Inilah Beberapa Langkah Memulai Bisnis Online yang Bisa Anda Terapkan!

Anda ingin menjalankan bisnis online? Pada artikel saya sebelumnya, saya sudah memberikan beberapa ide bisnis online yang bisa anda coba. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis online.

Sebenarnya bisnis apapun bisa anda online kan asalkan anda memahami strateginya. Anda jualan makanan bisa di jadikan bisnis online, anda jualan rumah, bisa dijadikan bisnis online, begitu dan seterusnya. Lalu apa yang harus anda lakukan bila ingin memulai bisnis online? Berikut ini saya berikan beberapa langkah untuk memulai bisnis online.

langkah-langkah memulai bisnis online

1. Persiapan Memulai Bisnis Online

Kerena tujuan anda adalah bisnis online jadi persiapan pertama yang harus anda lakukan adalah anda sudah punya dasar-dasar dan terbiasa menggunakan komputer maupun smartphone. Minimal, anda sudah biasa menggunakan media sosial seperti facebook atau instagram.

Kalau sudah, langkah berikutnya adalah memilih bisnis apa yang akan anda lakukan. Cari informasi sebanyak mungkin tentang bisnis yang ingin anda geluti. Pastikan anda mengetahui mulai dari terget pasarnya, jalur distribusinya, dan beberapa faktor lainnya. Untuk memudahkan anda dalam memahami tahap persiapan ini, saya akan menjelaskan dalam beberapa point dasar sebagai berikut:

#1 Memilih Target Pasar

Pertama tentukan target pasar mana yang ingin anda bidik. Misal, anda ingin membidik anak-anak muda yang suka naik gunung. List apa saja yang mereka perlukan. Misal, para pendaki biasanya memerlukan tenda, sepatu pendaki, tas pendaki dan lain sebagainya.

Contoh lain, anda membidik target pasar anak sekolah, anda bisa membuat list apa saja kebutuhan mereka, misal mereka butuh les bahasa inggris, les fisika, les matematika dan lain sebagainya.

Begitu dan seterusnya, pilihlah target pasar yang ingin anda bidik. Semakin mengerucut / fokus semakin mudah anda untuk memulainya. Ketika memulai bisnis online jangan berpikir semua yang bisa anda jual akan anda jual. Lebih baik anda fokus pada satu atau dua jenis bisnis online.

Setelah menentukan terget pasar, kemudian tentukan produk yang ingin anda jual. Misal, anda membidik target pasar para pebisnis online. Anda bisa menjual beberapa tools atau alat untuk menunjang bisnis online mereka. Misal tools untuk optimasi SEO, tools untuk melakukan pemasaran melalui facebook dan lain sebagainya. Dari mana anda bisa memperoleh tools nya? Anda bisa mengikuti program affiliate marketing.

Kalau anda ingin jualan produk fisik, anda harus mempersiapkan produk fisiknya terlebih dahulu. Misal, anda ingin jualan baju anak, maka anda bisa menjadi reseller baju anak atau mengikuti program dropshipping baju anak. Apabila anda memiliki modal yang minim tidak ada salahnya anda mencoba menjalankan bisnis dropship. Pembahasan tentang bisnis dropship sudah saya siapkan secara khusus di artikel cara memulai bisnis dropship.

#2 Mempersiapkan Management Distribusi Barang

Kalau anda menjual produk fisik, tentu anda juga perlu membuat management distribusi barang dagangan anda. Misal, melalui apa anda akan mengirim barang tersebut. Berapa stok barang yang harus anda miliki terlebih dahulu. Ingat! Dengan melakukan pemasaran online anda berpotensi mendapat sales yang banyak apabila cara promosi produk anda bagus dan efektif. Untuk, itu ketersediaan barang cukup penting. Jangan sampai, anda mendapat banyak penjualan namun barang yang anda jual tidak ada.

Beberapa hal terkait distribusi barang yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana anda akan mengirim barang tersebut kepada pelanggan anda.

#3 Persiapkan Management Promosi

Promosi dalam bisnis online adalah hal pokok yang harus anda lakukan. Anda sudah harus mempersiapkan bagaimana anda akan memasarkan produk anda. Apakah melalui website, media sosial, apakah akan promosi secara gratis dengan mengandalkan SEO atau berbayar dengan menggunakan google adwords, facebook ads, dan lain-lain.

2. Action dalam Melakukan Bisnis Online

Setelah melakukan persiapan selanjutnya adalah "take action" untuk benar-benar terjun ke dalam bisnis online yang ingin anda jalankan. Kumpulkan atau hubungi semua mitra yang sekiranya menunjang bisnis online anda. Misal, anda ingin membuka jasa penulis artikel. Saya yakin anda tidak akan mampu untuk menangani semua pesanan artikel sendiri.

Maka, yang perlu anda lakukan adalah mencari mitra untuk kerja sama. Jadi, anda tidak harus benar-benar menulis artikel yang dipesan kepada anda sendiri. Anda bisa memberdayakan orang lain.

Contoh lain, misal anda ingin jualan keperluan pendakian, maka anda bisa mencari dan menghubungi suplier atau grosir alat-alat atau keperluan pendakian.

Setelah anda menghubungi semua mitra bisnis anda, selanjutnya yang menjadi pokok dari bisnis online adalah pemasaran atau promosi produk. Pemasaran secara online inilah yang menurut saya menjadi pokok dari semua kegiatan bisnis online.

Diawal sudah saya sampaikan bahwa bisnis online tidak jauh beda dengan bisnis offline, yang paling menonjol untuk membedakan bisnis online dan offline adalah strategi pemasarannya pada bisnis online dilakukan secara online sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Sementara bisnis offline hanya di daerah tertentu saja disekitar ruko atau tempat bisnis anda.

Hal lain yang tak kalah penting anda perhatikan adalah dalam hal menyediakan stok barang dan melakukan distribusi barang kepada pelanggan apabila anda menjual produk fisik. Untuk itu anda perlu segera menghubungi mitra-mitra terkait bisnis anda.

Respon semua pertanyaan yang masuk terkait produk anda dan terima semua komplain atas produk anda sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki produk maupun management bisnis anda.

3. Evaluasi dalam Melakukan Bisnis Online

Di atas telah saya sebutkan bahwa anda harus menerima semua komplain dari pelanggan atas produk maupun management anda. Mengapa ini penting? Hal ini agar anda dapat melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap bisnis yang sedang anda jalankan. Kemudian, anda bisa memutuskan perbaikan terbaik untuk bisnis anda.

Dalam jual beli apapun, kepuasan pelanggan tentu harus menjadi nomor satu. Ketika pelanggan anda puas maka mereka pasti akan kembali untuk membeli produk anda lagi. Namun, bila mereka tidak puas, maka bisa jadi ketidak puasan pelanggan akan tersebar di media sosial yang dapat mempengaruhi bisnis online anda. Jadi, ingat untuk melakukan evaluasi, entah dalam hal produk maupun management.

Nah, demikian tadi beberapa ulasan mengenai cara memulai bisnis online yang bisa anda terapkan. Bila anda ingin benar-benar terjun ke dalam bisnis online, ingat bahwa anda tetap harus bekerja keras tanpa lelah untuk memperjuangkannya, sama seperti ketika anda ingin menjalankan bisnis offline. Semoga bermanfaat...

2 komentar

  1. Langkah-langkah menuju bisnis memang perlu dipelajari ,
    Terimakasih share nya bang, bisa buat nambah referensi untuk saya jika mau berbisnis online :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA