Cara Membuat Blog [Panduan Lengkap dan Praktis]

Pada kesempatan ini saya akan membagikan panduan lengkap cara membuat blog untuk anda yang ingin belajar ngeblog dan memiliki blog sendiri. Panduan ini saya khususkan berisi panduan cara membuat blog di platform blog blogger.com

Apa saja yang akan anda pelajari dalam panduan ini? Beberapa bahasan telah saya buat dalam artikel ini dan anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Dalam panduan ini anda akan mempelajari tentang:
  1. Cara Membuat Blog di Blogger.com
  2. Cara Melakukan Pengaturan Dasar di Blog
  3. Cara Menulis Artikel/ Posting di Blog
  4. Cara Menambah Widget di Blog
  5. Cara Mengganti Template Blog Agar Lebih Menarik
  6. Cara Mengganti Alamat Blog dengan domain sendiri (.com)
Mengapa saya memilih platform blogger.com dalam panduan ini?

Alasannya adalah karena Blogger.com merupakan platform blog gratis yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap dan cocok untuk anda yang ingin belajar ngeblog dan memiliki blog sendiri dengan tanpa biaya atau dengan biaya yang seminimal mungkin.

Mengapa sebaiknya anda segera memiliki blog mulai saat ini?

Bagi saya memiliki sebuah blog adalah sebuah investasi jangka panjang. Dengan memiliki blog anda bisa membuat personal branding, menjual produk, mengembangkan bisnis anda dan lain sebagainya.

Cara Membuat Blog

Nah, sekarang silahkan anda simak langsung panduan cara membuat blog berikut ini:

#1 Cara Membuat Blog di Blogger.com

Sebelum membuat blog di blogger.com terlebih dahulu anda harus memiliki akun gmail. Apabila anda belum memiliki akun gmail silahkan anda buat terlebih dahulu.


Kalau sudah silahkan buka blogger.com kemudian klik “CREATE YOUR BLOG

Cara Membuat Blog

Masukkan alamat email dan kata sandi anda. Setelah itu klik "MASUK"

Cara Membuat Blog

Sekarang silahkan lakukan konfirmasi akun anda terlebih dahulu. Silahkan anda pilih opsi profil google + dengan cara klik tombol "Buat Profil Google +"

Cara Membuat Blog

Pada bagian dibawah ini isikan nama depan, nama belakang dan gender anda. Setelah itu klik "CREATE PROFILE"

Cara Membuat Blog

Setelah itu anda akan diminta untuk mengubah foto profile anda. Silahkan anda beri photo profile anda kemudian klik "SAVE". Apabila anda belum ingin memberi photo profile pada akun anda, anda bisa melewati bagian ini dengan klik "SKIP"

Cara Membuat Blog

Selanjutnya lakukan konfirmasi profil anda dengan cara klik "Lanjutkan ke Blogger"

Cara Membuat Blog

Anda akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini. Sekarang silahkan anda klik "BUAT BLOG BARU"

Cara Membuat Blog

Pada halaman dibawah ini silahkan  anda isi judul blog, alamat blog dan anda pilih tema blog yang ingin anda gunakan. Kalau sudah klik "BUAT BLOG"

Saat mengisi alamat blog adakalanya alamat blog yang anda pilih tidak tersedia, itu artinya alamat blog tersebut sudah dipakai oleh orang lain. Silahkan buat alamat blog yang lain sampai alamat blog yang anda pilih tersedia.

Cara Membuat Blog
Selamat, sekarang blog anda sudah jadi. Apabila muncul seperti gambar dibawah ini silahkan anda klik "Lain Kali" atau anda tutup [X]

Cara Membuat Blog
Nah, sebelum mempelajari cara menulis artikel di blog, anda akan mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara melakukan pengaturan dasar di blog. Silahkan anda lanjutkan membaca panduan ini...

#2 Cara Melakukan Pengaturan Dasar di Blog

Pada bagian ini anda akan mempejari bagaimana cara membuat deskripsi blog, deskripsi penelusuran blog, mengubah bahasa dan mengubah pemformatan tanggal blog serta cara mengatur jumlah posting di halaman awal blog anda.

# Membuat Deskripsi Blog

Deskripsi blog secara sederhana dapat kita sebut sebagai keterangan blog kita. Misal judul blog saya adalah "Heru Satria" dan deskripsinya adalah "Blog yang membahas tentang blogging, SEO, bisnis, komputer dan lain-lain".

Untuk menambahkan deskripsi blog ini silahkan anda klik Setelan - Dasar kemudian pada pilihan Deskripsi klik Edit.

Cara Membuat Blog

Setelah itu isikan deskripsi blog yang anda inginkan, untuk mengisi deskripsi blog ini maksimal 500 karakter. Kalau sudah silahkan klik Simpan Perubahan.

Cara Membuat Blog

# Mengatur Jumlah Artikel di Halaman Awal / Home Page

Kalau anda melihat blog ini pada halaman home page anda akan melihat hanya beberapa artikel saja yang ditampilkan di halaman pertama blog. Nah, untuk melakukan pengaturan seperti ini silahkan anda klik Setelan - Posting, Komentar dan Berbagi. Setelah itu silahkan anda isi jumlah artikel yang ingin anda tampilkan di halaman pertama blog anda. Setelah itu jangan lupa klik Simpan Setelah. Perhatikan gambar dibawah ini

Cara Membuat Blog

# Mengubah Bahasa dan Pemformatan Tanggal

Untuk mengubah bahasa dashboard blog dan pemformatan tanggal blog anda silahkan anda ikuti tutorial berikut ini. Pemformatan tanggal berfungsi untuk mengatur zona waktu blog anda. Misal, anda berada di Indonesia maka anda dapat mengatur zona waktu anda di Zona GMT Jakarta.

Silahkan klik Setelan - Bahasa dan Pemformatan Tanggal. Ubah sesuai keinginan anda setelah itu jangan lupa klik Simpan Perubahan. Sebagai contoh saya melakukan pengaturan seperti gambar di bawah:

Cara Membuat Blog

Oke, sekarang anda telah melakukan pengaturan dasar di blog anda. Selanjutnya, saatnya anda untuk menulis artikel pertama anda yang akan anda pelajari pada bagian berikut ini:

#3 Cara Menulis Artikel / Posting di Blog

Pada bagian ini anda akan mempelajari bagaimana cara menulis artikel di blog. Saat menulis artikel, biasanya saya menulis terlebih dahulu artikel saya di Ms. Word atau Notepad. Hal ini saya lakukan untuk memudahkan melakukan editing karena bisa dilakukan secara offline ketimbang langsung menulis di blog. Baru setelah artikel saya selesai saya pidah dengan cara Copy Paste ke Blog.

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa fitur yang terdapat di Entri blogger, cara menyisipkan gambar, cara memberi label pada postingan, dan cara mengubah permalink postingan blog kita.

Untuk Masuk ke Entri Posting Blog silahkan klik Postingan - Entri baru

Cara Membuat Blog

# Fitur-Fitur Dihalaman Entri Posting Blog

Cara Membuat Blog

Keterangan:

# Nomor 1
Bagian ini merupakan bagian untuk menuliskan judul postingan atau judul artikel anda.

# Nomor 2
Pada bagian ini ada dua mode yaitu Compose dan HTML. Compose digunakan untuk menulis artikel sementara mode HTML digunakan untuk melakukan editing kode-kode HTML.

# Nomor 3
Bagian ini adalah tempat dimana anda bisa menuliskan artikel yang akan anda posting di blog anda.

# Nomor 4
Bagian ini berisi tombol-tombol untuk melakukan editing terhadap posting blog anda seperti membuat huruf tebal, miring, menyisipkan gambar, menyisipkan video, mengubah ukuran font, membuat bullet and numbering dan lain sebagainya.

# Nomor 5
Bagian ini berfungsi untuk memberi label postingan blog, mengatur jadwal posting blog, membuat permalink, membuat deskripsi penelusuran posting blog dan beberepa fitur lain.

# Nomor 6
Bagian ini berfungsi untuk mempublikasikan artikel, menyimpan draft artikel,dan melihat pratinjau artikel sebelum di publikasikan.

