Mengenal Coworking Space dan Tips Bekerja di Coworking Space

Mungkin anda masih asing dengan istilah coworking space ini. Saat saya pertama kali mendengar istilah ini, saya juga tidak punya gambaran tentang apa itu coworking space. Nah, biar kita sama-sama tahu tentang coworking space, silahkan anda baca artikel saya ini sampai akhir.

Apa itu Coworking Space?

Coworking space merupakan suatu tempat berkumpulnya para coworker dari berbagai individu, organisasi, maupun perusahaan yang berbeda-beda. Mereka menggunakan coworking space sebagai tempat bekerja mereka.

Coworking space bukan merupakan tempat kerja untuk satu profesi atau satu perusahaan saja, melainkan didalamnya ada berbagai profesi dari berbagai organisasi/perusahaan yang menggunakan tempat ini untuk bekerja. Contohnya adalah freelancer, developer, peneliti, anak IT, manager, auditor, designer grafis dan lain sebagainya.

Disini, para coworker atau orang yang bekerja di coworking space dapat saling bertemu, mengenal dan bila memungkinkan mereka juga bisa berkolaborasi untuk suatu pekerjaan.

Misal, anda adalah seorang editor. Di coworking space anda bertemu dengan writer ataupun blogger, maka anda bisa saling mengenal, kemudian bila memungkinkan anda bisa saling bekerja sama untuk suatu kesepakatan kerja tertentu atau sekadar sharing pengetahuan.

apa itu coworking space?

Sejak kapan Coworking Space Diperkenalkan?

Dari beberapa sumber yang saya baca, cikal bakal coworking space pertama kali dikenal sejak muncul perusahaan nirlaba bernama C-Base pada tahun 1995.

Organisai yang teletak di Jerman ini bertujuan menggabungkan kerja sama antara teknologi komputer, jaringan antar anggota organisasi, serta masyarakat umum dengan mengandalkan teknologi.

Kemudian pada tahun 1999, Bernard Brian DeKoven mencetuskan istilah coworking space dan pada tahun 2002 disebuah lokasi bernama Schraubenfabrik dibangun coworking space pertama di dunia. Pusat komunitas untuk entrepreneur ini berlokasi di kota Wina, Austria.

Namun, tempat yang memakai nama coworking space baru muncul pada tahun 2005 di San Francisco, Amerika Serikat dan banyak kalangan menyebutkan bahwa pada tanggal 9 Agustus 2005 sebagai tanggal lahirnya coworking space pertama di dunia.

Bagaimana dengan Coworking Space di Indonesia?

Dari beberpa sumber disebutkan bahwa konsep coworking space mulai diterapkan di Indonesia sejak tahun 2010 oleh anak-anak muda Bandung. Pada tahun 2010 Yohan Totting merintis coworking space dan mendirikan Hackerspace Bandung. Sejak tahun 2009 hingga 2015 sudah tercatat ada sekitar 34 coworking space yang tersebar di Indonesia.

Konsep Coworking Space

Meskipun diatas saya sebutkan bahwa coworking space merupakan tempat kerja, namun jangan anda bayangkan tempat ini berbilik-bilik seperti sebuah kantor. Konsep tempat ini adalah open space atau ruang terbuka.

Anda bisa saja bekerja di kafe, angkringan, ataupun tempat lainnya. Namun, dengan bekerja di coworking space, anda akan menemukan tempat kerja yang lebih mendukung.

Misal, bila anda adalah seorang pemilik startup, di tempat ini anda akan lebih mudah menemukan seorang developer, manager, maupun investor dibandingkan bila anda bekerja di kafe, ataupun tempat lain.

Karena konsep dari tempat ini adalah open space, jadi sangat nyaman dan lebih fresh dibandingkan bila bekerja di dalam ruangan kantor.

apa itu coworking space?

Selain tempat yang nyaman, tempat ini juga memiliki konsep agar antar coworker bisa saling berkolaborasi dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian. Anda juga bisa mengadakan acara untuk komunitas anda di coworking space ini.

Tips Bekerja di Coworking Space

Bila anda berminat menjadikan coworking space sebagai kantor anda, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba saat bekerja di coworking space.

1. Pilihlah Space yang Nyaman

Ketika kita bekerja tentu kita memerlukan tempat yang aman, terutama bila bekerjaan anda berkaitan dengan ide-ide kreatif dan semacamnya. Untuk itu pilihlan tempat yang menurut anda nyaman. Di tempat ini biasanya disediakan tempat lesehan, meja dan kursi standing desk.

2. Sosialisasi dan Kolaborasi

Salah satu kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika bekerja di coworking space adalah anda bisa bertemu dengan coworker yang lain. Untuk itu sebisa mungkin bersosialisailah dengan para coworker ditempat anda bekerja. Anda bisa saling sharing pengetahuan maupun saling bekerja sama untuk beberapa keperluan perusahaan atau bisnis anda kedepan.

Nah, demikian tadi penjelasan mengenai apa itu coworking space dan tips bekerja di coworking space. Semoga artikel ini bermanfaat dan mengobati rasa ingin tahu anda tentang coworking space...

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA