Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Memiliki blog dengan menggunakan alamat domain bawaan blogger seperti misalnya akutukangnulis.blogspot.co.id tentu terlalu panjang dan cukup sulit untuk diingat dan dilafalkan. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berikan tutorial cara mengganti alamat blogspot.com dengan domain sendiri seperti .com .id .web.id dan lain-lain.

Sebelum anda mempelajari bagaimana cara mengganti alamat blog dengan domain sendiri, alangkah baiknya anda baca terlebih dahulu beberapa tips memilih nama domain agar blog anda semakin powerfull. Berikut ini adalah beberapa tips memilih nama domain.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

1. Gunakan Nama Domain yang Simple

Apa maksudnya? Apabila anda baru pertama kali terjun di dunia blogging tentunya beberapa di antara kita kurang memperhatikan perkara ini. Yaitu penggunaan nama domain yang simpel. Ketika memilih domain usahakan pilih nama domain yang mudah diingat, mudah dilafalkan, dan mudah di tulis, misal kompas.com detik.com dan lain-lain. Anda boleh memilih domain yang panjang, misal blogherusatriakerenbanget.com

Selagi nama domain tersebut mudah diingat, dilafalkan dan ditulis saya rasa tidak masalah. Jangan membuat nama domain seperti misalnya bl0gherusatri4.com Tentu alamat domain semacam ini sulit dihafalkan dan diingat.

2. Masukkan Kata Kunci di Alamat Blog atau Domain Anda

Beberapa pakar SEO menyarankan untuk menaruh kata kunci di alamat blog kita. Misal, blog kita membahas tentang cara berbisnis telur bebek. Maka, saya bisa membuat nama domain blog saya menjadi carabisnistelurbebek.com.

3. Sesuaikan Nama Domain Anda dengan Tujuan Anda Membuat Blog

Apa maksudnya? Misal tujuan anda membuat blog adalah sekadar untuk berbagi. Maka dengan membuat alamat blog yang simple (mudah diingat, ditulis, dan dilafalkan) saya rasa sudah cukup. Kalau tujuan anda membuat blog untuk melakukan personal branding untuk menjadi figur otoritas dibidang tertentu anda harus berpikir untuk membuat domain dengan nama khusus. Misal, anda bisa memilih nama domain dengan mana anda, misal seperti blog saya herusatria.com

Hal serupa juga perlu anda lakukan ketika anda ingin mengembangkan bisnis anda. Misal, saya ingin seperti pada point nomor 2. Saya ingin mengembangkan bisnis telur bebek. Maka, kurang tepat kalu misalnya saya menggunakan nama domain dengan nama saya. Pada kasus ini lebih baik saya membuat nama domain dengan alamat semisal bisnistelurbebek.com

Namun, point 3 ini menurut saya juga bukan merupakan sesuatu yang harus anda lakukan. Mengapa? Kalau anda perhatikan beberapa situs/ website berita, mereka tidak menyisipkan kata berita atau news di domain mereka, bahkan mereka menggunakan nama domain yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan berita, namun mereka mampu membuat nama nomain itu menjadi suatu domain otoritas untuk suatu situs web berita.

Lihat kompas.com Kata kompas identik dengan petualangan, namun nyatanya ketika anda mendengar kata kompas.com anda langsung bisa berfikir bahwa kompas.com adalah sebuah situs berita.

Apa keuntungan memiliki nama domain sendiri? Dengan memiliki nama domain sendiri, blog anda akan terlihat lebih keren, lebih dipercaya oleh pembaca, dan lebih disukai serta lebih dipercaya  oleh mesin pencari.

Lalu berapa biaya yang perlu anda keluarkan untuk membeli domain khusus? Untuk domain .com .net anda hanya perlu membelinya dengan harga sekitar Rp.100 - Rp. 200 ribu per tahun bergantung dimana anda membeli domain tersebut. Untuk domain .id (dot id) yang merupakan domain Indonesia anda perlu menyiapkan biaya lebih banyak sekitar Rp.300 - Rp. 500 ribu per tahun.

Nah, setelah anda mempelajari tentang cara memilih domain, sekarang saatnya untuk mempelajari bagaimana cara mengganti alamat blog dengan nama domain sendiri (custom domain). Silahkan anda ikuti tutorial berikut.

Nah, pada kesempatan ini saya merekomendasikan anda untuk membeli domain di niagahoster. Saya sendiri sudah sejak tahun 2017 yang lalu menggunakan layanan dari niagahoster ini dan saya merasa puas dengan pelayanannya karena cara aktifasinya yang cepat dan mudah. Berikut ini cara membeli domain di niagahoster.

#1 Buka terlebih dahulu niagahoster.co.id atau klik disini
#2 Cek Ketersediaan Domain dan Daftar ke Niagahoster
Setelah itu masukkan nama domain yang ingin anda gunakan di kolom yang sudah disediakan kemudian klik Cek Domain.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Nomor 1 : Tempat menulis nama domain
Nomor 2 : Pilih Top Level Domain yang anda inginkan (Misal .com / .id / .net dll)
Nomor 3 : Tombol untuk cek domain

Saat memilih nama domain bisa jadi nama domain anda sudah ada yang memakai sehingga anda harus mencari nama domain lain sampai nama domain anda tersedia. Kebetulan pada saat saya membuat artikel ini niagahoster sedang mengadakan promo domain .com dengan harga Rp. 105rb untuk satu tahun pertama.

Apabila domain anda tersedia, anda akan di arahkan ke halaman seperti dibawah, pilih berapa lama anda ingin membeli domain. Sebagai contoh saya memilih membeli domain 1 tahun. Kalau sudah kemudian silahkan klik Tambah ke Cart atau selanjutnya.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)
Anda akan dibawa ke halaman “Rekomendasi Hosting”. Silahkan scrol ke bawah kemudian klik “Order tanpa Hosting

Setelah itu anda akan diberi penawaran untuk Order Weebly Website Builder. Jangan anda centang, silahkan langsung anda klik Selanjutnya.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Setelah itu anda akan dibawa ke halaman seperti dibawah silahkan anda klik selanjutnya.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Apabila anda sebelumnya belum pernah menggunakan atau membuat akun di niagahoster silahkan anda pilih pengguna baru kemudian klik selanjutnya.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Pada bagian “Informasi Anda” silahkan anda isi biodata anda sesuai dengan data yang diminta.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Pada bagian “Pilih Pembayaran” silahkan anda pilih metode pembayaran yang ingin anda lakukan. Niagahoster menyediakan metode pembayaran dengan transfer bank, paypal, indomart dan lain - lain. Sebagai contoh saya memilih metode pembayaran dengan transfer bank.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Setelah itu silahkan klik “Checkout Sekarang

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Silahkan klik “Klik disini untuk cara dan konfirmasi pembayaran”.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Scrol kebawah untuk melihat ke nomor rekening mana anda bisa melakukan pembayaran. Setelah itu silahkan lakukan transfer sesuai dengan tagihan yang diminta oleh niagahoster.

Cara Mengganti Alamat Blogspot dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Proses selanjutnya adalah aktifasi domain anda. Untuk melakukan aktifasi silahkan anda baca langkah-langkahnya di web resmi niagahoster. Anda bisa baca disini. Selanjutnya adalah melakukan setting domain di setelan blog anda.

#3 Cara Setting Custom Domain dari Niagahoster ke Blogger.com

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran anda perlu menunggu beberapa waktu sampai domain anda aktif. Apabila domain anda sudah aktif, selanjutnya anda bisa melakukan setting domain dengan cara menghubungkan domain yang sudah anda beli di niagahoster ke blogspot.

Untuk mengetahui cara setting domain dari niagahoster ke blogger.com saya sudah membuatkan artikel khususnya. Silahkan anda pelajari di panduan berikut:


Nah, demikian tadi tutorial cara mengganti alamat blogspot dengan domain sendiri. Setelah melakukan setting domain berikutnya adalah mempromosikan alamat blog baru anda kepada publik. Selamat mencoba...

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA