Ads Top

Diterima Google Adsense, Ini yang Saya Lakukan!

Diterima Google Adsense
Saya kaget ketika pada tanggal 22 Agustus 2017 yang lalu saya membuka email saya, disitu saya mendapatkan email dari google Adsense yang menyatakan bahwa kini saya sepenuhnya diterima sebagai penayang iklan google Andsense.

Sebelumnya saya ingin menceritakan perjalanan ngeblog saya lagi. Saya ngeblog sudah lama banget, mulai ngeblog sekitar tahun 2009, waktu itu saya masih SMA. Saat itu pula saya mulai mengenal google Adsense tapi belum se booming sekarang. Saya pada waktu itu juga sudah mendaftar, namun kemudian tidak saya urus, karena saya kurang berminat.

Saya termasuk orang yang suka sekali bermain-main dan berselancar di internet, sehingga saya berpikir bagaimana agar biaya saya untuk internetan bisa kembali sehingga hobi tetap jalan tapi bisa dibilang ada feedback nya, ya semacam bisa dapat uang lah dari internet.

Sekian lama saya ngeblog kadang ada bosannya juga, kemudian tahun 2011 saya masuk ke Perguruan Tinggu, saat itu saya mulai ingin ngeblog lagi, saya membuat blog tentang fisika, sesuai dengan jurusan saya. Hal itu saya lakukan untuk mempublikasikan diri, karena saya sadar bahwa saya harus dikenal orang, karena kalau tidak saya bisa tenggelam.

Tahun 2014 saya memutuskan untuk membuat blog pribadi dengan domain TLD (Top Level Doamin), blog itu adalah blog yang Anda baca saat ini, ya benar herusatria.com

Tahun demi tahun saya lalui, rasa bosan ngeblog kembali datang, akhirnya saya mulai jarang ngeblog hingga beberapa hari yang lalu saya berselancar di internet, mencari template blog untuk usaha saya dan istri saya blikado.com

Nah, disitu saya menemukan template yang bagus, simpel tapi apik menurut saya, template itu adalah template yang Anda lihat saat ini, akhirnya saya ganti tampilan template saya. Saya tata dan saya perbaiki.

Setelah saya ganti template saya, saya iseng mencoba lagi memasang kode iklan yang dari dulu sampai sebelum saya di terima Google Adsense tidak pernah muncul iklan nya.

Unit iklan itu sudah saya sembunyikan, kemudian saya tampilkan kembali sehari setelah saya merasa cukup untuk memperbaiki template ini. Keesokan harinya, tara! Sepulang dari SAMSAT untuk ganti kepemilikan kendaraan bermotor saya melihat ada email masuk, SAYA KAGET BUKAN MAIN!

Loh, ah paling di tolak lagi! Ternyata yang terjadi sebaliknya, akun saya diterima sepenuhnya sebagai penayang iklan google Adsense. Seneng bukan main. Padahal saya sudah ndak bergitu berharap lagi diterima google adsense.

Oke, sekarang saya ingin sharing kepada Anda apa yang saya lakukan dari jaman pertama kali mendaftar GA hingga beberapa hari sebelum akhirnya diterima google Adsense.

1. Mendaftar

Sekitar tahun 2009 saya sudah mendaftar GA, namun hanya membuat akun dan tidak pernah saya buka hingga beberapa tahun kemudian.

2. Membatalkan Akun

Sekitar tahun 2014 saya hendak mencoba mendaftar akun GA, ternyata email saya masih terdaftar di akun GA yang pernah saya daftarkan 2009 lalu. Akhirnya saya batalkan akun tersebut.

3. Mendaftar GA Lagi

Setelah saya batalkan kemudian saya mendaftar GA lagi pada tahun 2014. Sebelumnya saya membeli domain TLD .com terlebih dahulu. Review pertama saya diterima, kemudian kode saya pasang dan muncul beberapa saat, kemudian hilang lagi hingga beberapa minggu, kemudian saya menerima email bahwa Pengajuan saya di tolak.

4. Melepas Kode Iklan dari Blog

Karena ditolak, akhirnya saya memutuskan untuk melepas kode iklan tadi, dan ngeblog seperti biasa.

5. Memasang kode iklan lagi

Sekitar tahun 2015 saya memasang kode iklan lagi, saat saya pasang iklan tidak muncul sama sekali. Selang beberapa minggu saya menerima email bahwa pengajuan saya di tolak.

6. Menyerah

Karena menyerah saya kemudian memutuskan untuk membatalkan akun GA saya lagi dan saya ngeblog seperti biasa. Selain ngeblog saya juga mencoba membuat channel youtube.

7. Mendaftar GA lagi

Melihat perkembangan channel youtube saya, saya berniat mendaftar kembali sebagai publiser google adsense namun untuk youtube. Saya mendaftar dengan email yang pernah saya daftarkan. Alhamdulillah diterima dan sampai pada ambang 10% pendapatan untuk verifikasi PIN pada tahun 2016.

8. Verifikasi PIN

Saya mencoba mengajukan verifikasi PIN namun tiga kali pengajuan tidak kunjung datang juga PIN nya. Akhirnya saya menerima email dari GA untuk mengirimkan scan kartu identitas untuk proses verifikasi. Saya kirimkan scan kartu identitas di form yang disediakan google Adsense, selang dua hari saya mendapat email bahwa akun saya telah memenuhi verifikasi alamat. Ini saya lakukan tahun 2016. Pada waktu itu saldo saya dari youtube sudah ada 500rb lebih.

9. Mendaftarkan blog lagi di GA

Saya mencoba mendaftarkan blog saya lagi di GA, review pertama diterima, kemudian saya pasang iklan namun iklan tidak muncul. Selang beberapa waktu saya menerima email penolakan lagi. Akhirnya saya melepas kode iklan saya dari blog.

10. Mendaftar lagi untuk kesekian kali

Saya mengajukan permohonan lagi tahun 2017 dan mendapat email penolakan lagi, kemudian kode iklan saya lepas lagi.

11. Mendaftarkan Blog Terakhir

Sekitar Juli 2017 saya mengajukan permohonan lagi di GA dan iklan tidak muncul hingga beberapa waktu. Merasa bosan menunggu akhirnya kode iklan saya lepas. Saya sebut mendaftar terakhir karena setelah ini akun saya diterima sepenuhnya.

12. Membuat blog baru

Saya berniat mengembangkan usaha saya bersama isteri saya, saya membeli domain blikado.com dan mulai membangun web bisnis saya tersebut. Dalam perjalanan mencari template yang bagus untuk jualan saya menemukan template yang sekarang saya gunakan di blog herusatria.com ini. Saya tertarik dan saya gunakan.

13. Memasang beberapa Widget

Saya memasang popular post, widget social media, about, subscribe, kategori dan menu yang berisi about, kontak, TOS, Disclaimer, Privacy Polcy serta widget facebook fans page.

Widget agar Diterima Google Adsense

14. Memasang Kode Iklan lagi

Setelah dua hari saya otak-atik template, melengkapi dan memperbaiki akhirnya saya pengen memasang kode iklan lagi. Di hari ketiga setelah saya mengganti template saya memasang kode iklan yang sudah beberapa tahun lalu saya sembunyikan di akun google Adsense saya untuk saya tampilkan kembali. Blog yang saya pasangi iklan adalah blog lama saya herusatria.com

15. Diterima Google Adsense

Selang empat hari setelah saya mengubah tampilan blog dan selang 2 hari setelah saya memasang kode iklan lagi, tiba-tiba pada tanggal 22 Agustus 2017 saya menerima email yang isinya menyatakan bahwa akun saya telah diterima sepenuhnya. Wah senengnya bukan main.... hehehe...

Diterima Google Adsense

Nah, sebenarnya ini hanya rangkuman perjalanan hingga akhirnya saya bisa menjadi publisher google Adsense. Saya tidak tahu apakah ini sebuah keberuntungan.

Namun, Alhamdulillah akhirnya saya bisa diterima goole Adsense. Pesan saya untuk Anda, terus lah berusaha dan mencoba, meskipun kadang muncul rasa bosan menunggu dan lain-lain, tetaplah beri waktu diri Anda untuk mencoba kembali, hingga akhirnya Anda dapat diterima sepenuhnya sebagai publisher google Adsense. Semangat Ya!

4 comments:

  1. Wah selamat ya mas jangan lupa bagi-bagi kalau sudah cair hehehe

    ReplyDelete
  2. mantap kang perjalananya, sepertinya kita sama terjun ke dunia bloging heee, salam satu kawasan AE wong magetan tapi aku heeeee

    oia kan untuk tahun 2010 -2013 bukanya kita daftar dari YT sdh bisa pasang di hosted kenapa gak manfaatin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam satu kawasan ae...

      Waktu itu belum tertarik sama youtube mas....
      Hehehe....

      Delete

Powered by Blogger.