Ads Top

9 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan Tahun 2016

Kali ini saya akan membagikan artikel tentang peluang bisnis di Bulan Ramadhan. Tidak terasa bulan Ramadhan 2016 ini sudah tinggal sebentar lagi. Pada Bulan Ramadhan apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri kebutuhan masyarakat akan kuliner dan busana semakin meningkat. Tak heran, kesempatan ini dijadikan sebagai peluang bisnis musiman yang sangat menguntungkan bagi sebagian orang.

Bukan hanya kuliner dan busana saja sebenarnya, bahkan sebagain orang mulai berpikir untuk renovasi rumah dan transportasi mudik. Berikut ini saya akan berikan beberapa usaha yang bisa Anda jalankan selama Bulan Ramadhan kedepan hingga pasca lebaran.

Membuka Catering untuk Hidangan Buka Bersama


Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang hobi masak dan pandai memasak. Khususnya bagi ibu-ibu atau wanita-wanita muda yang punya hobi masak tak salah untuk mencoba menjalankan usaha ini.

Biasanya beberapa kantor, kelompok, komunitas, dan mahasiswa banyak mengadakan kegiatan buka bersama pada Bulan Ramadhan, entah itu dalam lingkup mereka sendiri ataupun dengan melibatkan kelompok lain seperti buka bersama anak-anak di panti asuhan dan lain sebagainya.

Ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis kuliner yang cukup menguntungkan. Misal Anda mendapat pesanan 30 porsi, setiap satu porsi Anda mendapat keuntungan Rp.3000 maka keuntungan Anda sebesar Rp. 90.000 / 30 porsi.

Ini hanya permisalah, Anda dapat menarik keuntungan yang mungkin lebih dari nominal diatas, dan dengan beberapa trik promosi Anda dapat mendapat keuntungan yang berlipat-lipat. Intinya kreativitas Anda juga diperlukan.

Anda bisa menjual Nasi dan Ayam Panggang, Masakan Padang, dan lain sebainya. Perlu di ingat untuk juga memperhatikan harga dan kualitas masakan Anda.

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2016
Image courtesy of rakratchada torsap at FreeDigitalPhotos.net

Jualan Busana Muslim untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa


Menjelang hari raya, kita banyak menemukan masyarakat yang mencari busana muslim ataupun sekadar baju baru untuk lebaran. Nah, ini juga membuka peluang usaha baru bagi Anda.

Anda bisa meperoleh keuntungan Rp. 5000 – Rp.50.000 untuk tiap item dan bahkan bisa lebih. Untuk promosinya, Anda dapat mempromosikan pada tetangga, teman, dan Anda juga dapat memasarkannya secara online. Apa yang bisa Anda jual?

  1. Mukena Dewasa
  2. Mukena Anak-anak
  3. Songkok/Peci
  4. Jilbab
  5. Rabbani
  6. Sarung
  7. Baju Koko
  8. Jenis Baju yang biasa digunakan pada Hari Raya
  9. Dan lain sebagainya…

Caranya, Anda bisa menjadi reseller produk orang lain. Atau bila Anda memiliki modal lebih, Anda dapat membeli baju-baju yang hendak Anda jual di tempat-tempat grosir baju yang murah dan berkualitas di daerah Anda untuk kemudian Anda jual kembali.

Jualan Takjil


Saat berbuka, sebagai makanan pembuka  biasanya tiap keluarga membutuhkan hidangan yang satu ini sebagai pembuka. Anda bisa menjual makanan takjil, seperti Lumpia, Pisang Goreng, Ote-ote, minuman-minuman manis, dan lain sebagainya. Bila Anda tidak sempat membuat sendiri, mintalah orang lain untuk membuatnya dan Anda yang menjualkannya dengan sistem bagi hasil atau sesuai kesepakatan Anda dengan pembuat jajanan takjil.

Jual Tiket Transportasi


Budaya masyarakat kita adalah mudik untuk berkumpul bersama keluarga pada hari raya. Dengan melihat peluang ini Anda bisa menjadi agen tiket pesawat, tiket bus, tiket kereta, tiket travel dan moda transportasi lainnya.

Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang hidup di daerah yang masyarakatnya terdapat banyak perantau dari daerah lain.

Jualan Kue Lebaran


Bagi Anda yang memiliki kemampuan membuat kue, tidak ada salahnya mencoba menukar kemampuan Anda dengan sesuatu yang lebih menguntungkan secara materi. Ibu-ibu rumah tangga banyak yang membutuhkan kue-kue lebaran menjelang hari raya. Jadi Anda bisa mencoba peluang ini.

Tapi, Anda juga tidak harus pandai membuat kue untuk usaha yang satu ini. Anda bisa menjadi reseller atau Anda bisa bekerja sama dengan orang lain yang bisa membuat kue untuk menjalankan usaha ini.

Usaha Pembuatan Parsel/Bingkisan


Beberapa masyarakat kita akan saling berbagi atau bertukar hadiah saat lebaran baik untuk keluarga, sahabat, maupun rekan bisnisnya. Nah bila Anda memiliki kemampuan dalam membuat parcel atau bingkisan, tidak ada salahnya Anda mencoba usaha ini.

Usaha Rental Mobil


Bila Anda punya kendaraan yang tidak terpakai dan tidak Anda pakai selama lebaran, usaha ini cukup menjanjikan buat Anda. Anda bisa menggunakan mobil yang Anda pakai untuk usaha rental mobil. Anda bisa mendapat keuntungan Rp.200.000 – Rp.400.000 per hari bergantung penawaran dan jenis mobil Anda bahkan lebih.

Bisnis ini memiliki resiko yang cukup besar jadi Anda juga harus tetap hati-hati. Saya sarankan Anda mempelajari terlebih dahulu cara menjalankan bisnis rental mobil ini sebelum mencobanya agar faktor resiko dapat di tekan seminim mungkin.


Buka Usaha Pengecatan Rumah


Beberapa orang biasanya akan melakukan sedikit renovasi untuk mempercantik rumahnya, minimal mengecat rumah. Nah, bila Anda memiliki kemampuan dan kekuatan fisika untuk mengecat rumah, tidak ada salahnya Anda mencoba peluang ini.

Sekali lagi, Anda tidak harus melakukan sendiri. Anda bisa menjadi agen renovasi rumah, kemudian Anda mengumpulkan beberapa tukang atau orang yang sekiranya bisa mengecat rumah untuk kemudian Anda pekerjakan.

Cobalah berpikir tentang suatu konsep yang kreatif dalam pengecatan rumah kemudian tawarkan.

Apa Ide Bisnis Anda?


Terakhir, Apa ide usaha Anda? Bila Anda memiliki ide usaha yang lain tidak ada salahnya Anda mencoba atau merintis usaha Anda.

Anda tidak perlu melakukan semua usaha diatas sendiri, dengan kemampuan management yang baik Anda bisa memberdayakan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Anda mendapat untuk juga mendapat pahala menolong orang lain untuk mendapatkan tempat mencari nafkah.

Beberapa orang yang menjalankan bisnis di bulan Ramadhan akhirnya terus melanjutkan usahanya. Nah, siapa tahu bulan Ramadhan ini juga dapat menjadi momentum bagi Anda untuk membuka usaha baru kedepannya.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba…

2 comments:

  1. Selama bulan ramadhan ini penjualan gorengan juga meningkat. Masukan daftar yg termasuk yg menguntungkan di bulan ramadhan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sudah adalah dalam daftar jualan makanan takjil...

      Delete

Powered by Blogger.