Anda tidak Bisa Tenggelam di Laut Mati, Begini Penjelasannya Secara Fisika

Pernahkah anda mendengar tentang laut mati? Laut mati atau disebut juga dengan "The Dead Sea" merupakan sebuah danau yang terletak di perbatasan antara Yordania dan bagian barat palestina. Laut mati ini juga merupakan tempat terendah di bumi yang terletak pada 1.300 kaki atau 400 m di bawah permukaan laut. Sumber lain menyebutkan bahwa danau ini terletak pada 1.388 kaki atau 423 m di bawah permukaan laut.

Pada bagian judul artikel ini saya menyebut laut mati, namun ketika anda membaca paragraf pertama anda akan menemukan saya menyebut laut mati sebagai danau, apa maksudnya? Meskipun disebut sebagai laut mati, ternyata laut mati bukanlah laut melainkan sebuah danau yang sangat luas sekali menyerupai laut dan kemudian diberi nama laut mati bukan danau mati.

Dalam beberapa sumber disebutkan bahwa laut mati memiliki panjang mencapai 75,6 km dan lebar 16 km dengan luas total permukaannya adalah sekitar 579 km persegi. Sementara untuk kedalamannya, laut mati ini memiliki kedalaman mencapai 390 meter. Sumber lain menyebutkan bahwa kedalamannya adalah sekitar 378 meter. Cukup dalam bukan?

Ada beberapa fenomena yang menarik ketika kita membahas tentang laut mati ini. Berikut ini adalah beberapa fenomena menarik dari laut mati yang harus anda ketahui.

tidak tenggelam di laut mati

1. Laut Mati Memiliki Kadar Garam yang Tinggi

Laut mati merupakan danau dengan kadar garam yang cukup tinggi yaitu mencapai 33%. Kadar garam ini jauh lebih tinggi dari air laut yang rata-ratanya hanya sekitar 3,5% saja. Beberapa sumber menyebutkan bahwa laut mati ini 8,6 kali lebih asin dari air laut.

Meskipun saya menyebut kata asin, namun ketika anda mencoba untuk merasakan air dari laut mati ini dangan lidah, anda akan merasakan bahwa air di laut mati ini berasa pahit.

2. Tidak Ada Kehidupan di Laut Mati

Kadar garamnya yang terlalu tinggi menyebabkan tidak adanya kehidupan di laut mati ini. Mungkin inilah sebabnya danau ini disebut sebagai laut mati. Namun, menganggap tidak ada kehidupan sama sekali di laut mati tidaklah benar. Faktanya masih ada beberapa jenis bakteri yang bisa bertahan hidup di laut mati yang artinya sebenarnya masih ada kehidupan di laut mati, namun hanya jenis makhluk hidup tertentu saja yang bisa hidup di laut mati.

3. Anda tidak akan Tenggelam di Laut Mati

Beberapa sumber menyebutkan bahwa anda tidak akan bisa tenggelam di laut mati. Mengapa hal ini bisa terjadi? Nah, inilah yang akan kita bahas secara fisika.

Baca juga : Bersyukurlah Bila Anda Pernah Belajar Fisika, Begini Alasannya...

Air yang terdapat di laut mati memiliki kerapatan air (massa jenis) kira-kira sebesar 1,240 kg/L. Air laut biasa memiliki massa jenis berkisar 1,026  kg/L - 1,028 kg/L, sementara air murni memiliki massa jenis sekitar 1 kg/L. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa massa jenis air di laut mati lebih tinggi dari air laut maupun air murni.

Nah, yang menyebabkan anda tidak bisa tenggelam di laut mati adalah karena massa jenis tubuh anda lebih rendah (dibawah 1,240 kg/L) dari massa jenis air di laut mati. Berdasarkan ilmu fisika, ada tiga kemungkinan suatu benda ketika di masukkan kedalam suatu cairan, yaitu mengapung, melayang dan tenggelam.

Suatu benda akan terapung apabila massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis zat cair. Suatu benda akan melayang apanila massa jenisnya sama atau mendekati massa jenis zat cair, dan suatu benda akan tenggelam apabila massa jenisnya lebih besar dari massa jenis zat cair tesebut. Coba anda perhatikan ilustrasi berikut:

Anda tidak Bisa Tenggelam di Laut Mati, Begini Penjelasnnya Secara Fisika

Karena massa jenis anda lebih kecil dari massa jenis air mati maka anda tidak akan bisa tenggelam di laut mati. Inilah pejelasan secara fisika mengapa anda tidak bisa tenggelam di laut mati.

Nah, demikian tadi artikel saya tentang penjelasan laut mati secara fisika. Suatu saat cobalah untuk berkunjung di laut mati. Fenomanya yang cukup unik membuat laut mati ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati di Yordania.

Menurut beberapa sumber kandungan mineral yang terdapat di laut mati bisa dijadikan sebagai salah satu terapi untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda...

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA