Ads Top

Penting, Ciptakan Dua Hobi Baru ini!

Sahabatku, mengawali tulisan ini, izinkanlah saya bertanya kepada sahabat,

“kalau boleh tau, apa ya hobi sahabat ?” (silahkan dijawab, boleh dalam hati)

Terlepas dari apa pun hobi sahabat saat ini, izinkan saya kembali bertanya pada sahabat,

“Apakah membaca sudah menjadi bagian dari hobi sahabat ?”
“Apakah menulis juga sudah menjadi bagian dari hobi sahabat ?”

Saya sangat berharap sahabat serentak menjawab, “Ya, keduanya telah menjadi bagian dari hobi saya”, namun jangan khawatir sahabat, karena saya tidak akan memarahi Anda bila kedua hobi yang saya tanyakan kepada sahabat tadi belum menjadi bagian dari hobi sahabat saat ini.

Justru bila kedua hobi yang saya tanyakan tadi belum menjadi hobi sahabat, berarti ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk berkencan bersama sahabat dan berbincang tentang kedua hobi yang menurut saya sangat mutlak untuk sahabat miliki itu melaui tulisan ini.

Mengapa saya mengatakan bahwa hobi membaca dan menulis merupakan hobi mutlak yang harus sahabat miliki, hal tersebut karena manfaat yang diberikan dari membaca dan menulis sangat besar bagi sahabat.

Seperti yang tentunya juga sahabat ketahui, membaca akan dapat membuka cakrawala ilmu pengetahuan kita, membaca akan dapat merubah pandangan kita tentang suatu hal dan dapat kita jadikan sebagai acuan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Dan dengan membaca berarti kita sedang belajar tentang suatu hal dan menggali pengetahuan baru.

Hobi Membaca yang Baik

Memang sulit untuk pertama kali mengawali hobi ini, namun yang perlu Anda ingat sahabat, bahwa sesuatu itu akan menjadi sangat ringan, ketika sesuatu itu telah kita lakukan secara berulang-ulang dan telah membiasa dalam keseharian kita.

Yang perlu kita rubah untuk memulai hobi ini cuman sedikit. Ketika pada awalnya kita “terbiasa untuk tidak membiasakan membaca”, maka kita hanya tinggal membaliknya menjadi “terbiasa menbaca dan tidak terbiasa tidak membaca”. Tanamkan kalimat ini juga untuk merubah paradigma Anda bahwa “mengawali hobi ini sulit” menjadi “mengawali hobi ini sangat mudah bagi ku”.

Sebagai komitmen Anda setelah selesai membaca artikel ini silahkan ambil buku bacaan apapun yang anda miliki baik itu buku mata pelajaran, novel atau yang lain sebagainya untuk Anda baca (saya sarankan yang berbobot). Bagaimana ? Siap ???!!!

Berikutnya, menulis. Mengapa hobi ini juga saya nyatakan mutlak untuk sahabat miliki ? hal ini karena dengan menulis sahabat akan terbiasa mencurahkan gagasan-gagasan sahabat tentang sesuatu hal. Dengan menulis sahabat akan dapat mengkomunikasikan apa yang sahabat ketahui kepada orang lain.

Dengan menulis sahabat akan dapat memberikan manfaat apabila tulisan yang sahabat tulis mengandung manfaat bagi orang lain, dan masih banyak lagi manfaat yang akan sahabat peroleh dari hobi menulis ini.

Mulailah hobi menulis ini dengan sesuatu yang ringan bagi sahabat, misal menulis diary, menulis cerpen, puisi atau yang lain sebagainya yang sahabat suka. Biarkan hal tersebut membiasa dalam diri sahabat, setelah itu cobalah untuk menulis sesuatu yang berkenaan dengan pandangan sahabat tentang suatu hal yang terjadi di sekita sahabat.

Mulailah hobi menulis itu dari sejelek apa pun bentuk tulisan kita, sebagaimana yang juga saya lakukan melalui “catatan om heru” ini. Sebagai komitmen sahabat, seusai membaca tulisan ini silahkan pilih salah satu terlebih dahulu dari dua hobi yang saya tawarkan kepada sahabat, kemudian terapkan dan biasakan keduanya dengan saling sejalan dan konsisten. Bagaimana ? Siap ???!!! Semoga bermanfaat.

No comments:

Powered by Blogger.