# Menyisipkan Gambar di Posting Blog

Untuk menyisipkan gambar di posting blog silahkan klik ikon gambar (insert image)

Cara Membuat Blog

Setelah itu klik Upload - Pilih File - Pilih foto yang ingin anda sisipkan - Add Selected

Cara Membuat Blog

# Memberi Label Postingan Blog

Untuk memberi label pada blog silahkan klik label kemudian isikan label di kolom yang sudah disediakan. Misal, anda ingin memberi label artikel anda "Blogging". Apabila anda ingin memberi lebih dari satu label untuk artikel anda pisahkan dengan tanda koma. Misal "Blogging, SEO" setelah itu jangan lupa klik "Selesai". Perhatikan gambar di bawah:

Cara Membuat Blog

# Membuat Permalink / Tautan Permanen Postingan Blog

Sebelum anda mempublish artikel anda, ada baiknya anda melakukan pengaturan permalink posting anda. Caranya silahkan klik Link atau Tautan Permanen kemudian klik Tautan Permanen Khusus. Kemudian tuliskan tautan yang anda inginkan misal "cara-membuat-blog". Dalam menuliskan tautan/ link khusus di artikel anda ganti spasi dengan tanda stip (-). Buat permalink yang sama dengan judul blog anda. Setelah itu klik Selesai.

Cara Membuat Blog

Nah, sekarang artikel anda siap untuk di publikasikan, silahkan klik "PUBLIKASIKAN". Untuk melihat hasilnya silahkan klik "Lihat Blog" yang terdapat di bawah Judul Blog.

#4 Cara Menambah Widget di Blog

Untuk menambahkan widget di blog silahkan anda klik Tata Letak - Pilih tempat dimana anda akan menambah widget - Tambah Widget/Gadget kemudian pilih widget yang ingin anda pasang. Setelah itu jangan lupa klik Simpan. Adapun daftar widget yang disediakan oleh blogger adalah sebagai berikut:
Cara Membuat Blog

#5 Cara Mengganti Template Blog Agar Lebih Menarik

Untuk mengganti template blog yang lebih menarik, pertama silahkan anda donwload template blog nya terlebih dahulu di salah satu situs penyedia template blog, pilih sesuai keinginan anda. Beberapa template dapat anda gunakan secara gratis dan beberapa yang lain berbayar.


Kalau sudah klik Tema - Backup / Pulihkan

Cara Membuat Blog

Selanjutnya silahkan anda klik Browse - Pilih File Template Blog - Klik Upload.

Cara Membuat Blog

Nah, sekarang template anda sudah berubah menjadi lebih menarik. Pada bagian berikutnya ini anda akan mempelajari bagaimana cara mengganti alamat blog dengan domain .com

#6 Cara Mengganti Alamat Blog dengan Domain Sendiri (.com)

Apabila anda ingin lebih serius menekuni dunia blogging sudah saatnya anda perlu berfikir untuk menggunakan nama domain sendiri semisal seperti blog saya herusatria.com. Ketika anda menggunakan domain bawaan blogger misal akutukangnulis.blogspot.co.id tentu terlalu panjang dan kurang terlihat profesional.

Apa keuntungan anda memiliki domain sendiri? Pertama tentu blog anda akan terlihat lebih keren dan profesional, berikutnya tingkat kepercayaan pembaca dan mesin pencari google akan lebih baik apabila anda menggunakan domain sendiri.

Lalu berapa biaya untuk bisa menggunakan nama domain sendiri? Untuk memiliki nama domain sendiri dengan domain .com anda setidaknya hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp.100 - Rp.160 ribu bergantung dimana anda membeli domain tersebut.

Karena artikel sudah terlalu panjang, saya sudah menyiapkan penjelasan untuk panduan ini di artikel khusus Cara Mengganti Alamat Blog dengan Domain .com (dot com)


Penutup

Nah, demikian tadi panduan lengkap cara membuat blog di blogger.com. Kini anda telah memiliki blog sendiri. Yang perlu anda lakukan berikutnya adalah membangun konsistensi diri untuk terus belajar seputar dunia blogging dan membangun konsistensi diri untuk terus menulis atau membuat konten di blog milik anda.

Tidak ada kerugian yang akan anda peroleh dengan menjadi seorang blogger. Bahkan banyak diluar sana yang telah sukses menjadi seorang blogger dan mendapat keuntungan berupa materi nan non materi. Selamat mencoba…

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA