Inilah Ide Bisnis Online yang Bisa Anda Coba!

Anda sedang mencari ide bisnis online? Dalam artikel saya kali ini, saya akan memberikan beberapa ide bisnis online yang bisa anda coba. Ada banyak sekali bisnis online yang bisa anda lakukan dan akan saya jelaskan dalam artikel ini.

Bisnis online sepertinya masih akan menjadi trend dan peminatnya masih akan terus meningkat. Banyak sekali bidang yang bisa kita jadikan sebagai bisnis online, seperti bidang pendidikan, teknologi informasi, pertanian, seni dan bidang-bidang lainnya.

Banyak orang kemudian berpikir bahwa bisnis online itu adalah cara mencari penghasilan yang cepat dan mudah. Meskipun pernyataan itu benar namun tidak sepenuhnya benar juga. Yang perlu anda garis bawahi adalah "sama seperti bisnis biasa, bisnis online juga memerlukan modal, waktu dan usaha keras anda"

Ketika anda menjalankan bisnis online tidak serta merta anda akan mendapat hasil ketika anda baru memulainya. Anda akan menemukan banyak tantangan, sama seperti bisnis biasa. Baru setelah bisnis anda berhasil berkembang dan terus tumbuh, bisnis online akan memberikan hasil yang luar biasa untuk income anda. Hal ini artinya hukum bisnis biasa juga berlaku untuk bisnis online.

Pertanyaan berikutnya adalah bisnis online seperti apa yang bisa anda jalankan?

Ide Bisnis Online

Ada banyak sekali ide bisnis online yang bisa anda coba. Berikut ini akan saya sajikan beberapa ide bisnis online untuk anda yang semoga dapat menginspirasi anda.

1. Jualan Produk Fisik secara Online

Ini adalah bisnis online yang paling banyak dilakukan oleh sebagian pemula ketika mulai menjalankan bisnis online, yaitu jualan produk secara online. Coba anda perhatikan di forum-forum jual beli facebook, atau di timeline facebook anda apakah ada yang jualan produk juga? Saya yakin, satu atau dua teman anda di media sosial pasti ada yang jualan online, bahkan mungkin lebih.

Termasuk ketika anda mengamati instagram anda, banyak yang juga jualan secara online melalui instagram. Hal ini wajar, karena memang dua media sosial ini termasuk media sosial yang di gunakan oleh paling banyak pengguna media sosial di Indonesia. Tentu, hal ini adalah peluang besar yang tidak boleh anda lewatkan.

Selain jualan melalui media sosial, banyak dikalangan para pebisnis online yang jualan melalui website bisnis mereka sendiri. Hal ini tentunya sangat bagus untuk meningkatkan kepercayaan calon customer terhadap bisnis anda.

Sekarang coba anda amati pula di beberapa situs marketplace seperti shopiee.co.id, olx.co.id, lazada.co.id, bukalapak.com, tokopedia.com dan marketplace-marketpalce lainnya. Disana banyak individu-individu yang juga menjual produk-produknya.

Nah, bagaimana? Apakah anda sudah memiliki gambaran apa yang harus anda lakukan ketika ingin menjual produk secara online?

Baik, sekarang saya akan memberikan beberapa ide produk fisik yang bisa anda jual secara online.

#1 Jual Produk Pakaian

Kalau anda amati, produk pakaian ini adalah produk yang paling banyak dijual di media sosial seperti facebook dan instagram. Anda bisa ikut jualan pakaian juga. Kalau anda kreatif cobalah cari produk pakaian yang unik namun memiliki peminat yang banyak untuk anda jual. Hal ini, untuk memberikan diferensiasi (perbedaan) antara produk yang anda jual dengan produk yang dijual oleh orang lain.

Kalau berbicara tentang jualan produk pakaian secara online, maka tingkat persaingannya juga akan semakin besar. Karena produk ini sudah sangat banyak sekali dijual. Jadi, anda harus memiliki keunggulan (ultimate advantage) entah itu dalam bentuk produk maupun dalam bentuk sistem penjualannya. Intinya, anda harus lebih unggul dari kompetitor anda kalau anda ingin jualan pakaian.

Yang pertama harus anda lakukan untuk memulai jualan pakaian adalah mencari suplier-suplier pakaian yang menjual barang dengan kualitas yang baik dan harga yang murah apabila memungkinkan. Syukur kalau anda bisa memproduksi pakaian sendiri, anda bisa mencoba menjadi penjahit online atau menjual pakaian hasil jahitan anda secara online.

#2 Jual Jilbab

Sama seperti pakaian, jilbab juga memiliki pasar yang masih sangat banyak peminatnya. Kalau anda seorang wanita, coba cek di lemari anda ada berapa jilbab yang ada di lemari anda? Berapa banyak jilbab yang anda pakai? Berapa banyak jilbab yang anda beli hanya untuk sekadar menjadi koleksi dan jaga-jaga apabila anda menemukan pakaian yang cocok dengan jilbab anda? Lihat, ini adalah peluang besar juga bukan?

#3 Jualan Produk Kecantikan

Produk kecantikan termasuk dalam produk fisik yang juga banyak dijual secara online. Yang perlu anda perhatikan apabila ingin menjual produk kecantikan adalah pastikan produk kecantikan yang anda jual aman untuk di pakai.

#4 Jualan Mukena

Menjelang bulan Ramadhan produk seperti mukena ini semakin banyak peminatnya. Anda bisa mencoba memanfaatkan moment bulan Ramadhan untuk jualan mukena secara online. Carilah produk-produk mukena berkualitas dan unik karena sama seperti pakaian dan jilbab, mukena adalah jenis produk yang kompetitornya sangat banyak.

#5 Jualan Alat Elektronik

Kebutuhan akan alat-alat elektronik seperti Smartphone, laptop, kamera, flashdisk dan lain sebagainya sepertinya masih belum ada matinya karena saat ini orang cenderung memiliki ketergantungan dengan alat-alat elektronik tersebut. Hal ini tentu juga memberikan peluang tersendiri untuk dijadikan sebagai bisnis online.

Ketika anda hendak menjual barang elektronik, hendaknya anda benar-benar bisa memastikaan bahwa sistem transaksi anda aman baik dalam hal pembayaran maupun dalam hal distribusi barang.

#6 Jualan Kendaraan Bermotor

Anda bisa mencoba menjual kendaraan seperti sepeda motor dan mobil secara online. Untuk menjual kendaraan bermotor anda bisa menjualnya lewat marketplace-marketplace seperti olx.co.id atau melalui forum jual beli online di facebook.

#7 Produk Fisik Lainnya yang Bisa Anda Jual Secara Online

Selain produk-produk diatas beberapa produk berikut ini juga bisa anda jual secara online:
  1. Peralatan Masak, seperti kompor gas, alat penggorengan, dan lain-lain.
  2. Souvenir, seperti souvenir pernikahan, souvenir ulang tahun, souvenir wisuda dan lain-lain.
  3. Tas, seperti tas ransel untuk para pendaki gunung, tas import bermerk dan lain-lain.
  4. Sepatu, seperti sepatu olah raga, sepertu wanita, sepatu kantor, sepatu pendaki dan lain-lain.
  5. Alat-alat Kesehatan, seperti stetoskop, tensi meter, alat pijat refleksi dan lain-lain.
  6. Buku, seperti novel, buku kumpulan resep, buku panduan dan lain-lain.
  7. Alat-Alat Pertukangan, seperti gergaji, palu, pasah dan lain-lain.
  8. Meuble, seperti lemari, set kursi tamu, tempat tidur dan lain-lain.
Selain yang saya sebutkan diatas tentu masih banyak lagi produk fisik yang bisa anda jual. Kuncinya adalah anda bisa melihat peluang kira-kira produk apa yang menguntungkan untuk anda jual.


2. Jualan Produk Jasa

Selain menjual produk fisik, anda juga bisa menjual jasa melalui internet. Banyak yang akhirnya sukses menjual jasa secara online. Contoh paling bisa anda lihat langsung adalah jasa ojek online seperti Gojek, Grab dan lain-lain. Jasa apa saja yang bisa anda tawarkan secara online?

#1 Jasa Konsultan

Kalau anda benar-benar mengerti tentang seluk beluk suatu bidang, tidak ada salahnya anda mencoba membuka jasa konsultan. Anda bisa membuka jasa konsultan pendidikan apabila anda ahli dibidang pendidikan, anda bisa membuka jasa konsultan parenting apabila anda ahli dalam hal parenting, anda bisa membuka jasa konsultan pemasaran apabila anda ahli dibidang pemasaran. Untuk membuka jasa konsultan ini anda harus ahli di bidang yang ingin anda tawarkan.

#2 Jasa Penulis Artikel

Apabila anda memiliki kemampuan dalam menulis tidak ada salahnya anda untuk membuka jasa penulis artikel. Cobalah buat beberapa artikel kemudian upload di blog pribadi anda kemudian cobalah untuk menawarkan jasa pembuatan artikel kepada teman-teman anda yang berprofesi sebagai blogger.

#3 Jasa Penerjemah

Bisnis ini cocok untuk anda yang menguasai bahasa asing, entah itu bahasa arab, inggris, jepang, dan lain sebagainya. Anda bisa saja bekerja sebagai penerjemah di suatu penerbitan. Namun, tidak ada salahnya juga bukan apabila anda mencoba membuka jasa penerjemah sendiri?

#4 Jasa Pembuatan Design

Anda punya jiwa seni yang tinggi? Kalau iya, cobalah membuka usaha jasa design grafis secara online. Misal anda bisa membuka jasa design vektor, edit photo, dan lain sebagainya. Misal untuk 1 design vektor anda jual seharga Rp. 100.000 - Rp. 200.000 berdasar tingkat kesulitan, lumayan bukan?

#5 Jasa Pembuatan Design Interior

Kalau anda bisa design interior atau apabila anda memiliki teman atau kerabat yang ahli dibidang design interior tidak ada salahnya anda menjalin kerjasama kemudian anda membuka jasa design interior dan menawarkannya secara online.

#6 Jasa Pembuatan Website / Toko Online

Banyak bisnis online yang sedang berkembang saat ini tentu memberikan peluang yang besar kepada para programmer atau pembuat website. Bila anda memiliki kemampuan membuat website, cobalah untuk membuka jasa pembuatan website.

#7 Jasa Optimasi SEO

Banyak sekali bisnis online memerlukan jasa optimasi SEO untuk menempatkan website mereka di halaman pertama pencarian google. Hampir semua bisnis online yang ingin mendapat traffik yang banyak memerlukan optimasi SEO ini. Tentu hal ini akan menjadi peluang yang cukup bagus apabila anda bisa menerapkan SEO di website untuk anda jadikan sebagai ladang mencari penghasilan.

#8 Jasa Pasang Iklan Google Adwords

Hampir sama dengan jasa optimasi SEO, jasa pasang iklan di google adwords memiliki pasar khusus yaitu para pebisnis yang ingin memasarkan produknya secara online. Apabila anda memiliki kemampuan dibidang ini anda bisa mencoba untuk menawarkan jasa pasang iklan di google adwords.

#9 Jasa Kursus Online

Apakah anda memiliki keahlian khusus? Kalau anda memiliki keahlian khusus seperti memasak, design, edit photo, programing, dan lain-lain anda bisa menawarkan jasa kurus online. Tidak ada salahnya anda mencoba bisnis ini juga.


#10 Jasa Endorsment

Bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk para selebgram, blogger dengan traffik pengunjung yang banyak, serta youtuber dengan subscriber dan pengunjung yang banyak. Anda bisa menawarkan jasa endorsment untuk mempromosikan produk orang lain dalam postingan sosial media anda, artikel di blog anda, atau video di youtube anda.

#11 Jasa Pembuatan Video

Anda memiliki kemampuan membuat video? Kalau iya, anda bisa menawarkan jasa pembuatan video, seperti video pernikahan, video promosi, dan lain sebagainya. Untuk menjalankan bisnis ini tentu anda memerlukan perangkat yang tidak bisa dikatakan murah, misal kamera, komputer, lighting dan lain sebagainya.

#12 Jasa Pembuatan Aplikasi

Terkadang beberapa mahasiswa malas atau mungkin tidak mampu untuk membuat suatu aplikasi. Nah, ini bisa jadi pasar tersendiri kalau anda bisa membuat aplikasi. Caranya dengan menawarkan pembuatan aplikasi kepada mahasiswa.

Selain kepada mahasiswa anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan aplikasi ke instansi-instansi pendidikan, pemerintahan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, aplikasi informasi wisata di suatu daerah dan lain sebagainya.

#13 Produk Jasa Lainnya

Selain jasa-jasa diatas, anda bisa mencoba menjalankan bisnis menjual jasa yang lainnya. Cobalah nyalakan insting bisnis anda dan lihat peluang yang bisa anda gunakan.

3. Jual Produk Digital

Selain menjual produk fisik, anda juga bisa menjual produk digital secara online. Banyak yang telah sukses menjalankan bisnis menjual produk digital. Untuk itu saya akan memberikan contoh beberapa produk digital yang bisa anda coba untuk anda jadikan sebagai bisnis online anda.

#1 Jualan Ebook

Ebook adalah buku digital yang bisa anda jual dengan modal yang seminimal mungkin. Mengapa seminimal mungkin? Karena anda tidak perlu mencetak dalam bentuk buku fisik. Contoh, anda bisa menjual ebook panduan memulai bisnis online, ebook kumpulan resep dan cara memasak, serta ebook-ebook lainnya.

#2 Jualan Video Course

Dengan bermodal kamera dan kemampuan editing video, anda bisa menjual video course. Bahkan dengan bermodal komputer saja dan aplikasi perekam aktifitas layar komputer anda sudah bisa membuat, kemudian menjual video course.

Beberapa contoh video course yang bisa anda buat dan jual adalah video course memasak, video tutorial, video course cara melakukan atau cara menjalankan sesuatu (misal video cara menjalankan bisnis modal kecil untung besar), dan lain sebagainya.

#3 Jualan Pulsa

Kalau biasanya anda jualan pulsa di counter, cobalah untuk menjual pulsa secara online. Jualan pulsa secara online akan memiliki pasar yang sangat luas, sehingga anda bisa mendapat keuntungan yang berlibat di banding hanya jualan secara offline.

#4 Produk Digital Lainnya

Ada banyak sekali produk digital yang bisa anda jual secara online. Dalam menjalankan bisnis online tentu produk digital memiliki keunggulan khusus dibanding produk fisik. Anda hanya perlu membuat satu produk digital kemudian anda bisa menjualnya secara berulang-ulang. Nah, cobalah nyalakan insting bisnis anda dan lihatlah peluang produk digital seperti apa yang bisa anda coba untuk anda jadikan sebagai bisnis online anda.

4. Mengikuti Program Affiliate Marketing

Apakah affiliate marketing itu? Affiliate marketing adalah cara bisnis online dengan menjualkan produk orang lain, kemudian anda akan mendapat komisi dari setiap penjualan produk tersebut. Bahasa jadulnya adalah anda jadi "makelar".

Banyak sekali bisnis affiliate marketing yang bisa anda coba. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis affiliate marketing yang bisa anda coba, silahkan anda mendaftar ke salah satu atau semua program affiliasi berikut ini:

#1 Mengikuti Program Affiliate Accestrade Indonesia
#2 Mengikuti Program Affiliate idaff.com
#3 Mengikuti Program Affiliate ratakan.com
#4 Mengikuti Program Affliate kaosdakwahislami.com

Berapa contoh diatas adalah program affilate yang bisa anda coba. Masih banyak sekali program affiliate yang lain dan akan saya bahas di artikel lain secara khusus.

5. Menjadi Publisher Google Adsense dengan Menjadi Blogger atau Youtuber

Dengan menjadi publisher google adsense, anda bisa mendapatkan pasive income setiap hari. Caranya adalah dengan menjadi blogger atau youtuber. Saya sendiri, saat ini juga sedang menekuni bisnis online yang satu ini.

Banyak yang sudah terbukti sukses, yang paling terkenal adalah mas Eka Lesmana yang beberapa tahun lalu bahkan bisa mendapat ratusan juta perbulan dari google adsense dengan menjadi seorang blogger.

Apabila anda ingin menjalankan bisnis online ini juga, saya akan membahasnya pada artikel yang lain secara lebih mendetail.


Tentu masih sangat banyak sekali bisnis online yang bisa anda jalankan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tugas anda adalah mengaktifkan insting bisnis anda untuk melihat peluang mana yang bisa menguntungkan. Nah, demikian tadi beberapa ide bisnis online yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat...

6 komentar

  1. Cucok nih buat yang pengin kerja online, banyak pilihan
    Cuma menurut saya ikutilah hoby supaya tidak cepet bosen, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali gan, biar nggak cepet bosen lebih baik mengikuti hoby...

      Hapus
  2. Lengkap banget gan, kebetulan lagi nyari kerja sampingan sambil kuliah 👍

    BalasHapus
  3. Hay mas Heru salam kenal saya dari Pacitan Jawa Timur kayaknya tetangaan nih hehe

    Bener banget mas memang banyak jalan untuk menuju roma. Berbisnis online walaupun banyak saingan kalau niatnya serius dan di kerjakan karena hobi pasti akan membuahkan hasil yang tidak kita kira

    BalasHapus

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA