Belajar Viral Marketing dan Strategi Viral Marketing

Perkembangan dunia bisnis yang semakin ketat membuat para pelakunya berlomba-lomba dalam mempromosikan produk mereka, salah satunya dengan menerapkan berbagai strategi marketing yang terbaik untuk bisnisnya.

Salah satu strategi marketing yang efektif untuk diterapkan adalah "viral marketing". Viral marketing atau disebut juga viral advertising adalah strategi marketing yang menggunakan media sosial dan konten yang berpotensi viral untuk mempromosikan suatu produk.

Tidak semua konten bisa viral, untuk itu mengetahui beberapa ciri konten viral sangat penting untuk anda, bila anda ingin menerapkan strategi viral marketing ini.

Melalui viral marketing kita mendorong orang untuk mau menyebarkan informasi yang kita berikan dalam konten yang kita miliki kepada lebih banyak orang. Mereka kemudian yang akan menyebarkan konten kita ke media sosial secara sukarela tanpa kita minta.

Sebagai contoh adalah artikel viral, gambar viral, video viral, maupun meme yang bisa anda temukan di facebook, instagram, twitter dan media sosial lainnya.

Lalu, apa yang harus anda lakukan bila ingin menjalankan viral marketing ini? Setidaknya ada beberapa hal dasar yang harus anda lakukan dalam menerapkan strategi viral marketing, yaitu:

1. Mempersiapkan Konten

Konten bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari artikel, gambar, video dan lain sebagainya. Mempersiapkan konten menjadi hal pokok pertama yang harus anda lakukan karena konten inilah yang kemudian akan anda viralkan.

Diawal telah saya singgung bahwa tidak semua konten bisa jadi viral dan meskipun konten anda berhasil menjadi viral belum tentu konten anda mampu menjual. Untuk itu anda perlu belajar tentang cara membuat konten yang bisa meningkatkan penjualan produk anda terlebih dahulu.

Dalam membuat konten pun hindari aksi langsung menjual. Usahakan memberi nilai tambah terlebih dahulu kepada calon pembeli anda, bisa dalam bentuk pengetahuan, hiburan dan lain sebagainya bergantung pada produk apa yang ingin anda jual.

Misal, anda jualan kosmetik, anda bisa membuat artikel tentang bahaya kosmetik, kemudian dalam artikel itu anda memberikan contoh produk kosmetik yang aman untuk digunakan, nah produk kosmetik itu adalah produk anda.

Atau, anda bisa membuat video tutorial tentang tatarias, kemudian anda memperkenalkan kosmetik yang anda pakai di video tersebut serta menjelaskan alasan mengapa anda memilih kosmetik tersebut. Dengan demikian orang akan penasaran dan ingin mencoba produk anda.


Berikut beberapa jenis konten yang bisa anda persiapkan sebelum menjalankan viral marketing:

1. Artikel

Untuk membuat artikel viral ternyata juga buka perkara yang mudah. Artikel anda harus benar-benar memberikan daya tarik dan manfaat yang lebih agar orang mudah memberikan rekomendasi kepada temannya untuk juga membaca artikel anda.

Anda bisa membuat artikel di facebook, blog atau dalam bentuk ebook yang anda berikan secara gratis kepada target market anda.

2. Video

Konten dalam bentuk video bisa berupa, video tutorial, vlog, video yang menjelaskan tentang sesuatu dan lain sebagainya. Ingat, jangan langsung menjual, tapi berikan nilai tambah terlebih dahulu.

3. Gambar

Anda bisa membuat gambar meme yang penuh humor kemudian membubuhkan alamat website bisnis anda. Ada banyak sekali strategi yang bisa anda lakukan untuk menjalankan viral marketing melalui gambar ini, yang jelas anda harus memahami bagimana cara membuat konten viral terlebih dahulu.

2. Menentukan Media Promosi

Ada banyak sekali media promosi yang bisa anda gunakan untuk menerapkan viral marketing ini, diantaranya:

1. Media Sosial

Dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya anda bisa melakukan viral marketing. Diantara beberapa media sosial yang ada, tentu facebook merupakan media sosial yang lebih powerfull untuk hal ini, mengapa?

Di Indonesia, pengguna facebook sangat banyak sekali dan di facebook anda bisa memuat artikel, link website/blog, video, gambar yang berpotensi viral. Selain itu, keberadaan tombol share di facebook juga sangat berguna untuk viral marketing ini.

2. Youtube

Media ini sangat cocok bila konten anda berupa konten video. Anda bisa membuat video tutorial sebelum menjual ataupun jenis video lainnya bergantung jenis produk anda. Dengan mengunggah video di youtube, konten anda juga berpotensi menjadi viral, karena youtube memiliki tombol share yang bisa membagikan video anda ke media sosial yang lainnya.

3. Email

Email juga menjadi salah satu media yang bagus untuk menerapkan konten marketing ini. Namun, anda perlu membangun database email calon pembeli anda terlebih dahulu sebelum anda menjual.

Melalui email, anda bisa membagian artikel-artikel atau pengalaman yang berkaitan dengan produk anda. Selain itu, anda juga bisa memberikan ebook gratis kepada calon pembeli anda. Ingat untuk memberikan nilai tambah terlebih dahulu baru menjual.

4. Blog

Melalui blog, anda bisa membuat konten berupa artikel yang bermanfaat untuk calon pembeli anda sebelum anda menjual. Sediakan pula tombol share ke media sosial lainnya di blog anda agar pembaca blog anda bisa dengan mudah merekomendasikan teman mereka di media sosial mereka untuk membaca konten anda.

Ingat, kegiatan utama yang perlu anda lakukan dalam menerapkan viral marketing adalah bagaimana mendorong orang lain untuk meneruskan informasi produk anda kepada teman-teman mereka.

Dalam dunia marketing konvensional viral marketing sebenarnya juga ada. Biasanya kita sebut dengan pemasaran dari mulut-kemulut.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang perlu anda pelajari tentang viral marketing dan strategi viral marketing. Semoga bermanfaat...

2 komentar

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA