Ads Top

Tips Ampuh Memulai Blogging agar Bisa Menjadi Seorang Blogger Sukses

Siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang blogger sukses?

Sebenarnya sudah banyak yang membagi-bagikan tips memulai blogging dan juga tips untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Namun, tidak ada salahnya saya kembali menuliskan tips-tips itu berdasarkan pada praktik dan pengalaman saya.

Tips yang saya tawarkan hanya satu, yaitu jadilah seorang blogger dengan sepenuh hati.

Benarkah hanya satu ini saja mas? Bercanda ya mas Heru ini?

Iya, benar. Hanya satu ini saja.

Namun, 1 tips ini mungkin akan memiliki turunan yang sangat banyak. Bagaimana maksudnya?

Saya tidak tahu secara pasti apakah motivasi Anda untuk menjadi seorang blogger. Mungkin Anda ingin menghasilkan uang, mencari pupularitas, maupun ngebet ingin menjadi seorang blogger yang sukses dan kerkenal.

Semua yang saya sebutkan diatas sangat baik untuk dijadikan sebagai motivasi bagi seorang blogger. Namun, yang perlu menjadi catatan adalah “Jangan salah fokus dan terkecoh dengan hal-hal yang saya sebutkan tadi”

Salah fokus yang saya maksud diatas adalah terlalu fokus dan terkecoh untuk menjadi seorang blogger yang terkenal, berpenghasilan banyak, dan sukses tanpa memperhatikan hal-hal yang menyertainya dan melupakan hakikat menjadi seorang blogger.

Biasanya yang paling banyak terjadi adalah ngebet ingin segera mendapat penghasilan dari Adsense. Sikap yang terlalu ngebet seperti ini akhirnya mendorong seorang blogger pemula untuk:
  1. Mencari dan menggunakan tips-tips instan untuk memperkenalkan blog mereka
  2. Membuat konten-konten yang seasalnya saja tanpa memperhatikan kualitas

Ibarat seorang pedagang yang ingin sukses menjual, Anda harus belajar menjadi seorang pelayan yang baik terlebih dahulu.

Bila Anda mampu memberikan pelayanan yang baik pada pengunjung toko Anda, maka besar kemungkinan mereka akan membeli produk dan kembali lagi untuk membeli di toko Anda lain waktu.

Dalam hal blogging Anda adalah penjual dan pengunjung blog Anda adalah pembeli. Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut dalam memulai blogging:

1. Jangan Asal atau Iseng Kalau Ingin Sukses Ngeblog

Tidak dipungkiri beberapa blogger yang telah terkenal saat ini awalnya cuman iseng blogging. Namun, tidak ada salahnya kalau Anda memulai blogging dengan sungguh-sungguh.

Seringkali para blogger pemula tidak memiliki perencaan yang matang mau dibawa ke arah mana blognya. Maka perencaan ini menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan sebelum memulai blogging.

2. Jangan terlalu fokus pada tampilan blog

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, dulu saat awal-awal memulai blogging, saya terlalu fokus dengan penampilan blog saya hingga lupa akan hal-hal yang lebih penting untuk saya lakukan dalam blogging.

Hal itu mendorong saya untuk gonta-ganti template, tambah widget ini dan itu hingga blog saya penuh dengan pernak-pernik yang saya sendiri kurang tahu apa pengaruhnya dengan blog saya.

Akhirnya, yang terjadi blog saya sepi pengunjung sepanjang tahun meskipun tampilannya menarik dan artikelnya banyak.

Salah satu contoh blog saya yang sepi adalah www.kreatifbelajarfisika.blogspot.com yang saya buat sejak tahun 2011. Beberapa blog lain sudah saya rubah lagi templatenya dan saat ini saya hanya fokus pada blog ini.

3. Jangan copy-paste konten orang lain

Banyangkan bila Anda telah bersusah payah membuat sebuah tulisan kemudian di copy-paste oleh orang lain apalagi bila dibuat sama persis tanpa perubahan isinya sama sekali. Bagaimana perasaan Anda?

Sakitnya tuh disini!

Saya memiliki pengalaman pahit masalah copy-paste. Pernah saya membuat sebuah proposal karya tulis ilmiah untuk diajukan ke sebuah lembaga namun tidak lolos.

Tahun berikutnya, karya tulis itu digunakan oleh orang lain dan lolos hingga mendapat dana sekian juta.

Dengan tanpa timbal balik sama sekali yang diberikan kepada kami, meskipun hanya sebuah penghargaan dan apresiasi yang bersangkutan justru meminta karya tulis kami yang lain untuk di ajukan lagi dengan tanpa beban.

Padalah dulu waktu saya dan tim saya membuat karya tulis itu, perjuangannya sangat berat sekali.

Meskipun sudah izin dan kami memperbolehkan. Namun, sakitnya tuh tetap disini. Mungkin itu juga merupakan kesalahan kami sendiri dan semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

Dengan kenyataan itu saya menjadi belajar untuk menghargai karya saya sendiri dan karya orang lain dengan tidak mengklaimnya sebagai hasil karya kita.

Bagaimana kalau kita terinspirasilah dari tulisan orang lain ? Boleh.

Tapi usahakan tulislah dengan perjuangan Anda sendiri! Jangan copy-paste.

Artikel ini juga terinspirasi dari tulisan orang lain. Proses penulisan artikel ini adalah banyak baca, memikirkan ide pengembangan dan kemudian tulis.

Ketika saya menulis artikel ini, semua yang telah tersimpan dalam pikiran melalui membaca dan memikirkan ide pengembangan kemudian saya tuangkan dalam bentuk tulisan.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Nah, berikutnya kita akan masuk ke bagian inti “bagaimana memulai blogging agar Anda dapat menjadi seorang blogger sukses”

Tahap Pertama: Reseach (Lakukan Riset)

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah riset. Riset dalam hal ini saya bagi menjadi 3, yaitu riset Sumber Daya Manusia (SDM), Riset Topik, dan Riset Target.

1. Riset Sumber Daya Manusia (SDM)

Langkah ini bisa menjadi yang pertama dan terakhir bergantung pada jenis blog Anda.

Bila blog yang ingin Anda bangun adalah blog yang akan Anda kelola berdasarkan SDM yang Anda miliki saat ini baik individu maupun tim, maka lakukan riset ini terlebih dahulu. Lakukanlah riset ini berdasarkan pada kelebihan dan kekurang SDM yang Anda miliki.

Misal: Anda punya kreativitas dan keterampilan yang lebih dalam membuat sebuah gambar kartun diatas kertas. Maka, padaa tahap planning  Anda dapat merencanakan blog dengan topik “cara membuat gambar kartun diatas kertas yang menarik”.

Hal tersebut adalah kelebihan Anda. Namun, Anda tidak mengerti tentang teknik-tekniknya karena selama ini Anda belajar secara autodidak, maka ini menjadi kelemahan Anda.

Solusinya adalah Anda harus banyak membaca tentang teknik-teknik menggambar diatas kertas yang baik untuk menghasilkan gambar yang menarik.

Mengapa? Bukankah yang penting kita bisa menggambar sudah cukup? Tidak!

Anda perlu menjelaskan pada orang lain. Memang, Anda bisa menggambar namun belum tentu bisa menjelaskan pada orang lain hanya dengan gambar yang Anda buat. Anda perlu istilah-istilah dan tekniknya.

Bila Anda ingin mengelola blog dengan memanfaatkan tim yang sudah Anda miliki saat ini, maka SDM Anda akan lebih baik lagi.

Misal, dari contoh diatas, salah satu teman dalam tim Anda ada yang pandai dalam menggunakan software desain grafis namun dalam mencari ide karakter kartun mengalami kesulitan.

Anda dapat membentuk sebuah kolaborasi yang kuat dalam tim yang Anda miliki ini untuk kemudian mengahasilkan karya yang menarik untuk dibuat di blog yang akan Anda bangun.

Bila Anda mengawali blogging dengan membidik topik tertentu, lakukan lakukan riset SDM ini setelah melakukan riset topik untuk memudahkan Anda dalam menentukan SDM yang Anda butuhkan.

2. Riset Topik/Nice Blog Sebelum Mulai Ngeblog

Bila Anda hendak membuat blog untuk membidik topik tertentu lakukan riset topik ini di awal. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan SDM seperti apa yang Anda perlukan. Lakukan riset topik ini meliputi riset keyword dan trending topik.

Dalam memilih tending topik pilihlan yang kira-kira akan tetap menjadi trend dalam jangka waktu yang cukup lama.

Semakin mengerucut topik blog Anda akan semakin baik. Apalagi kalau topik yang Anda angkat memiliki jumlah peminat yang sangat banyak.

3. Riset Target

Menentukan siapa yang akan menjadi target dari blog Anda merupakan hal yang sangat penting. Banyak blog yang dibuat secara asal-asalan dan tidak memiliki target pasar yang jelas tenggelam di tengah jalan. Maka, agar Anda nantinya tidak tenggelam lakukan riset ini sebelum mulai blongging.

Tahap Kedua: Planning (Buat Sebuah Perencanaan)

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan SDM yang Anda miliki saat ini dan juga riset topik serta target kemudian buatlah sebuah perencanaan.

Untuk membuat perencaan ini bila Anda bekerja secara tim, lakukan braindstorming atau curah gagas.

Lakukan perencanaan sesuai kebutuhan dan analisis Anda dengan memperhatikan peluang yang ada. Namun, setidaknya perencanaan itu harus memuat:

  1. Pemilihan Topik Blog sesuai hasil riset
  2. Buat visi dan misi
  3. Menentukan Target siapa yang hendak Anda bidik sebagai pengunjung blog Anda
  4. Memilih platform yang akan digunakan
  5. Melakukan pengembangan SDM
  6. Membuat strategi pembuatan konten dan pengembangnnya
  7. Membuat strategi promosi

Tahap Ketiga: Develop (Buat Sebuah Pengembagan)

Buatlah inovasi-inovasi baru terhadap suatu topik tertentu agar lebih menarik, lebih lengkap, lebih solutif dalam menyelesaikan permasalahan pengunjung blog Anda.

Pengembangan disini sangat penting untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung blog Anda nantinya. Artikel ini juga merupakan hasil pengembangan dari artikel-artikel yang sudah ada.

Untuk melakukan pengembangan jangan hanya dilakukan di awal. Tapi lakukan secara kontinu. Disinilah blog Anda akan semakin berdaya saing.

Lakukan pengembangan terhadap konten isi blog Anda atau produk yang hendak Anda jual.

Tahap Keempat: Do (Lakukan)

Setelah melewati riset dan pengembangan kemudian “do” lakukan. Lakukanlah sesuai dengan planing yang telah Anda rencanakan diawal.

Pada tahap ini menjadi salah satu tahap yang sangat krusial karena untuk membangun sebuah blog baru sangat banyak sekali hambatannya.

Bisa jadi Anda tiba-tiba lost ide ditengah jalan meskipun sudah direncakan. Kurang percaya diri hinggi mundur sebelum perang.

Untuk itu, lakukan tahap planning secara matang agar yang anda lakukan pada tahap “do” bisa berjalan dengan sedikit hambatan.

Tahap do ini bisa meliputi:

  1. Pembuatan konten
  2. Desain blog
  3. Dan lain-lain sesuai kebutuhan Anda.

Tips Sukses Ngeblog

Tahap Kelima: Share (Sebarkan)

Tahap ini sebenarnya masuk pada tahap “do”. Namun, menurut saya masih harus dipisah lagi karena ini menjadi hal yang bila tidak dijelaskan kembali akan sangat mempengaruhi perjalanan ngeblog Anda.

Tahap ini merupakan yang paling penting setelah kita melalui semua tahap diatas Tanpa melakukan share kepada orang lain mustahil blog Anda akan terkenal.

Dalam tips ini saya mengesampingkan SEO terlebih dahulu. Karena tips ini saya buat dengan fokus pada mencuri hati pengunjung.

Jadi lakukan share dengan strategi yang matang, bisa melaui sosial media seperti facebook, twitter, google+ dan lain sebagainya. Aktiflah pula di grup-grup yang membahas topik yang sama dengan blog Anda.

Tahap Keenam: Evaluasi (Lakukan Evaluasi)

Tahap ini sangat penting untuk terus megembangkan blog Anda agar terus mampu bersaing dengan blog lain. Lakukan evaluasi secara berkala.
                                         
Untuk mengevaluasi blog Anda, Anda bisa meminta saran dari orang lain atau blogger lain untuk menilai kualitas blog Anda. Jadikan masukan dan saran itu sebagai bahan evaluasi.

Simpulan:

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses kita harus menjadi seorang blogger dengan sepenuh hati.

Dengan perencaan yang matang seorang blogger pemula akan dapat menjadi seorang blogger sukses dikemudian hari.

Untuk menjadi seorang blogger sukses kita juga dituntut untuk profesional dalam mengelola blog yang kita bangun.

Riset, Planning, Develop, Do, Share dan Evaluasi adalah 5 hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum memulai blogging.

39 comments:

  1. Artikel yg sangat bermanfaat
    Jngn Lupa Kunbal trus kang di Htpp://Tavazan-Wahyu.blogspot.in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Alhamdulillah kalau artikel ini bisa bermanfaat... :-)

      Delete
  2. seo friendly,sangat berguna ini artikel.. membangkitkan semangat bagi para blogger pemula termasuk saya,thanks sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat... Semangat berkarya...

      Delete
  3. artikelnya cukup panjang, kalo di buat serial mungkin bisa lebih nguntungin mas,,, ok saya coba lebih sepenuh hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke. Makasih mas sarannya.... Siip...

      Delete
  4. Penjelasnnya panjang ya, saya mau menghasilkan uang mas dari blog ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Iya panjang mas. Ntar kapan-kapan kalau sudah bisa menghasilkan uang dari blog saya buat artikel menghasilkan uang dari blog deh ala herusatria.com hehe... tapi mau praktek dan buktiin dulu...

      Delete
  5. wah keren banget gan ini yang saya cari agar menjadi blogger yang sukses , , thanks gan udah share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip... semoga segera bisa jadi blogger sukses mas Prakas....

      Delete
  6. Walah seperti itu ya mas :) , makasih penjelasannya :D

    ReplyDelete
  7. Yang penting niat gan, kalo ngeblog nya cuma setengah2, ga niat banget jangan harap bakal jadi Blogger Sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas Raskad, kudu niat sungguh-sungguh pengen jadi blogger. :-)

      Delete
  8. Replies
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat... semangat berkarya...

      Delete
  9. Mudah2an saya sukses ngeblog gara2 tips agan :D thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siips... Semangat terus ya gan!!! Semoga bisa jadi blogger sukses!!

      Delete
  10. Bagus sekali kalo ditujukan untyk blogger pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Tips ini memang untuk yang pengen mulai ngeblog... :-)

      Delete
  11. sangat bermanfaat artikelnya gan , dan kebetulan saya adalah blogger pemula dengan adanya tips2 yang agan berikan mudah2 an ane bisa jadi blogger sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siipp yang penting semangat terus untuk berkarya. Semoga suatu saat mas Reza bisa jadi blogger sukses....

      Delete
  12. Bener nih, blogger emang banyak, yg sukses sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Iya mas. Semoga suatu saat mas Kahfi menjadi salah satu yang sukses...

      Delete
  13. wah.. liat post ini ane jadi semangat ngeblog lagi... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Semangat terus gan! Semoga bisa jadi salah satu blogger sukses...

      Delete
  14. perlu perjuangan dan pengorbanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, butuh perjuangan dan pengorbanan...

      Delete
  15. ijin bookmark gan, nice post gan

    ReplyDelete
  16. kalau ane sukses main blog>> pilih topik-riset kw- buat artikel- pilih backlink- posting terus hehehe..

    makasih gan infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Siiip... Lanjutkan gan...!!!

      Delete
  17. setelah say abaca artikel ini ternyata ngeblog itu tidak semudah yang kita bayangkan, perlu keseriusan dan kesungguhan dan tentunya kecerdasan..

    trims mas Heru buat trik dan tips ngeblognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sam Kang Muroi semoga bermanfaat...

      Delete
  18. emg terkadang kita suka fokus dengan tampilan blog daripada kontentnya ya kang ...

    ReplyDelete
  19. @NDI Hehehe... Iya bener... Saya dulu sering begitu...

    ReplyDelete
  20. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete

Powered by Blogger.