Strategi Pemasaran Online yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Dalam bisnis apapun, pemasaran atau promosi bisnis adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang menjalankan bisnis. Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang strategi pemasaran online yang efektif, yang semoga bisa bermanfaat untuk mengembangkan bisnis anda.

Dengan adanya strategi pemasaran yang bagus yang anda terapkan pada bisnis anda, maka barang yang sepertinya biasa-biasa saja bisa memberikan penjualan yang besar. Sebaliknya, apabila anda tidak melakukan suatu proses pemasaran, barang dengan kualitas sebagus apapun tidak akan di kenal orang, yang berakibat tidak akan adanya penjualan. Disinilah letak pentingnya sebuah pemasaran dalam suatu bisnis.

Kemajuan teknologi saat ini, khususnya dengan berkembangnya internet telah memberikan peluang yang besar untuk mengembangkan bisnis anda. Bayangkan, dulu untuk mempromosikan bisnis, anda harus keluar biaya besar untuk pasang reklame, siaran di radio dan lain sebagainya. Sekarang, dengan adanya internet anda bisa promosi kapan pun dan dimanapun, bahkan anda bisa melakukannya secara gratis dengan adanya media sosial.

Strategi Pemasaran Online

Lalu, apa yang harus anda persiapkan dan lakukan ketika ingin melakukan pemasaran produk secara online? Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih ketika ingin melakukan pemasaran produk secara online.

1. Toko Virtual

Upayakan bisnis anda memiliki website atau toko online. Dengan memiliki website, bisnis anda akan terlihat lebih profesional dan orang akan lebih mudah memberikan kepercayaan kepada bisnis anda.

Untuk mempersiapkan website bisnis, anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti panduan-panduan yang telah banyak tersebar di internet, atau anda bisa menyewa jasa pembuatan website bisnis.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menjadi penjual di beberapa marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee. Dengan mengikuti marketplace tersebut, anda tidak perlu repot untuk membuat toko online sendiri.

Dengan memiliki toko virtual, anda bisa memberikan gambaran produk apa saja yang anda jual kepada calon customer anda. Kalau anda membuka layanan jasa, maka anda bisa memberikan secara detail tentang produk jasa seperti apa yang ingin anda tawarkan.

2. Foto / Video Produk

Foto produk memiliki peran kunci untuk memberikan visualiasi langsung mengenai gambaran produk anda kepada calon pembeli. Buatlah foto produk yang semenarik mungkin dan dengan kualitas sebagus mungkin. Semakin bagus anda menyiapkan foto produk anda, akan semakin bagus calon pembeli mendapat visualisasi produk anda.

Bagaimana kalau produk anda, merupakan produk digital? Misal, anda jualan ebook, maka anda bisa membuat design cover ebooknya. Kalau anda tidak bisa membuatnya sendiri, anda bisa menyewa jasa design cover ebook.

Bagaimana kalau produk anda adalah produk jasa, seperti pelatihan dan sejenisnya? Anda bisa menyediakan foto pelatihan, foto ruang pelatihan dan semua fasilitas yang anda berikan selama pelatihan.

Selain foto produk, anda juga bisa memvisualisasikan produk anda dalam bentuk video. Misal, seperti jasa pelatihan tadi, anda bisa memvisualisasikannya dalam bentuk video. Tentu, memvisualisasikan produk melalui video jauh lebih sulit dibanding melalui foto. Kalau anda tidak memiliki skil untuk membuat video sendiri, anda bisa menyewa jasa pembuatan video.

3. Media Sosial

Media sosial masih menjadi platform promosi online yang sangat efektif untuk digunakan. Jadi, kalau anda ingin melakukan promosi secara online, anda wajib memiliki akun media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, telegram, bbm, twitter, line, youtube dan media sosial lainnya. Minimal, anda harus memiliki akun facebook dan instagram.

Nah, setelah semua keperluan tadi anda miliki selanjutnya adalah saatnya anda praktek untuk melakukan pemasaran secara online. Kalau anda adalah pemula, lakukan secara sederhana terlebih dahulu seperti jualan lewat facebook, instagram dan whatsapp.

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa strategi pemasaran online yang bisa anda coba.

1. Pemasaran Online Melalui Media Sosial

Media sosial seperti facebook dan instagram adalah media terbesar yang paling banyak di gunakan oleh para pengguna media sosial. Pemasaran melalui media sosial masih menjadi cara yang paling ampuh untuk memasarkan bisnis anda.

Facebook dan instagram memiliki keunggulan yang lebih untuk menunjang bisnis anda, karena pada kedua media sosial itu terdapat fitur-fitur khusus untuk para pelaku bisnis. Misal, dengan facebook ads anda bisa beriklan di facebook, demikian pula di instagram anda bisa melakukan hal yang sama.

Berikut ini adalah strategi pemasaran yang bisa anda lakukan melalui beberapa media sosial sebagai berikut:

#1 Pemasaran Melalui Facebook

Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh para pengguna media sosial di Indonesia. Hal ini tentu bisa menjadi peluang tersendiri bagi yang mampu melihat peluang. Apalagi facebook selain sebagai media sosial juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang perkembangan bisnis para penggunanya.

Beberapa fitur facebook yang bisa anda gunakan untuk menunjang bisnis anda adalah facebook fanspage dan facebook ads. Dengan menggunakan facebook anda bisa melakukan promosi secara gratis maupun berbayar seperti menggunakan facebook ads. Berikut ini contoh tampilan facebook ads.

Strategi Pemasaran Online

#2 Pemasaran Melalui Instagram

Selain menggunakan facebook, menurut saya instagram juga sangat efektif untuk dijadikan sebagai alat promosi, apalagi bila produk anda membutuhkan visualiasi gambar produk. Sama seperti facebook, instagram juga dilengkapi dengan fitur yang dapat menunjang bisnis anda, seperti akun bisnis intagram dan pengiklanan berbayar.

#3 Pemasaran Melalui Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang banyak digunakan saat ini untuk sarana komunikasi. Tahukan anda bahwa whatsapp dapat dijadikan sebagai alat promosi yang efektif?

Whatsapp yang selama ini tahu hanya ada satu, namun aplikasi whatsapp sebenarnya ada dua, yaitu whatsaap da whatsapp businesss (whatsapp bisnis). Whatsapp business memiliki fitur yang cukup lengkap seperti balas pesan otomatis pada saat-saat tertentu, pesan cepat, dan anda dapat memberikan informasi profil bisnis anda di whatsapp business ini. Penasaran? Silahkan anda download aplikasinya di playstore.

#4 Pemasaran Melalui Youtube

Youtube adalah salah satu media sosial berbasis video. Saat ini banyak sekali yang menggunakan youtube untuk sekadar nonton video funny, ngevlog dan lain sebagainya.

Youtube dapat anda gunakan untuk mempromosikan produk anda dengan suatu tanyangan video yang lebih sempurna untuk menggambarkan produk anda. Saya sangat menyarankan anda juga menggunakan youtube sebagai salah satu alat promosi.

#5 Pemasaran Melalui Twitter

Secara pribadi saya sangat jarang menemukan orang jualan lewat twitter. Namun, tidak ada salahnya anda juga mencoba atau menggunakan  twitter sebagai alat pemasaran anda.

#6 Media Sosial Lainnya

Beberapa media sosial lain yang bisa anda gunakan untuk melakukan pemasaran produk adalah Line, Telegram, dan lain sebagainya. Tentu, masih banyak media sosial lain yang bisa anda gunakan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Yang terpenting adalah pilihlah satu atau dua media sosial saja untuk anda gunakan sebagai alat promosi. Dengan demikian anda akan bisa fokus dan bisa terus memantau serta mengevaluasi strategi pemasaran anda.

2. Pemasaran Online Melalui Website

Selain melakukan pemasaran melalui media sosial, anda juga bisa melakukan pemasaran melalui website bisnis anda dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization) atau beriklan melalui google adwords.

Dengan menerapkan SEO, website bisnis anda akan berada di posisi atas halaman pencarian google. Namun, untuk menerapkan SEO ini bukanlah perkara yang mudah, karena anda harus bersaing dengan ratusan bahkan jutaan orang yang ingin website bisnisnya muncul di halaman pertama pencarian google.

Kalau anda tidak bisa menerapkan SEO, anda bisa mencoba melakukan promosi berbayar dengan menggunakan Google Adwords. Google adwords adalah media beriklan milik google yang bisa memberikan traffik dan penjualan yang cukup banyak di website bisnis anda. Berikut adalah contoh tampilan iklan dari google adwords.

Strategi Pemasaran Online

Contoh tampilan lainnya sebagai berikut:

Strategi Pemasaran Online

Gambaran cara kerja untuk melakukan pemasaran online seperti ini, misal anda ingin mencari grosir baju murah di tanah abang, biasanya anda akan mencarinya lewat google dengan memasukkan kata kunci "grosir baju murah tanah abang". Nah, ketika website anda muncul dihalaman pertama google apalagi berada di posisi paling atas dengan menerapkan SEO atau beriklan dengan Google Adwords makan tingkat pengunjung ke website anda akan meningkat. Selain itu, juga akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis anda.

3. Pemasaran Online Melalui Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang juga efektif untuk diterapkan. Dengan email marketing anda bisa jualan kapanpun sesuai keinginan anda dengan target pasar yang jelas. Tentu sebelum menerapkan email marketing ini anda perlu membangun database email calon customer anda terlebih dahulu. InsyaAllah saya akan membahas tentang email marketing ini dalam artikel khusus berkutnya.

Nah, demikian tadi beberapa strategi pemasaran online yang bisa anda coba untuk anda terapkan. Ingat, pemasaran adalah kunci utama kesuksesan suatu bisnis. Jadi, lakukan strategi pemasaran dengan semakmisal mungkin dan seefektif mungkin. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA