Cara Menjadi Blogger Otoritas di Bidang Tertentu

Menjadi blogger otoritas? Menjadi blogger otoritas artinya anda harus menjadi figur otoritas di bidang tertentu. Memiliki blog dengan pengunjung yang banyak dan menaruh perhatian pada anda bahwa ilmu yang anda bagikan benar-benar bermanfaat untuk mereka tentu akan menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang blogger.

Selain kepuasan, anda juga akan mendapat manfaat ilmu dari yang anda ajarkan serta rezeki yang bisa saja datang setelah anda menjadi figur otoritas untuk bidang tertentu.

Menjadi blogger otoritas artinya anda harus siap menjadi blogger yang ahli di suatu bidang dan mengerti seluk beluk bidang tersebut.

Pertanyaannya bagaimana anda bisa menjadi seorang blogger otoritas yang ahli di bidang tertentu?

Blogger Otoritas

1. Temukan Minat Anda

Langkah pertama dan paling penting adalah "temukan minat anda". Cobalah bertanya pada diri anda sendiri "apa yang saya minati?" Cobalah anda bertanya juga "ingin seperti apa orang-orang mengenal diri anda?"

Sedikit akan saya beri ilustrasi ketika anda telah menjadi blogger otoritas.

Ilustrasi 1
Siapa pemilik blog herusatria.com?
Pemiliknya adalah Heru Satria, dia membahas semua hal tentang blogging dan bisnis.

Ilustrasi 2
Siapa saja blogger yang membahas tentang blogging dan bisnis? Salah satunya adalah Heru Satria.
Apa blognya ? herusatria.com

Ilustrasi 3
Siapa Heru Satria itu?
Heru Satria adalah blogger yang membahas tentang blogging dan bisnis.

Nah, ilustrasi diatas adalah contoh bagaimana anda ingin dikenal. Selanjutnya adalah saatnya anda menemukan minat anda.

Untuk mengetahui minat anda, cobalah tulis semua minat yang paling anda minati. Misal:
  1. Menjadi Blogger Terkenal
  2. Menjadi Guru Profesional
  3. Menjadi Pebisnis Online
  4. Menjadi Ahli Design Grafis
  5. Menjadi Dokter Profesional
  6. Menjadi Ahli Pertanian Profesional
  7. Menjadi Ahli Farmasi Profesional
  8. Menjadi Ahli Cerpen
  9. Menjadi Penulis Novel
  10. Menjadi Teknokrat
  11. Dst....

Setelah itu, seleksi lagi mana yang tampak realistis dan mana yang tampak kurang realistis untuk anda. Misal, anda sama sekali belum pernah kuliah di kedokteran, menjadi tidak realistis bila anda ingin menjadi dokter profesional.

Setelah sisa beberapa minat realistis untuk anda, selanjutnya seleksi hingga hanya tinggal 5 minat yang paling anda minati. Kalau sudah seleksi lagi hingga hanya ada 1 atau dua minat yang paling anda minati.

Bagaimana kalau anda memiliki dua minat yang sama-sama kuat? Anda bisa memilih keduanya asalkan masih berhubungan. Misal, anda minat dalam dunia pendidikan dan bisnis, maka anda bisa menjadi blogger yang berkaitan dengan kedua bidang tersebut.

Contoh lain, anda berminat dengan bidang pertanian dan bisnis, kedua hal ini masih berhubungan juga. Anda boleh memilih keduanya.

Menjadi tidak nyambung apabila anda memiliki dua minat yang sama-sama kuat namun tidak sebidang, misal ingin menjadi cerpenis dan petani profesional. Dalam kasus ini anda harus memilih salah satu yang paling anda minati.

2. Tulis Sesuai Minat Anda

Setelah menemukan minat, sakarang saatnya menulis semua yang berkaitan dengan minat anda. Kalau anda minat dalam bidang pertanian, pelajari dan tulis semua hal yang berhubungan dengan pertanian.

Misal, anda telah melakukan uji coba menanam cabai di rumah dan sistem pemupukan serta perawatannya, anda bisa menulisnya dalam blog anda.

Dengan menulis yang anda minati, anda akan semakin mudah memunculkan ide-ide berlian untuk tulisan-tulisan Anda. Agar anda menikmati saat menulis, jadilah diri anda sendiri.

3. Terus Upgrade Ilmu Anda

Untuk menjadi ahli tertentu, anda memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak bisa berjalan secara instan. Anda harus bersabar dan konsisten untuk membentuk figur otoritas anda. Saya rasa ini perkara yang cukup sulit untuk dilakukan bila kita tidak mau bersabar.

Silahkan anda terus mengupgrade ilmu anda, setiap ada perkembangan ilmu baru yang berkaitan dengan minat anda, cobalah untuk mempelajari juga, sehingga anda tidak ketinggalan zaman.

Misal, dulu orang mengukur kecerdasan lewat IQ, berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan ternyata kecerdasan itu sangat majemuk. Orang yang tidak bisa matematika bukan berarti tidak cerdas, mungkin orang itu memiliki keahlian khusus di bidang musik, maka bisa dikatakan dia cerdas untuk hal yang berkaitan dengan musik. Begitu dan sebaliknya.

4. Konsisten

Pada point 3 sudah saya jelaskan bahwa menjaga konsistensi merupakan perkara yang cukup sulit kalau kita tidak benar-benar mencintai apa yang kita lakukan. Apalagi kalau tujuan kita ngeblog untuk mendapat penghasilan.

Jadi, anda harus konsisten dan bersabar. Anda harus yakin suatu saat anda akan benar-benar bisa menjadi figur otoritas di bidang tertentu.

Demikian tadi beberapa cara menjadi blogger otoritas dengan menjadi figur otoritas di bidang tertentu. Semoga bermanfaat...

2 komentar

  1. Sepertinya konsisten adalah salah satu yang paling berat menurut saya :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali, menurut saya konsisten itu berat banget...

      Hapus

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA