Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Simak Baik-Baik!

Anda mungkin pernah mendengar beberapa orang mengatakan bahwa "kita bisa menghasilkan uang dari blog". Lantas, apakah pernyataan itu benar? Dengan tegas saya ingin menjawab bahwa "Benar, kita bisa menghasilkan uang dari blog.

Apakah saya sudah membuktikannya? Saya sudah membuktikan meskipun uang yang saya peroleh dari blog saya masih terbilang sangat sedikit sekali. Namun, saya yakin suatu saat nanti saya akan bisa seperti yang sudah diraih oleh para blogger-blogger yang sudah expert di bidang ini.

Mungkin anda akan bertanya "Kalau begitu, bagaimana anda bisa mendapatkan uang dari blog?"

Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan agar anda bisa memperoleh penghasilan dari blog yang anda miliki. Apakah saat anda membaca blog ini, anda sudah memiliki blog sendiri? Kalau belum silahkan anda baca terlebih dahulu artikel saya tentang cara membuat blog yang sudah saya siapkan, karena kalau anda ingin mendapat uang dari blog, maka anda harus punya blog terlebih dahulu.


Nah, kalau saya sudah punya blog bagaimana cara menghasilkan uangnya?

Berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang bisa anda coba dan banyak dilakukan oleh para blogger.


1. Menjadi Publisher Google Adsense

Cara menghasilkan uang dari blog dengan menjadi publisher google adsense ini berdasarkan pada pengamatan saya adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh para blogger. Anda akan dapat menayangkan iklan dari google dan akan dibayar untuk setiap klik iklan dan setiap 1000 kali penayangan iklan.

Cara ini menurut saya susah-susah gampang juga. Untuk bisa menjadi publisher google adsense pun juga terbilang tidak mudah. Butuh kerja keras, kesabaran dan konsistensi ekstra.

Saya sendiri butuh waktu setidaknya 2 tahun hingga akhirnya bisa menjadi publisher google adsense. Diluar sana banyak yang hanya membutuhkan waktu beberapa bulan. Hal ini saya akui terjadi karena saya kurang kerja keras dan kurang konsisten mengurus blog saya selama dua tahun terakhir.

Agar anda dapat merasakan hasil setelah berhasil menjadi publisher google adsense, anda juga memerlukan traffik pengunjung blog yang banyak. Hal ini berarti anda harus menyediakan konten blog yang berkualitas dan disukai oleh penikmat blog anda, yang artinya anda harus benar-benar bekerja keras untuk mengurus blog anda.

Selain menyediakan konten blog yang berkualitas, anda juga perlu mengerti teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari sehingga mendapatkan traffik dari mesin pencari. Hal ini juga bukan perkara mudah, karena anda harus bersaing dengan ratusan, ribuan bahkan jutaan orang yang menginginkan blognya berada di posisi teratas saat orang-orang mencari suatu informasi di mesin pencari.

Selain SEO anda juga perlu mengerti tentang teknik Internet Marketing. Hal ini penting untuk menarik pengunjung ke blog anda.

Dalam bermain Google Adsense, banyaknya pengunjung berbanding lurus dengan penghasilkan yang akan anda dapatkan, meskipun dalam beberapa kasus hal ini tidak berlaku. Yang perlu anda garis bawahi dalam bermain google adsense adalah anda perlu belajar mengenai konten, SEO, internet marketing, dan teknik optimasi iklan adsense.

Penghasilan yang bisa anda peroleh dengan menjadi publisher google adsene mulai dari Rp. 1,- (satu rupiah) sampai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah per hari. Semakin bagus blog anda, semakin banyak pengunjung blog anda dan semakin menguasai teknik-teknik yang saya sebutkan diatas, akan semakin banyak penghasilan yang akan anda peroleh.


2. Menyediakan Slot Iklan di Blog

Kalau pada point no.1 kita menayangkan iklan dari google, pada point ini kita menawarkan slot iklan kita sendiri. Agar orang tertarik memasang iklan di blog anda, blog anda harus memiliki pengunjung blog yang tinggi. Anda bisa memperoleh Rp. 100.000,- bahkan lebih setiap satu iklan/ bulan yang anda tayangkan di blog anda. Semakin bagus traffik blog anda, harga slot iklannya juga bisa anda tingkatkan.

Untuk menghasilkan uang dengan cara menyediakan slot iklan mandiri ini juga tidak mudah, anda perlu meyakinkan pengunjung blog anda bahwa blog anda benar-benar memiliki traffik yang tinggi dan dapat menguntungkan pemasang iklan.

3. Mengikuti Program Affiliate Marketing

Apa itu affiliate marketing? Secara sederhana bisa anda pahami dengan menjual produk milik orang lain, entah itu produk digital atau produk fisik, kemudian anda akan mendapat komisi kalau berhasil menjual produk tersebut. Banyak orang-orang yang sudah sukses dengan menjadi seorang affiliate marketer. Penghasilan yang bisa anda peroleh juga cukup lumayan.

Bagaimana cara kerjanya? Pertama anda harus mengikuti program affiliasi terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang ingin anda bantu jualkan. Setelah itu anda akan memperoleh komisi untuk setiap kali penjualan, bahkan bila pemilik (vendor) produk anda menyediakan bonus, anda bisa mendapat lebih.

Berapa yang akan anda peroleh? Saya beri contoh, beberapa produk digital di jual dengan harga rata-rata Rp. 100.000 keatas. Biasanya anda bisa mendapat komisi Rp. 50.000 / pejualan atau dengan bagi hasil, misal 75 % untuk vendor dan 25% untuk anda. Lumayan bukan?

Untuk mengikuti program affiliasi ini anda bisa mengikuti program affiliasi dengan cara mendaftar di idaff.com atau ratakan.com


4. Menawarkan Jasa /Menjual Produk Sendiri

Kalau anda memiliki jasa/ produk sendiri tidak ada salahnya anda untuk menjualnya di blog anda. Berikut ini adalah beberapa jasa atau produk yang bisa anda jual di blog anda.

# Menawarkan Jasa Menulis Artikel

Apabila anda memiliki keahlian menulis, anda bisa menawarkan jasa menulis artikel. Berapa penghasilan yang bisa anda peroleh? Anda bisa memperoleh penghasilan mulai dari Rp. 10.000 untuk 100 kata sampai Rp. 40.000 untuk 1000 kata bahkan lebih untuk setiap penambahan jumlah kata. Lumayan bukan?

Kalau anda ingin menghasilkan uang dengan menjadi penyedia jasa penulis artikel, saya sarankan anda belajar juga tentang penulisan artikel, copywriting, dan SEO.

# Menawarkan Jasa Kursus Online

Ini cocok untuk anda yang memiliki suatu keahlian tertentu, misal keahlian memasak, keahlian di bidan komputer, keahlian di bidang bahasa asing dan lain-lain.

Untuk menarik pelanggan, anda harus banyak menulis tentang keahlian yang anda tawarkan di blog anda, dengan demikian pengunjung blog anda akan merasa yakin bahwa anda memang benar-benar ahli di bidang tersebut.

# Menawarkan Jasa Design

Kalau anda suka membuat design entah itu design photo, grafis, presentasi dan lain-lain, tidak ada salahnya anda mencoba menawarkan jasa design anda kepada pengunjung blog anda. Untuk bisa menawarkan jasa design ini anda harus memuat atau membuat artikel yang berhubungan dengan jasa yang anda tawarkan.

# Menawarkan Jasa Pembuatan Blog/ Website

Anda yang suka otak-atik blog tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa pembuatan blog atau website. Untuk bisa menawarkan jasa pembuatan blog/ website tentunya anda harus paham tentang koding, tentang optimasi SEO, tentang web design dan segala hal yang menyertainya.

Berapa penghasilan yang bisa anda peroleh? Kalau anda bisa benar-benar expert di bidang ini anda bisa memperoleh Rp. 500.000 - Rp. 50.000.000 bahkan lebih.

# Menawarkan Jasa Review Produk

Jasa model ini merupakan jasa yang juga banyak di berikan oleh para blogger. Anda bisa menarkan jasa untuk mereview produk orang lain kemudian anda akan mendapatkan uang dari orang atau perusahaan yang anda review produknya. Untuk bisa menjalankan jasa ini ada baiknya anda belajar juga tentang Conten Writing, Copywriting, dan SEO.

Berapa penghasilan yang bisa anda peroleh dengan menawarkan review produk? Anda bisa memperoleh penghasilan Rp. 50.000 - Rp. 1.000.000 bahkan lebih bergantung tawar menawar anda dengan pemilik produk yang akan anda review produknya.


# Menawarkan Jasa Penempatan Konten (Content Placement)

Anda bisa menawarkan kepada para pemilik produk atau jasa untuk menempatkan artikel review produk/ jasanya di blog anda. Jadi, anda tidak perlu membuat review produknya. Anda hanya menyediakan tempat bagi mereka untuk menempatkan artikel di blog anda. Untuk bisa menawarkan jasa penempatan konten ini, blog anda harus memiliki traffik pengunjung yang tinggi.

Berapa yang bisa anda peroleh dengan menyediakan jasa penempatan konten? Anda bisa memperoleh Rp. 50.000 - Rp.200.000 bahkan lebih bergantung pada tawar menawar anda dengan pemilik produk/jasa.

# Menjual Produk Digital / Ebook

Kalau anda bisa membuat produk digital atau ebook sendiri tidak ada salahnya anda untuk menawarkan produk digital anda kepada pembaca setia blog anda. Tentu hal ini memerlukan kerja keras untuk membuat produk anda sendiri terlebih dahulu. Berapa potensi penghasilannya? Bergantung berapa anda ingin menjualnya kepada pelanggan.


# Menjual Barang Fisik

Mungkin tetangga anda memiliki usaha tertentu yang menurut anda bagus untuk dipasarkan atau anda pemiliki produk itu sendiri, misal produk meuble, produk kecantikan, produk kerajinan tangan dan lain-lain anda juga bisa menjualnya lewat blog anda. Anda bisa ikut memasarkan produk fisik orang lain, maupun produk anda sendiri.

# Menjual Website / Blog Jadi

Anda yang pandai membuat dan melakukan optimasi blog tidak ada salahnya untuk membuat lebih dari satu blog untuk kemudian anda kembangkan. Apabila blog tersebut sudah memiliki traffik yang tinggi anda bisa menjualnya kepada orang lain. Semakin tinggi traffik blog yang anda buat semakin mahal harganya.

Nah, demikian tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog anda. Ingat, semua memerlukan proses dan kerja keras. Tidak ada cara yang instan. Selamat mencoba...

1 komentar

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA