Ads Top

Indahnya Berbagi yang Spektrumnya Sangat Luas Sekali

Sudah lama rasanya saya tidak menulis artikel di blog ini. Untuk itu pada kesempatan yang luar biasa ini, yang penuh dengan segala nikmat dan karunia-Nya saya ingin kembali berbagi kepada Anda dalam memberikan motivasi dan inspirasi.

Kali ini, saya akan menulis tentang "Indahnya Berbagi". Beberapa hari terakhir saya sempat berpikir untuk membuat sebuah Audio Motivasi yang kemudian akan saya upload di youtube.

Tujuannya adalah untuk berbagi kepada Anda, selain untuk memotivasi diri sendiri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Berbicara tentang berbagi, bagi saya berbagi memiliki spektrum arti yang sangat luas sekali. Mulai dari yang sederhana sekali hingga yang sangat kompleks sekali.

Misal, yang paling sederhana adalah berbagi keceriaan dengan melempar senyum kepada orang lain. Dan yang paling komplek adalah berbagi yang bahkan tak bisa saya berikan contohnya dalam tulisan ini.

Picture by Hans - Pixabay

Teryata kita juga berbagi kebersihan lo? Bagaimana caranya?

Berbagi kebersihan menurut saya juga merupakan salah satu cara berbagi yang sangat sederhana. Misal, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sikap kita yang cinta lingkungan bisa kita bagikan kepada orang lain dengan cara ini. Sehingga orang lain akan merasakan manfaat dari apa yang kita bagikan, dalam hal ini menjaga kebersihan.

Contoh lain adalah berbagi kesehatan, misal dengan tidak merokok di dekat anak kecil, ibu hamil, bahkan akan lebih bagus lagi bila tidak merokok di tempat-tempat umum. Dengan demikian Anda telah berbagi kesehatan juga kepada orang lain.

Banyak sekali contoh berbagi yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. Yang perlu anda garis bawahi adalah bahwa berbagi itu tidak hanya dalam bentuk memberi materi. Namun, juga bisa Anda menjaga agar bagaimana alam ini berjalan dan tetap berada dalam kondisi yang baik dan seimbang.

Berbagi juga bisa Anda lakukan dengan mengajak, misal Anda mengajak orang untuk berolah raga secara rutin. Dengan hal yang demikian itu menurut saya Anda telah berbagi kesehatan kepada orang lain, yaitu dengan turut mengajak orang lain untuk menjaga kesehatannya.

Anda mengajak orang untuk belajar, artinya Anda juga berbagi kepandaian dan ilmu. Sekali lagi berbagi memiliki spektrum yang sangat luas. Tak hanya memberi dalam bentuk materi.

Untuk itu melalui tulisan ini, saya mengajak diri saya pribadi dan Anda untuk mari berbagi semampu dan sebisa yang kita lakukan. Misal kita hanya bisa membuat orang tertawa, kita hibur orang yang susah.

Misal kita hanya bisa mengambil sampah kemudian membuangnya ke tempat sampah, mari kita lakukan itu, karena itu juga berarti kita berbagi kenyamanan dan kebersihan sebagaimana yang saya sebutkan di atas.

Dengan berbagi, artinya kita telah mau bersyukur atas segala nikmat dan rezeki yang Allah berikan kepada kita. Bukankah apabila kita mau bersyukur maka Allah menambahkan nikmatnya kepada kita?

Ingat nikmat dan rezeki itu juga tidak hanya berupa harta atau materi. Namun, rasa tentram di hati, tangan, kaki, dan semua yang ada dalam diri kita, termasuk diri kita ini semua yang ada di sekitar kita adalah rezeki yang sungguh luar biasa banyaknya yang telah di berikan Tuhan kepada kita.

Untuk itu bila memang Allah masih menitipkan tangan yang lengkap kepada kita, mari kita gunakan dengan sebaik-baiknya, untuk memberi, menolong, menggenggam orang-orang yang merasa sendirian dan menebar benih-benih kebaikan untuk sekalian alam.

Tangan yang Allah berikan bisa kita gunakan untuk menanam, menjaga keserasian dan keseimbangan alam. Dengan demikian Anda telah berbagi kepada Alam dan seluruh yang menyertainya.

Mengakhiri tulisan ini, jangan lupa didiklah anak-anak Anda, suami, isteri saudara, tetangga dan semua orang yang ada disekitar Anda untuk berbagi dan menghayati luasnya spektrum makna dari berbagi ini. Semoga bermanfaat...

No comments:

Powered by Blogger.