Ads Top

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint
Setelah kemaren saya update tutorial cara mudah membuat menu navigasi di PowerPoint, pada kesempatan ini saya akan membagikan tutorial cara membuat menu hyperlink di PowerPoint. Nah, apa sih yang dimaksud hyperlink itu? Hyperlink pada PowerPoint adalah cara menghubungkan antara slide ke slide, slide ke file, slide ke web dan slide ke sesuatu yang lain yang dituju setelah hyperlink itu di klik.

Jadi, nantinya tutorial ini akan mengajarkan pada anda cara membuat tombol menu yang apabila tombol menu itu di klik maka tampilan slide akan mengarah ke slide, file, atau web yang dituju pada tombol hyperlink tadi. Untuk hasil slideshow nya bisa anda lihat pada video preview berikut ini:


Tutorial ini dapat anda lihat dalam video tutorial di channel youtube saya dengan mengikuti link yang ada di akhir artikel ini

Oke, mari sekarang kita mulai tutorialnya...

1# Buat peta konsep slide PowerPoint anda terlebih dahulu

Langkah pertama yang paling penting adalah membuat peta konsep PowerPoint anda terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan anda untuk menentukan berapa jumlah menu hyplerlink yang anda perlukan dan untuk memudahkan anda saat proses pembuatan menu hyperlink. Silahkan anda buat peta konsep seperti contoh berikut:

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

Pada contoh diatas saya membuat 3 topik utama yang akan saya bahas yaitu Blog, Youtube, dan Media Sosial ditambah dengan satu slide Home.

2# Buka PowerPoint anda terlebih dahulu

3# Buat slide sejumlah menu yang sudah anda buat. Sebagai contoh saya membuat beberapa topik yaitu Home, Blog, Youtube, dan Media Sosial. Maka, saya harus membuat 4 buah slide.

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

4# Buat Tombol menu dengan menggunakan shape di SLIDE 1 seperti gambar berikut.

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

Buat masing-masing menu dengan gambar kotak.

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

5# Silahkan anda percantik dengan mengubah warna, text serta tata letaknya. Saya mengatur slide presentasi saya sebagai berikut:

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

6# Beri hyperlink untuk masing-masing menu. Misal untuk menu Home akan saya arahkan ke Slide 1. Caranya klik gambar/shape yang akan diberi hyperlink, kemudian klik Insert - Hyperlink - Existing File or Web Page - Current Folder - Bookmark - Slide 1 - OK. Perhatikan gambar berikut!

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

Lakukan langkah-langkah serupa untuk tiap tombol menu. Sebagai contoh saya atur sebagai berikut:

Home - Slide 1
Blog - Slide 2
Youtube - Slide 3
Media Sosial - Slide 4

7# Silahkan blok semua yang ada di slide 1 dengan cara tekan CTRL + A pada keyboard. Setelah itu copy semua yang ada di slide 1 dengan cara menekan CRTL + C pada keyboard.

8# Silahkan menuju ke slide 2 kemudian paste dengan cara tekan CTRL + V pada keyboard. Setelah itu paste juga pada slide 3 dan slide 4. Hasilnya akan nampak seperti gambar dibawah:

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

9# Kembali ke menu home. Kemudian, ubah warna tombol menu home. Perhatikan gambar dibawah.

Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint

Ubah juga warna tombol Blog di slide 2, tombol Youtube di slide 3, dan tombol Media Sosial di slide 4.

Nah, sekarang tombol menu hyperlink anda sudah jadi dan siap digunakan. Kalau semua menu sudah siap baru Anda isi materinya. Jadi jangan isi materi dulu. Namun, buat menu-menu nya dulu baru mengisi materi di slide untuk memudahkan pekerjaan anda dalam membuat slide presentasi. Untuk tutorial bagaimana cara mengisi materi pada slide berisi hyperlink yang sudah anda buat tadi akan saya jelaskan pada tutorial berikutnya.

Kalau anda ingin menambah menu navigasi Home, Next dan Previous pada slide anda, anda bisa pelajari pada tutorial saya tentang cara mudah membuat menu navigasi Home, Next dan Previous di PowerPoint.

Kalau anda kesulitan untuk memahami tutorial dalam artikel ini silahkan anda lihat video tutorialnya di channel youtube saya dengan judul Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink pada PowerPoint



Untuk melihat langsung hasil dari tutorial ini silahkan anda download file PowerPoint berikut:



Demikian tadi tutorial Cara Mudah Membuat Menu Hyperlink di PowerPoint. Silahkan kreasikan semenarik mungkin slide presentasi anda dan selamat berkarya. Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.