Langkah-Langkah Menghasilkan Uang dari Blog

Mungkin anda masih merasa penasaran setelah membaca judul blog ini. Apakah benar kita bisa menghasilkan uang dari blog? Untuk menjawab rasa penasaran anda silahkan anda baca artikel saya sebelumnya tentang cara-cara menghasilkan uang dari blog.

Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan menghasilkan uang dari blog. Artikel ini sangat cocok bagi anda yang telah memiliki blog, yang belum silahkan anda pelajari artikel saya terlebih dahulu tentang panduan memulai blogging.

Cerita Singkat Saya Mulai Mengenal Blog dan Menghasilkan Uang dari Blog

Sudah sejak tahun 2008 saya mulai mengenal blog, pada waktu itu saya masih kelas XI SMA. Rasa penasaran dan keinginan saya untuk memiliki blog pribadi membuat saya akhirnya tergerak untuk mencari tahu tentang cara-cara membuat blog. Dulu, saya kira membuat blog memerlukan biaya yang besar, karena saya belum tahu kalau ada platform untuk membuat blog secara gratis seperti blogger.com.

Akhirnya, saat bermain di laboratorium komputer sekolah saya melihat ada kakak kelas saya yang membuat blog. Dari situ saya semakin penasaran dan saya mulai belajar untuk membuat blog di blogger.com. Fase-fase awal saya ngeblog banyak saya lalui di laboratorium sekolah waktu itu, karena setiap sore lab. komputer sekolah selalu dibuka untuk siswa.

Tahun demi tahun berlalu hingga akhirnya saya mulai melupakan blog saya. Sekitar tahun 2014 saya mulai ingin aktif sebagai seorang blogger lagi dan membuat blog baru, yaitu blog yang sedang anda baca ini. Pada sekitar bulan September 2015 akhirnya saya mulai benar-benar ingin serius menjadi blogger dengan membeli Top Level Domain (TLD) herusatria.com.

Beberapa kali saya mengalami penolakan saat ingin mendaftar menjadi publisher google adsense, hingga akhirnya tahun 2016 saya diterima secara penuh sebagai publisher google adsense. Dari sinilah akhirnya saya mulai menghasilkan uang dari blog, meskipun dengan nominal yang belum begitu besar.

Apabila anda ingin mengetahui perjalanan saya daftar google adsense, silahkan anda baca di artikel saya berjudul Diterima Google Adsense, ini yang Saya Lakukan!

Sampai saat ini, saya pun masih berusaha untuk mencari cara-cara lain menghasilkan uang dari blog dan semoga penghasilan dari blog saya bisa meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

uang dari blog

Bagaimana Cara Mendapat Uang dari Blog?

Disini saya akan menjelaskan beberapa langkah yang bisa anda lakukan, apabila anda ingin mendapatkan penghasilkan dari blog, entah itu untuk mendapat penghasilan sampingan maupun apabila anda ingin menjadikan kegiatan  ngeblog anda sebagai sumber penghasilan utama anda.
  1. Mulai Ngeblog
  2. Membuat Konten yang Bermanfaat
  3. Mempromosikan Blog dan Mencari Pembaca
  4. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pengunjung Blog Anda
  5. Mulai Menghasilkan Uang dari Blog dengan Berbagai Metode Monetisasi Blog
Kalau anda membaca 5 langkah diatas kelihatannya mudah bukan? Namun, dalam setiap langkah diatas masih harus kita pretelin lagi menjadi bagian-bagian yang lebih detail dan akan saya jelaskan dalam penjelasan berikut:

1. Mulai Ngeblog

Langkah pertama tentu anda harus memiliki blog terlebih dahulu. Sudahkah anda memiliki blog? Kalau sudah, saya rasa kita hanya perlu memoles sedikit blog kita agar dapat menghasilkan uang. Kalau belum, cobalah anda mulai mempelajari cara-cara membuat blog. Anda bisa mencari di google atau anda bisa membaca artikel saya berjudul Cara Membuat Blog di Blogger.com

Hal penting yang perlu anda pahami ketika ingin mulai membuat blog adalah anda harus memiliki tujuan yang jelas serta perencanaan yang matang tentang gambaran blog yang ingin anda buat.

2. Membuat Konten yang Bermanfaat

Sebuah blog tentu memerlukan konten. Konten bentuknya bisa bermacam-macam, bisa dalam bentuk artikel, gambar, maupun video. Kalau anda ingin menghasilkan uang dari blog, anda harus berfokus pada pembuatan konten, karena konten inilah yang pertama akan anda jual.

Kunci dalam pembuatan konten adalah membuatnya seaplikatif mungkin. Maksudnya adalah bisa memberikan solusi nyata bagi pengunjung yang membaca blog anda. Jenis konten yang dapat memberikan solusi akan lebih disukai oleh pengunjung. Pilihlah topik yang fokus, misal topik bisnis, topik kerajinan dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, anda ingin memberi solusi kepada orang-orang yang berminat di bidang pengolahan lahan pertanian. Maka, anda bisa membuat konten yang berhubungan dengan cara-cara mengolah lahan pertanian, jenis-jenis pupuk yang bagus untuk mengolah lahan pertanian dan lain sebagainya.

Anda bisa mempelajari tentang pembuatan konten dengan membaca artikel saya tentang cara membuat konten blog berkualitas.

3. Mempromosikan Blog dan Mencari Pembaca

Ketika anda ingin menghasilkan uang dari blog, membuat konten yang berkualitas saja tidak cukup bila anda tidak memperkenalkan blog anda kepada orang lain. Bagian point nomor 2 dan 3 ini adalah bagian yang cukup menguras waktu dan pikiran.

Anda harus berpikir secara kreatif dalam mempromosikan blog anda termasuk memikirkan bagaimana caranya agar pengunjung blog anda nantinya bisa menjadi pembaca setia blog anda.

Banyak blogger yang ketika melalui tahap ini memerlukan waktu tidak cukup hanya sebulan dua bulan, bahkan bisa sampai 6 atau 12 bulan, bahkan lebih hingga akhirnya blog mereka benar-benar mendapat pembaca yang loyal.

Mulailah berpikir secara cermat siapa yang kira-kira memerlukan konten anda. Kemudian temukan dimana mereka biasa berkumpul di forum-forum online seperti grup facebook dan lain sebagainya.

Misal, blog anda memiliki topik tentang pertanian, maka masuklah ke dalam grup-grup facebook pertanian. Amati apa yang banyak dibicarakan di grup tersebut kemudian buatlah konten terkait dan jadikan blog anda sebagai rujukan kepada mereka.

Ketika anda mempromosikan blog anda, yang menjadi pokok penting adalah menarik pengunjung ke blog anda, memberi nilai tambah kepada pengunjung blog setelah membaca konten blog anda (bisa berupa pengetahuan baru, rasa senang, puas dan lain sebagainya) serta menjalin hubungan baik dengan pengunjung blog anda.

4. Membangun Hubungan Baik dengan Pengujung Blog Anda

Ini adalah point penting setelah anda mempersiapkan konten dan mempromoikan blog anda. Cobalah untuk membangun hubungan yang baik dengan pembaca blog anda. Tanggapi semua komentar, tawarkan solusi bila mereka bertanya tentang suatu permasalahan.

Rawatlah pembaca yang sudah loyal kepada anda dan biarkan mereka secara sukarela menyebarkan informasi tentang blog milik anda. Membangun hubungan baik dengan pembaca akan meningkatkan kepercayaan pengunjung kepada anda dan anda akan semakin mudah bila ingin menawarkan atau menjual sesuatu.

5. Mulai Menghasilkan Uang dari Blog dengan Berbagai Metode Monetisasi Blog

Setelah 4 langkah pertama anda lakukan sekarang saatnya anda mencoba untuk menghasilkan uang dari blog anda. Perlu anda garis bawahi bahwa, ketika anda telah membangun hubungan yang baik dengan pembaca, maka hal ini akan sangat bermanfaat dalam jangka panjang untuk menghasilkan uang dari blog anda.

Meskipun keempat langkah diatas telah anda lakukan, tidak serta-merta anda akan memperoleh penghasilan dari blog anda. Jalan anda masih panjang dan anda masih harus terus bekerja keras dan mencoba berbagai metode yang paling bagus yang bisa anda gunakan untuk memperoleh penghasilan dari blog anda.

Lalu metode seperti apa yang bisa anda lakukan agar bisa menghasilkan uang dari blog?

Saya telah mempersiapkan artikel khusus tentang cara-cara menghasilkan uang dari blog. Silahkan anda baca artikel tersebut. Disini saya akan memberikan gambaran tentang bagaimana anda bisa menghasilkan uang dari blog.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah menggabung beberapa metode yang sudah saya jelaskan dalam artikel saya tentang cara-cara menghasilkan uang dari blog. Misal, anda bisa menjadi seorang publisher google adsense, sekaligus menjalan program affliasi di blog anda dan menjual ebook atau mungkin kursus online.

Secara umum kita bisa membagi jenis penghasilan dari blog menjadi dua kategori, yaitu penghasilan langsung dan penghasilan tidak langsung.

#1 Penghasilan Langsung

Penghasilan langsung bisa anda peroleh melalui Adsense, program affiliate maupun menjual produk tertentu. Untuk mendapat penghasilan langsung ini, tentu anda harus menarik sebanyak mungkin pengunjung ke blog anda. Semakin banyak pengunjung maka peluang anda mendapat penghasilan akan semakin besar.

#2 Penghasilan Tidak Langsung

Penghasilan tidak langsung bisa anda peroleh dengan cara mengadakan kegiatan seminar, menjadi konsultan atau mengemas blog anda dalam sebuah buku, dan lain sebagainya. Sangat penting untuk anda membangun sebuah blog secara profesional. Dengan memiliki blog yang profesional, anda akan semakin mudah mendapatkan penghasilan tidak langsung ini.

Penutup

Banyak sekali langkah yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Berpikirlah secara kreatif dan ekspresikan semua yang ingin anda lakukan dalam membangun blog anda. Beberapa langkah ini mungkin bisa anda tambahi dan anda kembangkan. Kobarkan semangat dan keyakinan anda bahwa suatu saat anda akan bisa mencapai semua yang sudah anda cita-citakan. Semoga bermanfaat...

2 komentar

  1. Mantap mastah yang satu ini :D
    Saya kenal blog aja baru kemarin agustus2016 ,hehe
    Terimakasih bang, saya harus lebih memperhatikan langkah langkah di atas ,agar bisa menghasilkan dari blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih belajar juga bang Masyuf...

      Semoga bermanfaat...

      Hapus

Posting Komentar

Copyright © 2019

HERU SATRIA