator bisa menentukan jenis konten seperti apa yang sebaiknya dibuat. Sampai sini sudah punya gambaran ?

Untuk bahasan tentang audiens nanti akan saya bahas pada artikel lainnya, supaya kamu bisa mendapatkan gambaran tentang target audiens ini secara utuh. Kalau dibahas disini nanti artikelnya terlalu panjang.

Tujuan Seorang Content Creator

Dalam pandangan saya, tujuan content creator itu ada empat, pertama sekedar ingin berbagi melalui konten edukasi atau menghibur melalui konten hiburan, kedua mencari popularitas, ketiga membangun kepercayaan dan yang keempat menghasilkan cuan. Berikut penjelasnnya...

(1) Menjadi Kreator Sekedar ingin Berbagi

Tak semua content creator itu awalnya bertujuan untuk mendapatkan cuan, ada loh yang menjadi kreator hanya sekedar untuk berbagi saja dalam bentuk konten. Misal, membagikan moment tertentu, menghibur, memberikan edukasi dan sebagainya. Tapi ternyata kontentnya banyak yang suka dan cuan justru datang dengan sendirinya.

(2) Menjadi Content Creator untuk Mencari Popularitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa mencari popularitas adalah tujuan awal seorang content creator, apalagi bagi sebuah bisnis yang memasarkan bisnisnya melalui konten. Bahkan seorang kreator yang mengatakan hanya sekedar ingin berbagi saja pasti terbesit untuk mencari popularitas melalui kontennya.

Dengan membuat konten, orang akan tahu kapasitas dirimu, sehingga diharapkan bisa mendongkrak popularitas mu dibidang yang sedang kamu takuni saat ini. Bahkan seorang publik figur dan para politikuspun, saat ini juga mulai meramaikan dunia perkontenan untuk mendongkrak popularitas mereka.

Dari sini kamu mulai lebih paham kan, seberapa penting posisi konten bagi kalangan tertentu ? Mungkin kamu juga merupakan salah satu yang seharusnya sudah mulai membuat konten dari sekarang.

(3) Membangun Kepercayaan

Tak hanya sekadar untuk bisa terkenal, tapi kamu juga harus bisa membangun kepercayaan melalui konten yang kamu buat bahwa kamu memang expert dibidang kamu.

Kalau kamu suka menghibur, buat konten hiburan yang jangan setengah-setengah. Tunjukkan kalau kamu adalah penghibur yang handal, yang bisa meredakan kepenatan melalui konten yang kamu buat, sehingga ketika orang sedang butuh hiburan, orang akan ingat kamu dan mengonsumsi kontenmu, karena mereka percaya bahwa kontenmu bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kepenatan audiensmu.

Kalau kamu seorang fotografer, tunjukkan bahwa hasil foto kamu, pengetahuan kamu, skill kamu dibidang fotografi sangat mumpuni. Sehingga orang tidak akan ragu lagi untuk menggunakan jasa foto kamu.

Sampai sini semakin paham ? Oke kita lanjut !

(4) Menghasilkan Cuan

Nah, ini adalah tujuan utama seorang conten creator membuat konten. Ya, benar !!! Menghasilkan cuan. Benar kan ? Pasti benar !

Bukan Bang, tapi mencari berkah. Ya, kalau yang itu sudah pasti, tapi tidak akan saya bahas disini karena itu kembali pada masing-masing pribadi orang. Kalau ingin dibahas nanti insyaAllah akan saya buatkan di artikel berikutnya. Kembali ke pembahasan....

Setelah popularitas bisa diraih dan kepercayaan bisa dibangun, disinilah akhirnya sang creator mulai bisa menghasilkan cuan. Bisa dengan menjual produk maupun jasa. Wah, enak ya jadi conten creator ?

Nah, demikian tadi empat tujuan seorang content creator menurut saya pribadi. Kalau kamu ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar ya ? 

Tugas Seorang Content Creator

Sebelum mulai ngonten, alangkah baiknya kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu tugas seorang content creator.

Lalu, tugas content creator itu apa sih, Bang ? Tentu, tugas utamanya adalah membuat konten. Tapi tidak sekedar membuat konten lalu kamu share ke audiens.

Kamu perlu menyusun strategi dalam membuat konten. Dengan strategi yang baik tentu kamu akan bisa berkembang lebih cepat dari pada tanpa strategi sama sekali.

Kamu perlu membuat content calender, menetapkan jadwal pembuatan konten, serta menentukan kapan dan dijam berapa konten tersebut akan kamu post. Untuk menentukan jam terbaik dalam memposting kontenmu, kamu juga perlu melakukan riset.

Selain itu kamu juga perlu memastikan bahwa konten kamu tidak merugikan orang lain dan kamu harus terus menggali kebutuhan audiensmu agar kamu bisa menetapkan strategi dan isi materi kontemu lebih baik lagi.

Selanjutnya kamu juga harus mengevaluasi hasil kerjamu sebagai seorang content creator, apakah sudah efektif dan efisien atau belum ?

Kalau kamu share kontenmu di tiktok atau instagram apakah akun mu berkembang atau tidak ? Apakah channel youtube-mu berkembang atau tidak ? Apakah blog mu berkembang atau tidak ? Itu semua juga perlu terus kamu evaluasi dan perbaiki apabila terdapat kekurangannya.

Mengenai strategi-strategi dalam membuat konten nanti akan saya bahas di artikel berikutnya. Karena kalau semua di bahas disini akan sangat panjang sekali.

Prospek Kerja Seorang Content Creator

Nah, selanjutnya kita akan membahas prospek kerja seorang content creator. Gimana sih, prospek kerjanya ?

Coba kalian amati, saat ini berbagai bisnis baik yang skala kecil maupun besar sedang sangat getol mempromosikan bisnis mereka melalui konten dan content creator. Ini bisa menjadi peluang yang sangat baik untuk kamu coba.

Sebelum terjun ke dunia content creator, ada baiknya kamu memilih terlebih dahulu di industri apa kamu ingin berkecimpung. Misal, di industri fotorgrafi, design grafis, self development dan sebagainya.

Semakin spesifik kamu menentukan topik kontenmu akan semakin besar peluangmu untuk bisa menghasilkan cuan.

Terus, dari mana bang cuannya ?

Bisa dari endorsement, buka kelas, content placement dan masih banyak lagi bergantung pada bagaimana kreativitas kamu dalam memonetisasi kontenmu.

Meskipun saat ini sudah sangat banyak sekali content creator, tapi belum semua bidang dipegang oleh creator, Untuk itu, fokus pada industri apa yang ingin kamu bahas dan jadilah expert disitu. Prospek kerjanya masih terbuka lebar kok ? Tinggal bagaimana kreativitas kamu untuk bisa menghasilkan cuan dari konten-kontenmu.

Oke, bagaimana ? Apakah artikel saya kali ini cukup memberikan gambaran tentang dunia perkontenan ? Ini masih sekelibat dari sekian banyak lembar yang perlu kita pelajari tentang content creator, tapi rasanya akan tidak mungkin dan tidak asyik kalau semua kita bahas dalam satu artikel ini. Karena, akan sangat panjang sekali.

Untuk itu, ikuti akun instagram saya @idherusatria supaya kamu bisa mendapatkan update artikel terbaru dari saya. Terimakasih telah membaca artikel saya tentang pengertian, tujuan, tugas dan prospek kerja seorang content creator. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu. Sampai jumpa lagi di konten berikutnya...

Heru Satria
Heru Satria Menjadi Blogger sejak 2009. Saat ini sedang fokus mengembangkan minat dibidang bisnis dan digital marketing.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Tujuan, Tugas dan Prospek Kerja Content Creator"